Comscore Tracker

5 Cara Menghidupkan Kembali Cinta yang Pudar

Mengembalikan rasa cinta seperti saat pacaran

Setelah beberapa tahun menjalani rumah tangga, kadang kejenuhan itu mulai datang. Bisa disebabkan karena kesibukan masing-masing ataupun rutinitas yang selalu diulang setiap harinya. Seiring berjalannya waktu, cinta yang tadinya membara lama-lama kian redup dan pudar. Apalagi jika sudah memiliki anak, fokusnya jadi hanya kepada mereka.

Cinta bisa dihidupkan kembali dalam rumah tangga, bahkan bisa seperti saat berpacaran, lho! Berikut ini adalah lima cara menghidupkan kembali cinta yang pudar kepada pasanganmu. Simak, ya!

1. Buat daftar hal yang disukai dari pasangan

5 Cara Menghidupkan Kembali Cinta yang Pudarilustrasi perempuan menulis (pexels.com/shvetsproduction)

Kebiasaan dan kenyamanan bisa membuatmu lupa bahwa cinta harus selalu disirami agar bertumbuh dan bersemi. Kalau tidak disirami, maka rasa cintamu lama-lama menjadi hambar. Kehidupan rumah tanggamu hanya akan berjalan karena sebuah rutinitas yang membosankan.

Buatlah daftar mengenai hal-hal apa saja yang kamu sukai dari pasanganmu. Misalnya, kamu suka pasanganmu karena dia adalah seorang pekerja keras dan bertanggung jawab. Atau dia adalah seorang yang pintar dan berwawasan luas. Dengan menulis daftar tersebut akan mengingatkanmu kalau hal-hal itulah yang membuatmu memilih dan mencintai pasanganmu. 

2. Tulis kebaikan yang sudah dilakukan pasangan terhadapmu

5 Cara Menghidupkan Kembali Cinta yang Pudarlustrasi perempuan menulis (pexels.com/vladakarpovich)

Hubungan memang tidak selalu berjalan mulus. Ada kalanya bahagia atau sedih. Apalagi kalau sudah menjalaninya selama bertahun-tahun dengan pasanganmu. Pernahkah kamu berpikir, setelah melewati hari demi hari dengannya, apa saja kebaikan yang sudah pernah dia lakukan untukmu?

Cobalah untuk mengingat kembali dan menulis kebaikan apa saja yang sudah dilakukan pasangan terhadapmu. Misalnya, dia suka memelukmu sebelum tidur, membawakan barang belanjaanmu, atau memasak untukmu. Dengan kamu mencatat kembali, walaupun hal yang sederhana, tetapi akan membuat kamu kembali teringat. Itu bisa menjadi alasan kuat kamu harus lebih mencintai pasanganmu.

Baca Juga: 5 Alasan Mempertahankan Rasa Cinta Lebih Sulit daripada Jatuh Cinta

3. Memberi kejutan spesial

5 Cara Menghidupkan Kembali Cinta yang Pudarilustrasi laki-laki membuka hadiah (pexels.com/cottonbro)

Setiap orang pasti senang jika diperhatikan dan dipedulikan, apalagi oleh pasangannya. Ia akan merasa berharga dan dicintai olehmu. Salah satu contohnya adalah dengan memberikannya hadiah atau kejutan. Tidak ada salahnya kalau kamu yang terlebih dahulu memberikan hadiah kepada pasanganmu.

Mungkin, selama ini kamu kurang memperhatikan apa yang menjadi kebutuhannya. Misalnya, dia membutuhkan kemeja baru karena kemeja lamanya sudah luntur untuk bekerja. Kamu bisa memberikannya kejutan walaupun bukan pada hari spesialnya. Pasti pasanganmu akan senang dan merasa kalau kamu memperhatikannya. Memberi akan membuat kita bahagia, apalagi setelah melihat senyumannya.

4. Memberi sentuhan fisik lebih sering

5 Cara Menghidupkan Kembali Cinta yang Pudarilustrasi pasangan berpegangan tangan (pexels.com/ekaterina)

Ingatkah kamu pada masa awal pacaran, ketika pergi ke mal atau sekadar berbelanja ke supermarket, kalian merasa seperti dunia milik berdua? Dengan berpegangan tangan atau merangkul, kalian merasa masa-masa awal pacaran adalah yang paling bahagia.

Lakukanlah itu kembali dengan pasanganmu. Lebih sering bersentuhan fisik dengan pasangan membuat ikatan emosionalmu lebih kuat. Berpelukan atau berpegangan dapat membuat hormon oksitosin meningkat sehingga rasa percaya lebih tinggi. Menunjukkan ekspresi sayang dengan menyentuh pasangan akan meningkatkan suasana hati menjadi lebih ceria. Kemesraan pun akan selalu ada dalam rumah tanggamu.

5. Berlibur bersama

5 Cara Menghidupkan Kembali Cinta yang Pudarilustrasi pasangan sedang liburan (pexels.com/rachelclaire)

Kesibukan masing-masing dapat membuat hubungan kalian menjadi hambar. Karena keterbatasan waktu, kamu jadi jarang mengobrol dengan pasangan. Akhirnya dapat membuat hubungan menjadi jenuh dan cinta lama-lama pudar.

Cobalah ambil waktu untuk pergi liburan dengan pasanganmu, tanpa anak-anak. Selain menghilangkan kejenuhan, liburan juga dapat membuat diri kalian segar dan menumbuhkan cinta seperti saat awal-awal pernikahan. Kamu akan merasa seperti bulan madu kembali.

Itulah lima cara menghidupkan kembali cinta yang pudar kepada pasanganmu. Cinta harus selalu disirami agar bertumbuh setiap harinya. Komunikasi juga merupakan hal yang penting. Habiskan waktu berdua membuat hubungan kalian lebih intim. Semoga bermanfaat, ya!

Baca Juga: 5 Keuntungan Punya Pasangan Satu Visi, Tak Sekadar Cinta

Gevani Soetadi Photo Writer Gevani Soetadi

Go with your passion :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya