Comscore Tracker

5 Hal yang Bikin Hubunganmu Rentan Putus, Jangan Dibiarkan!

Mulai dari kurangnya komunikasi hingga gagal move on

Menjalin sebuah hubungan cinta adalah satu hal yang menjadi idaman setiap manusia.  Namun di balik semua keindahan dan kebahagiaannya, hubungan cinta pun bisa menjadi sangat rapuh. Bahkan bisa menjadi sumber berbagai permasalahan dalam hidup seseorang.

Layaknya bunga, cinta perlu dirawat dan dipupuk dengan baik agar bisa bertahan selama mungkin dengan kualitas sebaik mungkin. Agar itu bisa kamu capai, kamu harus tahu berbagai hal yang bisa membuat sebuah hubungan rentan putus. Apa saja itu. Yuk disimak tujuh hal yang membuat hubungan cinta jadi rentan.

1. Kurangnya komunikasi

5 Hal yang Bikin Hubunganmu Rentan Putus, Jangan Dibiarkan!dramabeans.com

Komunikasi adalah kunci dalam hubungan apapun di dunia ini. Jika tidak berjalan dengan baik, maka sebuah hubungan tidak akan berjalan baik pula, apalagi urusan cinta. Komunikasi dalam sebuah hubungan cinta adalah tentang kemauan, kemampuan dan kejujuran untuk berbicara tentang masalah atau mengungkapkan perasaan.

Jika tidak ada itu di dalamnya, sebuah hubungan tersebut akan sangat rentan. Masalah yang tidak terkomunikasikan akan menjadi bom waktu yang siap meledak kapan saja.

2. Rasa saling percaya yang memudar 

5 Hal yang Bikin Hubunganmu Rentan Putus, Jangan Dibiarkan!dramabeans.com

Ketika seseorang tidak bisa jujur dengan dirinya sendiri, dia juga akan sulit untuk bisa jujur dengan kamu. Seperti komunikasi, saling percaya pun adalah hal sangat penting dan saling terkait dalam menjalin sebuah hubungan. Saat komunikasi buruk, maka rasa percaya pun akan mulai memudar seiring waktu.

Hal ini pun akan menuntun seseorang untuk menjadi overprotective bahkan cuek cenderung masa bodoh dalam sebuah hubungan. Jika sudah begini, lalu apa yang harus dipertahankan dalam sebuah hubungan?

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini Agar Hubungan Asmaramu Selalu Diselimuti Kebahagiaan

3. Sikap yang terlalu membatasi pasangan

5 Hal yang Bikin Hubunganmu Rentan Putus, Jangan Dibiarkan!dramabeans.com

Ketika komunikasi dan rasa percaya sangat kurang, bahkan buruk dalam sebuah hubungan, seseorang akan cenderung untuk membatasi pasangannya. Dia akan sering curiga dengan apa, siapa dan ke mana saat kamu sedang beraktivitas.

Seiring waktu, dia akan membatasi pergaulan dan aktivitas pasangannya. Hal ini justru akan membuat sang kekasih justru semakin lelah dalam sebuah hubungan dan merasa terpenjara. Pada akhirnya keinginannya hanyalah bisa keluar dari ikatan tersebut.

4. Merasa insecure di dalam hubungan

5 Hal yang Bikin Hubunganmu Rentan Putus, Jangan Dibiarkan!dramabeans.com

Rasa insecure tidak hanya terjadi di dunia kerja, tetapi juga sering dalam urusan cinta. Kamu mungkin sering merasa tidak tahu ke mana arah hubungan yang kalian tuju. Alih-alih bergerak maju, membangun pengalaman bersama yang seharusnya memperkuat hubungan, kamu justru merasa tidak nyaman, tidak pasti dan cemas tentang arah kalian.

Kamu mungkin terus memastikan komitmen dan keyakinan dari pasangan, tetapi entah bagaimana ini hanya sesaat dan singkat. Akibatnya, kamu merasa berusaha dua kali lipat untuk menjaga hubungan tetap di jalurnya sementara pasanganmu hanya berkontribusi sedikit.

Ini pada akhirnya akan membuatmu lelah dan bisa saja menyerah jika tidak segera dipecahkan masalahnya.

5. Masih terikat dengan masa lalu yang belum usai

5 Hal yang Bikin Hubunganmu Rentan Putus, Jangan Dibiarkan!dramabeans.com

Setiap orang pasti memiliki masa lalunya sendiri dalam urusan cinta. Tetapi jika diri kita ataupun pasangan kita belum bisa move on atau lepas dari cinta masa lalunya, apa yang sedang dijalani tidak akan bergerak ke mana-mana. Bahkan bisa saja hubungan ini hanya menjadi pelampiasan saja.

Apalagi jika seseorang kerap membandingkan hubungannya saat ini dengan hubungan di masa lalunya, ini hanya akan menjadi sebauh hubungan yang saling menyakiti. Dalam menjalin cinta baru, selalu pastikan masa lalumu telah selesai dan hanya menjadi bahan pembelajaran untuk lebih baik lagi.

Itulah lima hal yang bisa menjadikan sebuah hubungan cinta rapuh dan rentan untuk putus. Ini tentunya bukan sesuatu yang setiap pasangan inginkan. Cinta yang sejati seharusnya memiliki arah yang dituju bersama. Yuk introspeksi!

Baca Juga: 5 Hal yang Kamu Harus Perhatikan saat Dimabuk Cinta, Biar Tetap Waras!

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya