Comscore Tracker

6 Kenyataan Hidup yang Harus Kamu Terima Demi Dapatkan Cinta Sejati

Kamu wajib miliki batasan meski sudah miliki pasangan

Menjalin cinta dan memiliki pasangan adalah impian setiap orang. Namun cinta tak seindah apa yang ditampilkan film. Kenyataannya, menjalin hubungan itu kadang rumit dan butuh banyak pengorbanan. Namun sekali kamu bisa melewatinya, cinta sejati akan kamu dapatkan dalam diri pasanganmu.

Kamu pasti ingin mendapatkan cinta sejati itu. Namun sebelum mulai mencarinya, pahami dulu enam kenyataan cinta ini agar hubunganmu nantinya sehat, membahagiakan dan bisa bertahan. Apa saja itu? Yuk disimak!

1. Bahagiakan dirimu sebelum bahagiakan orang lain

6 Kenyataan Hidup yang Harus Kamu Terima Demi Dapatkan Cinta Sejatipexels/Just Name

Jika kamu ingin berada dalam hubungan yang bahagia, penting bahwa kamu harus bahagia dulu. Membuat diri sendiri bahagia itu sangat penting untuk berada dalam hubungan yang berkomitmen. Ketika kamu memilih untuk menjalin hubungan dengan seseorang, kamu tidak bisa menggantungkan kebahagiaanmu sepanjang waktu padanya. Itu bisa melelahkan dan raga dan mental.

2. Miliki batasan itu sangat penting

6 Kenyataan Hidup yang Harus Kamu Terima Demi Dapatkan Cinta Sejatipexels/

Jatuh cinta memang menyenangkan, tetapi jangan sampai itu membutakanmu. Agar terhindar dari cinta yang toksik dan menghancurkan, kamu wajib memiliki batasan dalam sebuah hubungan yang tidak bisa kamu toleransi. Misalnya alkoholisme, pelecehan fisik, ketidakstabilan keuangan, atau hal lainnya.

Pastikan kamu transparan dengan pasanganmu mengenai hal ini, sehingga dia tahu apa batasan-batasan yang tak boleh dilanggar. Jika dia benar-benar cinta dan berkomitmen kepadamu, maka batasan itu tak akan pernah ia langgar dan akan menghormatinya.

Baca Juga: 6 Hal 'Ajaib' yang Terjadi Saat Kamu Berhenti Mencari Cinta Sejati

3. Komunikasi adalah kunci sebuah hubungan

6 Kenyataan Hidup yang Harus Kamu Terima Demi Dapatkan Cinta Sejatipexels/Ketut Subiyanto

Komunikasi adalah salah satu kunci terpenting dalam menjalin hubungan yang bahagia. Komunikasi yang baik artinya mendengarkan kekhawatiran, cita-cita satu sama lain, saling terbuka dan bisa jujur tanpa takut di-judge.

Tanpa komunikasi yang benar, hampir tidak mungkin bagi seseorang untuk melanjutkan hubungan. Jika kamu tidak bisa berbicara dengan pasangan tentang apa yang ada di benakmu dan sebaliknya, lalu apa gunanya bersama?

4. Menjalin hubungan artinya berbagi cita-cita

6 Kenyataan Hidup yang Harus Kamu Terima Demi Dapatkan Cinta Sejatipexels/saad ibrahem

Kamu harus mencari tahu apa yang ingin kamu lakukan dengan hidupmu dan bagaimana cara mencapainya. Pada saat yang sama, cari tahu apa tujuan pasanganmu sehingga kalian dapat saling membantu dan mendukung dalam mencapai tujuan tersebut.

Hubungan yang dijalin dengan fondasi berbagi cita-cita dan tujuan hidup masing-masing akan lebih kuat. Dengan begitu, kalian berjuang bersama dan bisa saling menghormati. Tidak selalu cita-cita kalian sama karena kalian pun individu yang berbeda. Namun dengan saling mengetahui, kalian pun bisa saling memahami.

5. Kamu harus memiliki tujuan dalam hidup selain urusan cinta

6 Kenyataan Hidup yang Harus Kamu Terima Demi Dapatkan Cinta Sejatipexels/Andrea Piacquadio

Dalam kehidupan setiap orang harus memiliki tujuan, termasuk kamu. Fokusmu seharusnya bukan hanya pada hubungan saja. Namun, jangan salah paham, memprioritaskan hubunganmu adalah hal yang baik, tetapi itu seharusnya bukan satu-satunya prioritas dalam hidupmu.

Dirimu sendiri harus menjadi prioritas utama, entah itu pendidikan, keluarga ataupun mimpi-mimpi lainnya. Seseorang yang memiliki tujuan hidup tahu apa yang akan ia lakukan untuk masa depannya, dan itu sesuatu yang seksi bagi lawan jenisnya.

6. Jika kamu terus tersakiti, itu bukan cinta

6 Kenyataan Hidup yang Harus Kamu Terima Demi Dapatkan Cinta Sejatipexels/Polina Zimmerman

Cinta sejati tidak akan pernah menyakiti pasangannya, dan bahkan jikapun kadang terjadi, dia akan selalu berusaha memperbaiki keadaan. Jika kamu bersama orang yang tepat, dan dia mengatakan sesuatu yang menyakitkan, dia akan selalu berusaha memperbaiki situasi begitu dia menyadari kesalahannya.

Tetapi jika dia terus mengulangi kesalahan yang sama dan perlahan kamu hubungan kalian jadi toksik, itu jadi tanda jika kamu harus pergi. Cinta sejati itu tempat yang aman dan sehat, bukannya penuh luka.

Menemukan cinta sejati memang bukan hal yang mudah. Namun itu juga bukan hal mustahil yang bisa kita dapatkan. Dan tentunya demi mendapatkannya, enam kenyataan hidup di atas harus bisa kamu terima lebih dulu. Dengan begitu, kamu bisa menerima pasanganmu apa adanya nantinya.

Baca Juga: 7 Alasan Ilmiah Kenapa Seseorang Bisa Menjadi Sahabat Sejati Kamu

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya