Comscore Tracker

5 Tips Ampuh Melepaskan Hubungan yang Tidak Bisa Dilanjutkan Lagi

#IDNTimesLife Lepaskan yang sudah tidak baik untukmu

Dalam hidup, orang datang dan pergi. Hubungan dengan pasangan juga tidak selalu bisa berhasil. Ada kalanya kamu terjebak di dalam hubungan yang kamu tahu tidak akan ada ujungnya, tapi kamu berat untuk melepaskannya.

Apakah saat ini kamu sedang mengalami situasi semacam ini? Nah, berikut ada tips untukmu agar bisa melepaskan hubungan yang tidak lagi bisa diteruskan.

1. Katakan dengan jelas dan komunikatif

5 Tips Ampuh Melepaskan Hubungan yang Tidak Bisa Dilanjutkan LagiPexels.com/Ketut Subiyanto

Saat kamu tahu sudah saatnya untuk mengakhiri hubungan yang tidak jelas arahnya, kamu harus melakukannya dengan jelas dan tenang. Dilansir Mind Body Green, Danielle Dowling, Doktor Psikologi, mengatakan untuk bisa menyakhiri dengan jelas, kamu harus memikirkan terlebih dahulu.

Alasan apa yang membuat hubungan tak lagi berjalan, bagaimana hubungan kamu dan pasangan ke depannya, dan sebagainya. Ini memang kenyataan sulit, tapi kamu harus mengomunikasikan dengan baik.

2. Berlatih untuk memaafkan

5 Tips Ampuh Melepaskan Hubungan yang Tidak Bisa Dilanjutkan Lagiunsplash.com/Yuvraj Singh

Memaafkan di sini berarti kamu memaafkan orang yang ingin kamu lepaskan dan dirimu sendiri. Saat menjalin hubungan, kamu tentu tidak pernah berpikir akan berakhir.

Dowling pun menyampaikan bahwa kamu tentu merasa bersalah karena tidak dapat mempertahankan hubungan itu. Namun, kamu harus belajar untuk memaafkan diri sendiri dan pasanganmu agar bisa melanjutkan hidup lebih baik lagi.

3. Biarkan dirimu bersedih sementara

5 Tips Ampuh Melepaskan Hubungan yang Tidak Bisa Dilanjutkan LagiUnsplash/Joshua Rawson-Harris

Tahapan ini sangat penting, terutama kamu yang benar-benar mengakhiri hubungan dengan pasanganmu. Dowling mengatakan saat mengakhiri hubungan, kamu tidak hanya kehilangan sahabat dan orang terdekat, tapi juga kenangan bersamanya. Biarkanlah kamu meluapkan rasa sedih untuk sementara atas kehilangan ini.

Baca Juga: 5 Ciri Pasangan yang Sebaiknya Jangan Kamu Nikahi, Segera Putus!

4. Lihatlah sebagai peluang untuk lebih peduli dengan dirimu sendiri

5 Tips Ampuh Melepaskan Hubungan yang Tidak Bisa Dilanjutkan Lagiunsplash.com/ryanmoreno

Dilansir Power of Positivity, kamu cenderung lupa untuk merawat dan fokus pada dirimu saat berada dalam hubungan bersama pasangan. Ketika mengakhiri hubungan, itu adalah kesempatan untukmu fokus menyenangkan diri dan merawat diri sendiri. Kamu bisa menekuni kembali hobi yang mungkin sempat kamu tinggalkan.

5. Pelajari hal baik yang bisa diambil dari hubunganmu

5 Tips Ampuh Melepaskan Hubungan yang Tidak Bisa Dilanjutkan Lagipexels.com/Ketut Subiyanto

Tips ini mungkin tidak bisa secara langsung kamu lakukan. Tapi, setelah mengakhiri hubungan, kamu bisa mengeksplor hubunganmu selama ini dan memetik pelajaran yang akan memengaruhi hubunganmu selanjutnya. Saat kamu bisa mempelajari kembali hubunganmu, itulah saatnya kamu ucapkan terima kasih dan melepaskannya.

Itu dia tips yang bsia kamu lakukan untuk melepaskan hubungan yang sudah tidak bisa dilanjutkan. Kamu tahu hubungan yang tidak terarah tidak akan baik untuk dirimu sendiri juga.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Harus Relakan Pasangan Jika Dia Bersikeras Mau Putus

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya