Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Usai Putus Kamu Baru Sadar Persahabatan Itu Penting

Persahabatan salah satu hal paling berharga dalam hidup

Saat jatuh cinta rasanya dunia hanya milik berdua saja, kamu seolah lupa akan segala hal yang ada di sekitarmu. Sebab, terlalu fokus dengan dia yang sekarang menjadi pasanganmu.

Namun, terlalu memprioritaskan pasangan juga gak selamanya baik karena ada hal-hal yang pasti juga akan terganggu. Contohnya saja, ikatan persahabatan yang sudah lama kamu punya dan jalani. 

Akibatnya setelah putus dari pasangan, kamu merasa menyesal dan bersalah karena baru menyadari arti kehadiran para sahabatmu.

Nah, apa saja lima alasan kamu baru menyadari persahabatan itu begitu penting usai putus cinta? Yuk, simak terus poin-poin berikut ini!

1. Saat dulu masih berpacaran, kamu lebih sering mengabaikan sahabatmu

5 Alasan Mengapa Usai Putus Kamu Baru Sadar Persahabatan Itu Pentingunsplash.com/Gabriel Tovar

Entah kamu sadari atau tidak, saat dulu masih berpacaran kamu merasa lebih banyak mengabaikan sahabatmu. Kamu seolah melupakan keberadaan mereka, padahal jelas selama ini kalian sering menghabiskan waktu bersama dan seperti gak terpisahkan.

Tetapi, setelah putus kamu baru menyadari kalau sikapmu yang dulu tentu keliru karena terkesan buruk dan membuat sahabatmu jadi bersedih. Kamu akhirnya memetik suatu hikmah, jika mengabaikan persahabatan karena kehadiran orang baru dalam hidupmu menjadi pilihan yang kurang bijak.

2. Sempat menolak dan marah karena diberi nasihat serta masukan oleh sahabat

5 Alasan Mengapa Usai Putus Kamu Baru Sadar Persahabatan Itu Pentingpexels.com/August de Richelieu

Biasanya sahabat menjadi orang yang berani untuk menegur dan memberitahu apa yang salah darimu. Termasuk memberikan nasihat serta masukan untuk jalinan kisah asmaramu. Kamu baru menyadari kalau pada saat itu niat sahabatmu murni ingin menjauhkanmu dari jalan yang salah.

Namun, kamu gak menghiraukan hal itu dan tetap memilih fokus dengan hubungan percintaanmu. Setelah putus kamu pun jadi tersadar, jika apa yang pernah diucapkan sahabatmu soal hubungan percintaanmu yang lalu benar adanya.

Baca Juga: 5 Tanda Tidak Terduga Kamu Mulai Ada Rasa Lebih ke Sahabat Sendiri

3. Dulu pernah terhasut ucapan buruk pasangan soal sahabat-sahabatmu

5 Alasan Mengapa Usai Putus Kamu Baru Sadar Persahabatan Itu Pentingunsplash.com/Ken Anzai

Dulu saat masih bersama mantanmu, kamu merasa sempat meragukan sahabat-sahabatmu. Akibat terhasut atau termakan omongan dari pasangan yang seolah membuat sosok mereka terkesan buruk dan gak mendukungmu.

Kamu pada saat itu masih belum sadar, jika ternyata selama ini kamu bertahan dalam hubungan yang sehat. Sebab, kamu memiliki pasangan yang cuma membawa pengaruh buruk dan membuatmu merasakan banyak masalah.

Oleh karena itu, usai putus kamu pun merasa bersalah dan menyesal karena sempat melupakan pentingnya persahabatan. 

4. Pernah sempat menjauhi sahabat karena terlalu mementingkan pasangan

5 Alasan Mengapa Usai Putus Kamu Baru Sadar Persahabatan Itu Pentingunsplash.com/Marina Abrosimova

Saking seringnya kamu menghabiskan waktu dengan pasangan saat dulu, kamu sampai rela membatalkan janji bertemu dengan mereka. Kamu merasa kalau sahabat-sahabatmu gak begitu membuatmu menjadi merasa bahagia layaknya saat kamu bersama pasangan. Padahal kamu tahu jika selama ini sahabatlah yang menemanimu dan memberikan banyak waktu luangnya.

5. Pada akhirnya kamu menyadari kalau sahabatlah yang selalu setia padamu saat kondisi apa pun

5 Alasan Mengapa Usai Putus Kamu Baru Sadar Persahabatan Itu Pentingpexels.com/fauxels

Karena hubunganmu sudah kandas, akhirnya kamu mau tak mau harus mencari tempat bercerita untuk meringankan sedikit beban di hatimu. Kamu pun akhirnya mengetahui satu hal, kalau sahabat jadi seseorang yang selalu bisa diandalkan.

Sebab, mereka yang paling tahu cara memahami dan juga memiliki empati terhadap kesedihan yang kamu rasakan. Kamu juga menyadari kalau dalam kondisi apa pun, dalam keadaan yang terburuk sekalipun. Kamu bisa kuat karena dukungan dan bantuan dari sahabat-sahabatmu.

Walau tengah menjalin hubungan percintaan dengan seseorang, jangan sampai kamu lupakan betapa persahabatan adalah hal terbaik yang harus senantiasa kamu rawat dan syukuri.

Baca Juga: 5 Keuntungan Memiliki Hubungan Low Maintenance dengan Sahabat

Moon Girl Photo Verified Writer Moon Girl

Writing my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya