6 Cara Elegan Mengungkapkan Perasaan Cintamu tanpa Bikin Overthinking

Tenang… tenang… kamu pasti bisa ngomong langsung

Hampir semua orang pasti mengalami yang namanya dilema, saat ingin menyatakan cinta pada gebetan. Rasanya begitu berat untuk mengungkapkannya secara langsung di hadapan si dia, ya?

Seringkali kita sendiri merasa takut, dengan hal-hal yang akan terjadi sehingga bikin jadi overthinking, bahkan kalau udah berhasil menyatakannya sekalipun. Nah, biar kamu gak galau, keenam tips di bawah ini bisa kamu contoh saat hendak menyatakan perasaan ke gebetan. Semoga habis itu kamu gak overthinking, ya!

1. Dimulai dari kamu, tetapkan waktu yang tepat untuk mengungkapkannya, tapi jangan terlalu lama

6 Cara Elegan Mengungkapkan Perasaan Cintamu tanpa Bikin OverthinkingDok. tvN

Waktu yang tepat itu gak selalu harus saat kamu benar-benar siap, karena percayalah saat kamu sendiri udah berniat mengungkapkannya, kamu gak benar-benar siap 100 persen. Maka, waktu yang tepat adalah saat kamu dan dia berada dalam kondisi yang sama-sama baik. Selain itu, kalau ada situasi di mana kamu berdua dengannya, itu bisa jadi waktu yang tepat juga lho.

Baik itu gimana, sih? Yakni ketika suasana hatinya gak sedih atau marah. Kamu pun harus begitu, harus dalam kondisi yang tenang biar nanti pas ngomong tidak gagap atau bertele-tele. Jangan terlalu lama menentukan waktu karena bisa aja suatu saat kamu ditikung lho!

2. Sebisa mungkin kamu mengungkapkannya secara langsung di hadapan dia

6 Cara Elegan Mengungkapkan Perasaan Cintamu tanpa Bikin OverthinkingInstagram.com/hospitalplaylist_official

Akan jauh lebih baik, jika kamu bisa mengungkapkannya secara lisan dan langsung di hadapannya. Ya, bukan lewat chat maupun telepon, dengan begitu ucapanmu akan lebih jelas di telinganya. Kamu juga bisa membaca ekspresinya ketika pernyataan itu meluncur dari bibirmu.

Kamu harus berani mengungkapkan perasaan itu secara langsung, karena hal itu menunjukkan keseriusanmu dalam mencintainya. Gak harus langsung dapat respon, sudah bisa jujur dengan perasaanmu terhadapnya itu sudah sangat bagus, kok!

3. Kalau memang susah secara lisan, ungkapkan lewat tulisan dengan lugas

6 Cara Elegan Mengungkapkan Perasaan Cintamu tanpa Bikin Overthinkingdramabeans.com

Memang, mengucap kata secara lisan, apalagi untuk urusan kejujuran hati, sangatlah sulit. Jangan berhenti. Kamu tetap harus dan bisa menyatakannya lewat tulisan jika benar-benar merasa berat untuk bicara. Kadang memang ada orang yang lebih lancar mengungkapkan kata lewat tulisan daripada lisan, bukan?

Namun, kamu tetap harus memberikan surat tertulis itu langsung kepadanya, jangan melalui perantara. Setidaknya kamu bertemu dengannya secara fisik, itu sudah mewakili keseriusan cintamu padanya.

Baca Juga: 5 Dampak Pikiran yang Terjadi Saat Kamu Overthinking dengan Pekerjaan

4. Yang paling penting adalah kamu sendiri jangan berharap terlalu jauh lebih dulu tentang responnya

dm-player
6 Cara Elegan Mengungkapkan Perasaan Cintamu tanpa Bikin Overthinkinginstagram.com/hospitalplaylist_official

Ya, ini yang penting, jangan dulu berekspektasi atau membayangkan hal-hal lain setelah kamu mengungkapkannya. Jangan bayangkan dulu kamu akhirnya jalan bareng dia bergandeng tangan, atau bahkan membayangkan menikah dengannya dan hidup bahagia. Duh, bayangan itu terlalu jauh!

Saat ini, fokus pada perasaan dan tujuanmu dulu, yakni mengungkapkan perasaan. Oke, kamu pasti berharap dia akan membalas cintamu, kan? Seringkali orang yang mau mengungkapkan perasaan juga takut ditolak. Itulah yang bikin overthinking dan terjebak dalam kegalauan.

Dengan tidak menaruh harapan lebih padanya, kamu pasti akan jauh lebih tenang. Yang terpenting saat ini adalah dia tahu perasaanmu padanya. Mengenai balasan cintanya, kamu tidak boleh memaksakannya. Jika benar-benar menyayanginya, kamu pasti bisa menghormati segala keputusannya.

5. Tak perlu terlalu menggebu-gebu, pula jangan terlalu lesu saat mengatakannya. Tetap harus tegas, ya!

6 Cara Elegan Mengungkapkan Perasaan Cintamu tanpa Bikin OverthinkingInstagram.com/tvndrama.official

Kuncinya saat menyatakan perasaanmu padanya adalah tenang. Tentu kamu gak pengin dia merasa ilfeel padamu, kan? Maka, sebisa mungkin jangan terlalu "ngegas" alias menggebu-gebu.

Pula, jangan loyo saat mengucapkan kata-katamu. Kamu harus bicara dengan jelas dan tegas karena--sekali lagi--saat menyatakan perasaan kamu harus menunjukkan keseriusan itu. Kejelasan bicara itu begitu penting, lho!

Jika bicaramu jelas, dia pun akan yakin dan percaya dengan apa yang kamu rasakan. Gak perlu pakai kata-kata manis, kok kalau kamu memang gak berkenan. Tetaplah menjadi dirimu sendiri, ya!

6. Sampaikan alasan kenapa kamu menyukainya dan apa yang sebenarnya kamu inginkan dari perasaan itu

6 Cara Elegan Mengungkapkan Perasaan Cintamu tanpa Bikin Overthinkinghancinema.net

Baca Juga: Susah Menghilangkan Overthinking? Bisa Jadi karena 5 Hal Ini

Dia tentu akan bertanya-tanya saat tahu kamu menyukainya, apa yang kamu sukai darinya? Nah, kamu harus bisa menjelaskannya, meski mungkin hal ini sulit juga, ya? Paling tidak, ceritakan sejak kapan kamu suka padanya, mungkin dari situ kamu akan tahu bagian mana yang membuatmu jatuh hati.

Selain itu, kamu juga perlu jujur, sih dengan apa yang kamu harapkan dari perasaan itu. Ingat, fokus dulu pada perasaanmu saat itu, jangan fokus padanya. Jadi, gak apa-apa kalau kamu mengungkapkan keinginanmu tentang perasaanmu padanya.

Misalnya, kamu pengin lebih dekat dengannya lewat hubungan yang lebih spesial. Sesudah itu, serahkan saja padanya, bagaimana responnya. Apa pun tanggapannya, kamu harus tetap bersiap diri.

Kalau dia menerima perasaanmu, maka jagalah saat kalian sudah bersama. Jikapun dia menolak, janganlah membencinya melainkan tetap berteman baik dengannya. Itu akan jauh lebih baik daripada kamu memusuhinya, justru akan membuatmu semakin overthinking lho!

Yang penting dalam menyatakan cinta adalah keberanian. Jika kamu berhasil melakukan keenam tips di atas, kamu patut bangga sama diri sendiri. Semoga saja dia membalas cintamu, ya!

Gendhis Arimbi Photo Verified Writer Gendhis Arimbi

Storyteller

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya