Comscore Tracker

5 Tips Sederhana untuk Menguatkan Hubungan Persahabatan

Sederhana sih, tapi sebaiknya dipahami secara mendalam

Hubungan persahabatan yang erat itu memang tidak terjalin begitu saja. Ada banyak proses yang perlu dilalui dan tentunya gak mudah ya.

Nah, untuk menguatkan hubungan persahabatan yang sudah terjalin, tidak perlu memikirkan hal-hal rumit yang semakin memusingkan. Ada baiknya kalau kamu coba terapkan lima tips sederhana berikut. Yuk kita simak!

1. Mulailah mengenal pribadi masing-masing dengan sikap apa adanya

5 Tips Sederhana untuk Menguatkan Hubungan Persahabatanilustrasi mengobrol (pexels.com/Liza Summer)

Sederhananya, kamu perlu mulai untuk menguatkan hubungan persahabatanmu dengan mengenal pribadi masing-masing secara mendalam. Tak hanya itu saja, mengenal pribadi masing-masing juga perlu dilakukan secara jujur dan apa adanya.

Ini artinya perlu ditegaskan dulu untuk menjauhi sikap menggurui antara satu sama lain. Sebaliknya, segala proses dan pengenalan perlu dijadikan sebagai tujuan untuk belajar bersama ke arah yang lebih baik.

2. Saling curhat dan berbagi kisah yang dilakukan secara seimbang

5 Tips Sederhana untuk Menguatkan Hubungan Persahabatanilustrasi sedang mengobrol (pexels.com/Buro Millennial)

Seberapa sering kamu curhat dan berbagi kisah pada sahabatmu? Begitu juga sebaliknya, seberapa sering sahabatmu curhat dan berbagi kisah padamu? Hal ini sebaiknya diperhatikan sebab ada hubungannya dengan erat tidaknya hubungan persahabatan kalian. 

Selain itu, curhat pun sebaiknya dilakukan secara seimbang dan tidak terlalu berlebihan. Justru curhat yang dilakukan secara tepat akan memberikan dampak positif bagi masing-masing pribadi. Dengan demikian ikatan persahabatan pun akan semakin kuat dan sehat. 

Baca Juga: 6 Hal yang Harus Ada dalam Persahabatan Kalian, Yakin Bisa?

3. Menghargai kelebihan dan kekurangan satu sama lain dengan tulus

5 Tips Sederhana untuk Menguatkan Hubungan Persahabatanilustrasi orang sedang berbicara (pexels.com/Tim Douglas)

Kekurangan dan kelebihan masing-masing sudah seharusnya diketahui ya. Lalu sesudah mengetahuinya, hal apa yang sebaiknya dilakukan? Ya, sebaiknya masing-masing perlu menghargai kekurangan dan kelebihan sahabatnya.

Menerimanya sebagai keunikan masing-masing pribadi dan berusaha bersama untuk mengembangkan diri agar bisa menjadi lebih baik lagi. 

4. Menghargai dan mengetahui dengan jelas batas privasi masing-masing

5 Tips Sederhana untuk Menguatkan Hubungan Persahabatanilustrasi sedang menunggu (pexels.com/Tim Douglas)

Untuk menguatkan hubungan persahabatan, perlu juga tahu batas-batas yang tidak boleh dilewati sebagai bentuk menghargai satu sama lain. Salah satunya adalah batas privasi yang harus dipahami dengan baik.

Setiap orang punya privasi masing-masing yang juga perlu dihargai dengan rasa hormat. Termasuk privasi sahabatmu sendiri, hargailah privasinya meski kamu merasa sudah sangat dekat padanya. Tentu kamu juga ingin privasimu dihargai dengan baik, 'kan? 

5. Menghabiskan waktu bersama untuk melakukan hal-hal yang positif dan bermanfaat

5 Tips Sederhana untuk Menguatkan Hubungan Persahabatanilustrasi belajar bersama (pexels.com/Keira Burton)

Sebenarnya hanya dengan menghabiskan waktu bersama saja secara tidak langsung juga membantu menguatkan hubungan persahabatan, lho. Yang perlu diingat adalah menghabiskan waktu bersama itu perlu dilakukan secara positif dan bijaksana. Dengan begitu, kenangan yang baik juga akan tercipta seiring dengan menguatnya persahabatan kalian. 

Jadi, pada dasarnya menguatkan hubungan persahabatan tidak serumit yang kamu bayangkan lho. Dengan cara-cara sederhana pun dapat dilakukan asal ada niat yang benar-benar tulus. Semoga semua tips di atas bisa bermanfaat, ya! 

Baca Juga: 5 Tips dari Sosiolog agar Persahabatan Selalu Langgeng

Frederick K Photo Verified Writer Frederick K

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya