Comscore Tracker

5 Alasan Sebaiknya Kamu Pacaran dengan Orang Selain Tipemu

#IDNTimesLife Kali aja jodoh

Mencari pasangan yang sesuai dengan tipe ideal adalah impian semua orang. Secara naluriah, kamu memang akan tertarik pada orang yang sesuai dengan tipemu.

Namun, tidak ada salahnya mencoba berkencan dengan seseorang yang bukan tipemu. Yuk, simak alasan kenapa kamu sebaiknya mencoba pacaran dengan orang yang tidak sesuai tipemu!

1. Membuka kesempatan untuk orang yang tepat untukmu

5 Alasan Sebaiknya Kamu Pacaran dengan Orang Selain Tipemupexels.com/Tirachard Kumtanom

Kalau kamu hanya pacaran dengan yang sesuai tipemu, kamu membatasi diri pada kriteria yang sama. Cobalah mulai memberi kesempatan untuk orang di luar tipemu! Bukan berarti kamu menurunkan standar, melainkan membuka peluang untuk orang yang tepat.

Dilansir dari Mydomaine, Shannon Curry, Psikolog Klinis di California, mengatakan bahwa kamu mengurangi jumlah orang yang ditemui karena memaksakan tipemu. Kamu pun kehilangan kesempatan bertemu orang yang memiliki kepribadian pas denganmu.

2. Mendapatkan kesempatan mengenal orang baru, selain dari fisiknya

5 Alasan Sebaiknya Kamu Pacaran dengan Orang Selain Tipemuunsplash.com/yolanda sun

Saat membatasi kencan hanya dengan orang yang sesuai tipe, kamu sudah menilainya sebelum mengenal lebih jauh kepribadiannya. Dengan memberanikan diri mengenal orang yang tak sesuai tipe, kamu mengenal pribadi orang tersebut tanpa menilainya lebih dulu.

Menlo Park, Psikolog asal California mengatakan dalam Mydomaine, untuk tidak menilai orang dengan cepat, tetapi biarkan hubungan tumbuh dan nyaman dengan adanya perubahan dari kriteria pasanganmu.

Baca Juga: Jangan Baper Dulu, 5 Tanda Dia Maunya Temenan Bukan Pacaran

3. Membuatmu keluar dari zona nyaman

5 Alasan Sebaiknya Kamu Pacaran dengan Orang Selain Tipemupexels.com/cottonbro

Saat kamu memilih orang yang tak sesuai kriteria, ini membuatmu keluar dari zona nyaman. Kamu tidak hanya melihat kesesuaiannya dengan tipe idealmu, tapi juga berusaha mengenalnya.

Kamu bisa mengenal kelebihannya, kebaikan hatinya, bagaimana memperlakukanmu, dan sebagainya. Kamu pun bisa menemukan orang yang benar-benar pas untukmu tanpa memperhatikan tipe idealmu.

4. Kamu tidak pernah tahu orang yang tepat untukmu itu seperti apa

5 Alasan Sebaiknya Kamu Pacaran dengan Orang Selain Tipemupexels.com/mentatdgt

Kamu tidak akan pernah tahu, orang seperti apa yang benar-benar tepat untukmu. Kunci untuk menemukannya adalah terbuka.

Kamu mau berpikiran terbuka dengan semua orang yang dekat denganmu. Setelahnya, luangkan waktu untuk menganalisis orang seperti apa yang menarik perhatianmu dan kepribadian apa yang ingin kamu cari dari pasanganmu kelak.

5. Kamu lepas dari hubungan yang tidak sehat

5 Alasan Sebaiknya Kamu Pacaran dengan Orang Selain Tipemupexels.com/edward eyer

Alasan paling penting dari berkencan dengan orang di luar tipemu adalah kamu bisa memutus siklus pola hubungan yang merusak. Kamu sering kali tak menyadari telah berkencan dengan orang yang toksik berulang kali.

Dengan mencoba hal yang berbeda, siapa tahu orang yang kamu kencani berikutnya bisa lebih baik. Berani menjajalnya mulai sekarang?

Itu dia 5 alasan kenapa kamu sebaiknya mencoba pacaran dengan orang di luar tipemu. Ia bisa membuka matamu akan perspektif baru agar tak berkencan dengan yang itu-itu saja.

Baca Juga: 5 Tanda Bukti Hubunganmu di Tahap Akhir Pacaran, Siap Nikah

Topic:

  • Gabrielle Marsha
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya