Comscore Tracker

5 Tips Tetap Harmonis Bersama Pasangan Workaholic, Jaga Komitmen!

Selain kesabaran, diperlukan juga ketegasan

Memiliki pasangan yang workaholic atau gila kerja, terkadang menimbulkan kesulitan tersendiri baik bagi dirimu atau hubungan. Sebab, pasangan akan lebih banyak menghabiskan waktu dan fokusnya untuk pekerjaan atau kesibukannya. Hal tersebut membuatmu merasa kesepian atau sendirian sewaktu-waktu sebab kehadiran pasangan yang terasa sangat tidak sepenuhnya ada untukmu.

Tetapi tak perlu khawatir, supaya jalinan asmaramu senantiasa awet dan harmonis. Berikut lima cara yang bisa kamu terapkan untuk menguatkan hubunganmu.

1. Sampaikan keinginanmu pada pasangan lewat komunikasi dan pertemuan

5 Tips Tetap Harmonis Bersama Pasangan Workaholic, Jaga Komitmen!Pexels/Pedro Sandrini

Jangan terlalu lama memendam perasaanmu soal hubungan apalagi pasangan. Jika ada sesuatu yang mengganjal atau kamu memiliki sebuah keberatan pada suatu hal, sampaikan dengan cara berkomunikasi yang baik. Jelaskan keinginan atau harapanmu pada pasangan dengan jelas dan jujur, sebagai pasangan kamu tidak masalah jika pasangan memiliki kesibukan.

Tetapi jangan sampai kesibukan akibat pekerjaan membuat hubunganmu terasa macet atau tidak berkembang. Sampaikanlah pada pasangan dengan pertemuan di tempat dan waktu yang baik.

2. Buatlah jadwal yang cocok bersama pasangan 

5 Tips Tetap Harmonis Bersama Pasangan Workaholic, Jaga Komitmen!Pexels/Andrea Piacquadio

Walaupun pasanganmu seorang workaholic, tetapi jangan korbankan hubunganmu. Tetap ciptakan waktu dan kesempatan untuk mengisi dan menghangatkan hubungan dengan melakukan sebuah kegiatan bersama pasangan.

Susun rencana dan hari yang cocok untuk sama-sama dapat bertemu dan menghabiskan waktu yang berkualitas dengan pasangan. Walaupun pasangan memiliki kesibukan yang banyak dan padat namun keduanya harus paham ada prioritas lain yang juga mesti dirawat dan di jaga dengan baik.

3. Terapkan kesepakatan yang positif untuk hubungan

5 Tips Tetap Harmonis Bersama Pasangan Workaholic, Jaga Komitmen!Pexels/Andrea Piacquadio

Menerapkan kesepakatan bersama pasangan yang merupakan seorang workaholic sangatlah dianjurkan. Hal ini dilakukan supaya kamu dapat melihat sejauh mana pasangan berkomitmen dan bertanggung jawab merawat hubungan kalian berdua.

Semakin pasangan menepati janji kalian bersama maka, keseriusannya dalam hubungan bukanlah cuma kata-kata semata. Menerapkan kesepakatan bersama bisa dimulai dari hal yang sederhana misalnya, tidak lupa menghubungimu di waktu luang atau tidak bersikap acuh pada pasangan ketika tidak sibuk melakukan kegiatan.

Baca Juga: Kami Bisa Menebak Apakah Kamu Seorang Workaholic

4. Sibukkan juga dirimu dengan hal yang bermanfaat dan produktif

5 Tips Tetap Harmonis Bersama Pasangan Workaholic, Jaga Komitmen!Pexels/mentatdgt

Ketika memiliki pasangan yang gila bekerja maka, hal tersebut bisa kamu lihat sebagai kesempatan untuk mengisi waktumu dengan kegiatan yang produktif dan juga bermanfaat. Ketika kamu menunggu pasangan selesai dengan kesibukannya, kamu bisa melakukan hal yang kamu sukai, misalnya hobi atau sekadar memanjakan dirimu dengan hal yang menyenangkan.

Sehingga kamu terhindar dari rasa kesal karena terlalu lama menanti waktu luang dari pasangan. Dan kamu juga terbiasa melakukan kegiatan positif dalam aktivitas sehari-hari.

5. Sesekali ingatkan pasangan jika sikapnya dirasa terlalu berlebihan dalam bekerja

5 Tips Tetap Harmonis Bersama Pasangan Workaholic, Jaga Komitmen!Pexels/mentatdgt

Sebagai pasangan yang baik, tak ada salahnya untuk mengingatkan pasangan jika dirasa telah kelewatan. Misalnya saja, bekerja sampai melupakan komunikasi denganmu atau jatuh sakit karena lupa menjaga kesehatan tubuh. Kamu berhak untuk memberikan masukan dan nasihat yang baik pada pasangan, karena segala sesuatunya yang berlebihan selamanya tak membawa dampak yang positif.

Oleh karena itu, mengingatkan pasangan ketika dirinya membuat suatu kesalahan sesekali tidak masalah. Selain baik untuk kelancaran hubungan, pasangan juga bisa melakukan introspeksi diri.

Jangan lupa untuk terus mendukung satu sama lain di dalam hubungan, tetapi biasakan untuk mengedepankan komunikasi di tengah kesibukan atau kegiatan masing-masing.

Baca Juga: 5 Tips Agar Bisa Menikmati Hidup bagi Kamu yang Workaholic

Grace Kristinar Photo Verified Writer Grace Kristinar

Writing is my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya