Comscore Tracker

5 Cara Menenangkan Pasangan yang Sedang Punya Masalah, Jangan Cuek!

Berikan semangat yang tulus, ya

Tak selamanya kondisi pasangan kita dalam keadaan baik-baik saja atau stabil. Pasti ada masa atau waktu di mana dia sangat membutuhkanmu sebagai tempat sandarannya. Karena ada beberapa hal yang membuat pasangan merasa kurang nyaman dan bersedih. Biasanya hal itu disebabkan karena ada masalah yang tengah dia tanggung seorang diri.

Kamu pun sebagai seorang pasangan yang baik ingin bisa sedikit meringankan bebannya. Nah, apa saja cara-cara yang bisa kamu pakai menenangkan pasangan yang sedang punya masalah? Berikut poin-poinnya!

1. Jadilah pendengar yang baik dan jangan menghakiminya

5 Cara Menenangkan Pasangan yang Sedang Punya Masalah, Jangan Cuek!Ilustrasi pasangan (unsplash.com/Courtney Kammers)

Jika pasangan sudah memutuskan untuk menceritakan apa yang menjadi beban dan masalahnya, maka tugasmu ialah dengarkanlah dengan baik. Biarkan dia bercerita sampai habis dan jika ia menangis maka tenangkan dia daripada berusaha memintanya untuk tak perlu menangis.

Jika dirasa pasangan sudah mulai lebih tenang, jangan respons ceritanya dengan cara membandingkan dengan masalahmu. Apalagi sampai menghakiminya, karena hal itu bisa membuat beban masalah pasangan makin berat dan merasa gak cukup nyaman berada di dekatmu.

2. Jangan cuek dan meremehkan masalah yang pasangan punya

5 Cara Menenangkan Pasangan yang Sedang Punya Masalah, Jangan Cuek!Ilustrasi dua orang duduk dan makan (pexels.com/Ron Lach)

Kalau pasangan bercerita dia punya masalah, maka perhatikanlah dia dengan tulus dan penuh kepedulian. Jangan sampai tunjukkan sikap atau repsons yang cuek yang seolah menunjukkan kalau kamu gak peduli padanya.

Hindari juga kesan meremehkan masalah yang pasangan punya. Karena ketika dia punya keberanian untuk bercerita, maka hal itu sudah menjadi langkah bagus dan patut kamu apresiasi. 

Baca Juga: 5 Pemikiran Harus Diubah walau Sudah Memiliki Pasangan, Penting!

3. Tawarkan bantuan

5 Cara Menenangkan Pasangan yang Sedang Punya Masalah, Jangan Cuek!Ilustrasi pasangan duduk berdua (pexels.com/John Diez)

Jika kamu sudah mengetahui apa yang menjadi masalah pasanganmu dan berniat ingin meringankannya. Maka cobalah menawarkan bantuan pada pasangan dengan cara yang baik dan dari hati ke hati.

Jika pasangan menolaknya maka kamu gak perlu memaksanya. Cukup katakan kalau dia berubah pikiran maka gak perlu ragu untuk meminta bantuan padamu.

4. Pastikan apakah pasangan ingin ditemani atau sendirian terlebih dahulu

5 Cara Menenangkan Pasangan yang Sedang Punya Masalah, Jangan Cuek!Ilustrasi dua orang duduk di tepi danau (unsplash.com/Aleksandra Sapozhnikova)

Gak semua orang ketika ada masalah ingin ditemani atau dihibur oleh orang terdekatnya. Ada juga yang justru suka menyendiri dan menghabiskan waktunya dengan tidur ataupun menyelesaikan masalahnya seorang diri.

Ketika kamu merasa sudah tahu secara garis besar permasalahan pasangan, maka gak ada salahnya menanyakan apakah dia ingin ditemani ataukah sendiri. Jika pun ingin sendiri, maka biarkan pasangan sendirian terlebih dahulu beberapa hari ke depan. Gak lupa kamu tetap mengabarinya dan berkomunikasi ketika dirasa perlu dan penting.

5. Berikan dia sebuah pelukan hangat dan semangat yang tulus

5 Cara Menenangkan Pasangan yang Sedang Punya Masalah, Jangan Cuek!Ilustrasi pasangan berpelukan (Pexels.com/ShotPot)

Ketika kamu dan pasangan memungkinkan untuk bertemu, maka sebuah pelukan yang hangat bisa menjadi penguatnya saat menghadapi masalah. Pelukan dari orang terdekat bisa memberikan efek nyaman dan merasa disayangi.

Jika dia gak keberatan dengan sentuhan fisik, maka sah-sah saja kamu memeluknya ataupun mengusap lembut punggungnya supaya memberikan efek tenang. Jika dirasa keadaan pasangan mulai tenang, jangan lupa berikan semangat dan kata-kata positif agar dia merasa gak sendirian dalam mengahadapi masalah yang ada.

Cara menenangkan pasangan bagi tiap orang tentu gak sama. Yang penting sebelumnya kamu sudah tahu apa keinginan dan kebutuhan pasangan ketika dia dihadapkan oleh masalah atau persoalan.

Baca Juga: 5 Alasan Pasangan Mulai Sering Membandingkan Kamu dengan Orang Lain

Moon Girl Photo Verified Writer Moon Girl

Writing my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya