Comscore Tracker

Ingin Move On? Jangan Pernah Lakukan 6 Hal Ini setelah Putus Cinta

Kamu gak perlu berpura-pura baik-baik saja!

Putus cinta itu ujian dalam hidup yang cukup berat. Bad mood, mager dan bersedih menjadi keseharian yang harus dihadapi setelahnya. Tidak jarang bahkan hingga mengganggu kehidupan sosial dan pekerjaan.

Perasaan itu pastinya sangat mengganggu hingga kita rasanya ingin segera move on dengan melakukan apapun. Tapi kamu gak boleh gegabah dalam menghadapi patah hati. Berikut ini enam hal yang jangan pernah kamu lakukan setelah putus cinta.

1. Pura-pura segalanya baik-baik saja

Ingin Move On? Jangan Pernah Lakukan 6 Hal Ini setelah Putus Cintadramabeans.com

Setiap kehilangan itu membutuhkan ratapan dan duka, tapi tentu tidak dengan berlebihan. Sedih, marah dan kesal saat putus cinta adalah hal wajar. Artinya perasaan yang kamu milik kepadanya itu adalah nyata.

Jangan biarkan ego membuatmu berpura-pura segalanya baik-baik saja. Berikanlah waktu untuk dirimu bersedih. Lebih sehat mengekspresikan diri sendiri dengan jujur daripada mati rasa.

2. Mencoba untuk "berteman"

Ingin Move On? Jangan Pernah Lakukan 6 Hal Ini setelah Putus Cintadramabeans.com

Tidak mudah memang berpisah dengan orang yang pernah kita cintai. Setelah putus kadang ada godaan untuk kembali dan ungkapan "hanya berteman" sering kali menjadi modus yang digunakan agar bisa terhubung kembali.

Buatlah ruang dulu untuk sementara waktu dan biarkan diri untuk introspeksi. Jika sang mantan melakukan modus itu dan kamu tidak nyaman dengan ide tersebut, tegaslah kepadanya. 

Berteman saat lukamu belum sembuh hanya akan menambah dalam luka itu.

3. Balas dendam dengan cari cinta baru

Ingin Move On? Jangan Pernah Lakukan 6 Hal Ini setelah Putus Cintadramabeans.com

Patah hati memang akan sembuh dengan cinta yang baru. Namun jangan terburu-buru melakukannya. Sembuhkan dulu lukamu, berikan dirimu waktu untuk lebih mencintai dirimu sendiri lagi. Jika kiranya sudah siap, maka tidak salah untuk mencari cinta baru.

Namun jika tujuanmu mencari cinta baru hanya untuk balas dendam menyakiti mantanmu, yang menyesal justru akan dirimu sendiri.

Baca Juga: 7 Aplikasi Ini Dirancang Khusus untuk Orang yang Baru Putus Cinta

4. Stalking medsos mantan

Ingin Move On? Jangan Pernah Lakukan 6 Hal Ini setelah Putus Cintaunsplash/Rafael Leão

Setelah putus cinta, akan banyak godaan untuk ingin tahu keadaan mantan. Apakah ia sama menderita atau justru telah move dengan mudah. Tidak sedikit orang akan stalking mantannya di media sosial setiap jam hanya untuk mencari pembenaran dirinya.

Jika kamu lakukan itu, berhentilah sekarang juga. Itu hanya akan membuat dirimu sulit untuk move on. Hal itu tidak akan mengembalikan segalanya. Sebaliknya, putuskan juga hubungan kalian di medsos agar kenangan-kenangan tak lagi mengganggumu.

5. Melakukan hal bodoh

Ingin Move On? Jangan Pernah Lakukan 6 Hal Ini setelah Putus Cintanytimes.com

Orang akan cenderung untuk melakukan hal bodoh dalam dua hal, saat jatuh cinta dan saat putus cinta. Jangan pernah untuk melakukan perubahan drastis setelah putus cinta, cewek misalnya memotong rambutnya drastis, cowok lakukan hal ekstrem.

Jika ingin melakukan perubahan, lakukanlah setelah emosimu seimbang. Balas dendam terbaik dalam patah hati adalah menjadikan dirimu lebih baik lagi, bukan menjadikan dirimu tampak bodoh di hadapannya.

6. Menyerah

Ingin Move On? Jangan Pernah Lakukan 6 Hal Ini setelah Putus Cintadramabeans.com

Putus cinta adalah cara kita ditunjukkan kebenaran jika dia bukanlah jodoh terbaik. Jangan biarkan patah hati membuatmu menyerah dalam berharap. Selalu ada kebaikan di balik rasa kehilangan.

Patah hati akan membuatmu merasakan hidup. Perlahan dan pasti waktu akan membuatmu melihat bahwa dunia dipenuhi warna dan cinta lagi.

Patah hati memang menyakitkan dan kita ingin segera melupakannya. Namun jangan sampai kamu melakukan berbagai hal yang justru merugikan diri sendiri. Semangat!

Baca Juga: 5 Aktivitas Menyenangkan Setelah Putus Cinta, Wajib Dicoba!

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya