Comscore Tracker

5 Cara Menguatkan Persahabatan yang Terpisah Jarak karena Merantau 

#IDNTimesLife Jarak tidak harus memisahkan persahabatan

Ketika sahabatmu harus pergi ke luar kota atau luar negeri untuk merantau, kamu tentu merasa sedih. Pasalnya, merantau bukanlah hal yang mudah. Sahabatmu tentu memiliki kesibukan sendiri di tempat yang baru.

Sebagai sahabat, kamu ingin menjalin hubungan dan memperkuatnya meski terpisah jarak Dr Irene S Levine, Pakar Persahabatan dan Psikolog, mengatakan jika sahabat sejati itu tahu bagaimana kamu yang dulu dan akan jadi seperti apa kelak. Ia juga memahami suasana hatimu.

Yuk, simak tips memperkuat persahabatan untuk yang terpisah karena harus merantau! Apa saja poin-poinnya?

1. Jagalah komunikasimu supaya tidak terputus!

5 Cara Menguatkan Persahabatan yang Terpisah Jarak karena Merantau unsplash.com/@bencollins

Di mana pun berada, kamu harus tetap berhubungan sama lain. Ini hal yang penting kalau ingin memperkuat persahabatanmu.

Kamu tidak harus mengirim pesan setiap saat, tapi bisa sesekali mengontaknya dengan membagi perasaanmu dan apa saja yang kamu lakukan. Ini akan membuatnya tetap merasa dekat denganmu.

Kamu juga bisa berbagi foto atau meme untuk menghibur sahabat di perantauan. Kamu juga bisa memanfaatkan sejumlah fitur di aplikasi, seperti pesan suara, videocall, dan lainnya. Teknologi jelas membuatmu mudah untuk menggapai temanmu.

2. Tetapkan waktu reguler untuk mengobrol

5 Cara Menguatkan Persahabatan yang Terpisah Jarak karena Merantau unsplash.com/@visuals

Saat ingin menelepon, baik via suara maupun video, kamu harus menetapkan terlebih dahulu waktu yang tepat. Kalian bisa berhubungan dengan membagi jadwal masing-masing.

Lewat cara ini, kalian mengerti kapan waktunya bisa mengobrol dan tidak mengganggu rutinitas satu sama lain. Kompromi seperti ini amat penting dilakukan, terutama bagi kalian yang ada di zona waktu berbeda.

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Persahabatan agar Bertahan Lama hingga Kalian Menua

3. Ingatlah tanggal-tanggal penting dalam persahabatan kalian!

5 Cara Menguatkan Persahabatan yang Terpisah Jarak karena Merantau unsplash.com/@eliza28diamonds

Kamu harus mengingat tanggal-tanggal penting dalam persahabatan kalian. salah satunya adalah tanggal ulang tahun. Momen ini tidak boleh dilupakan sama sekali.

Penelitian Ofcom tahun 2015, menemukan bahwa mengirim kartu ulang tahun tetap jadi cara paling populer untuk mengucapkan selamat atas hari kelahirannya. Cara ini pun bisa tetap kamu tiru walaupun sudah ada teknologi yang lebih canggih.

Mengingat tanggal penting juga bisa membawa dampak berarti bagi sahabatmu. Ia tahu bahwa kamu tidak melupakannya walaupun terpisah jarak dan waktu, serta memiliki kepentingan masing-masing.

4. Tunjukkan empatimu, terutama pada kesulitan-kesulitan hidupnya

5 Cara Menguatkan Persahabatan yang Terpisah Jarak karena Merantau unsplash.com/@beccatapert

Saat sahabat tinggal pada jarak yang jauh denganmu, kamu memiliki tantangan tersendiri. Kamu harus peka terhadap perbedaan waktu yang dimiliki dan memahami kesulitannya untuk beradaptasi di tempat tersebut.

Ia mungkin akan sulit menghubungimu. Tapi, kalian tetap bisa saling mengomunikasikan masalah yang ada dan saling berbagi pengalaman. Kalau sudah begini, kalian yang teman sejati pasti terpancing untuk saling mendukung.

5. Jangan hanya mengandalkan teknologi gawai untuk menunjukkan kepedulian!

5 Cara Menguatkan Persahabatan yang Terpisah Jarak karena Merantau unsplash.com/@magnetme

Kamu mungkin merasa sudah cukup berhubungan dengannya melalui media sosial atau gawai. Tapi, kalau dirimu menganggapnya berarti, kamu tentu akan mengupayakan sesuatu yang berbeda untuk sahabatmu.

Kamu bisa mengunjunginya di momen tertentu sehingga dapat menghabiskan waktu bersama atau mengiriminya makanan dan hadiah kecil. Kamu juga bisa mengunggah hal yang mengingatkan sahabatmu bahwa dia dirindukan.

Itu dia 5 tips yang bisa kamu pratikkan dalam persahabatan jarak jauh. Kamu bisa tetap dekat meski terpisah, kok!

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Hubungan Persahabatan agar Tetap Akur

Topic:

  • Gabrielle Marsha
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya