Comscore Tracker

Biar Cinta Gak Toksik, 5 Cara Sederhana Mengatasi Relationship Anxiety

Kekhawatiramu tentang dia sudah tak wajar lagi

Relationship anxiety merupakan jenis kecemasan yang menyebabkan sebuah hubungan tak lagi harmonis. Ini disebabkan karena satu atau dua orang dalam hubungan itu lebih fokus dengan rasa cemas tentang hubungannya dibandingkan merawat hubungan itu sendiri. Terdapat beberapa sebab, di antaranya pola asuh orang tua yang keliru, trauma masa lalu hingga sulitnya mengendalikan pikiran-pikiran negatif.

Celakanya, masih cukup banyak yang tidak menyadarinya. Bahkan merasa wajar dengan kecemasan yang berlebihan itu. Mereka mengaburkannya sebagai bentuk kekhawatiran dan rasa cinta. Relationship anxiety itu bersifat destruktif, dan jika itu sedang kamu rasakan, berikut ini lima cara sederhana untuk mengatasinya.

1. Sadari jika kamu memang sedang bermasalah  

Biar Cinta Gak Toksik, 5 Cara Sederhana Mengatasi Relationship Anxietydramabeans.com

Setelah mengetahui apa itu relationship anxiety dan jika kamu termasuk orang yang memiliki kecemasan itu, akuilah kenyataan tersebut lebih dulu. Dengan mengakuinya, kamu akan menumpahkan kebingungan yang telah kamu rasakan selama ini. Kamu setidaknya tidak akan lagi bertanya pada diri sendiri mengapa dirimu begitu buruk dalam hubungan. Ini merupakan langkah awal dan penting.

2. Cari tahu penyebabnya  

Biar Cinta Gak Toksik, 5 Cara Sederhana Mengatasi Relationship Anxietydramabeans.com

langkah kedua adalah cari tahu apa yang menyebabkan kamu merasakan kecemasan dalam hubungan cintamu. Apakah karena kamu masih memendam luka masa kecil, trauma hubungan masa lalu, atau merasa tidak percaya diri dan insecure karena jurang perbedaan kalian terlalu lebar.

Dengan memahami penyebabnya, kamu tahu apa yang harus dilakukan agar hubungan kalian bisa lebih baik, harmonis dan sehat.

Baca Juga: 5 Perubahan Ini Akan Kamu Alami Setelah Keluar dari Toxic Relationship

3. Tantang dirimu sendiri  

Biar Cinta Gak Toksik, 5 Cara Sederhana Mengatasi Relationship Anxietydramabeans.com

Setelah kamu memahami apa yang terjadi, tantang dirimu untuk menghadapi perasaan tersebut. Komunikasikan apa yang kamu rasakan itu dengan pasanganmu. Jika ia mendukungmu, itu yang diharapkan. Tetapi jika sebaliknya, jangan memaksakan untuk terus berada dalam hubungan yang tak sehat.

Cinta adalah tentang saling memahami, menghormati dan menerima. Carilah yang bisa menyediakan itu semua.

4. Luangkan lebih banyak waktu untuk diri sendiri  

Biar Cinta Gak Toksik, 5 Cara Sederhana Mengatasi Relationship Anxietydramabeans.com

Ketika seseorang mengalami relationship anxiety mereka mengalihkan fokus kebutuhan dan emosinya sendiri ke kebutuhan, pikiran, dan emosi pasangannya. Sehingga ia khawatir tentang apa yang mungkin pasangannya pikirkan tentangnya atau mencoba melakukan apapun yang diminta pasangannya agar ia tak pergi meninggalkannya.

Alih-alih menjadi "kecanduan" dengan pasanganmu, luangkan lebih banyak waktu untuk diri sendiri dan menjadi mandiri. Carilah support system yang menangani perilaku tidak sehat seperti kodependensi (kecanduan hubungan). Cintai dirimu sendiri dengan mengerjakan hobi, berkumpul dengan sahabat dan keluarga.

Dengan begitu kamu bisa lebih menghargai dirimu sendiri dan tidak tergantung dengan orang lain. Hidupmu tidak melulu tentang romansa.

5. Lakukan kebiasaan bertanya "Bagaimana perasaanku hari ini?"

Biar Cinta Gak Toksik, 5 Cara Sederhana Mengatasi Relationship Anxietyunsplash/Trent Szmolnik

Apakah kamu sedang marah, bersemangat atau sedih suatu hal dalam hidupmu? Jika kamu sedang berada dalam hubungan beracun, tanyakan pada diri sendiri apa yang dikatakan intuisimu tentang dia? Apakah kamu bahagia bersamanya? atau apakah kamu akan merasa lebih baik jika sendirian?

Gunakan jurnal untuk lebih mengenal perasaanmu dan membangun hubungan yang lebih positif dengan pikiranmu sendiri. Dengan begitu, diharapkan kamu bisa merasa lebih nyaman dengan diri sendiri, bahkan dalam kondisi tersulit. Sehingga lebih baik dalam mengambil keputusan saat dibutuhkan.

Menjalin sebuah cinta memang tidak selalu mudah. Akan selalu ada kekhawatiran-kekhawatiran di dalamnya. Itu wajar karena salah satu bukti kepedulian, tetapi itu semua akan berubah menjadi toksik saat ketakutan dan kekhawatiranmu terlalu berlebihan. Agar hubunganmu tetap sehat, yuk sadari hal-hal di atas.

Baca Juga: 5 Langkah Menyembuhkan Luka Diri dari Toxic Relationship dan Survive!

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya