Comscore Tracker

5 Cara Simpel Perbaiki Hubungan yang Sempat Dipenuhi Konflik & Masalah

Kamu dan pasangan harus tahu!

Selalu ada masalah yang hadir dalam hubungan, baik kecil maupun besar. Sebenarnya masalah atau konflik yang kamu dan pasangan hadapi, bukanlah sesuatu yang harus kamu khawatirkan. Dengan catatan, kalian mampu menyelesaikannya dengan dewasa dan sebaik-baiknya supaya gak sampai timbul amarah atau sikap acuh tak acuh satu sama lain.

Nah, bagi kamu yang punya niat ingin memperbaiki hubungan setelah diterpa banyak konflik dan masalah. Maka, gak ada salahnya lho buat simak lima caranya bawah ini. Yuk, kepoin!

1. Sadari kekurangan dan kesalahan masing-masing

5 Cara Simpel Perbaiki Hubungan yang Sempat Dipenuhi Konflik & Masalahunsplash.com/Shawnee D

Cobalah kamu dan pasangan saling introspeksi diri, apa yang membuat hubungan kalian selama ini banyak menghadapi konflik serta masalah. Apakah ada sikap atau sifat satu sama lain yang memicu serta memperparahnya? Jika memang ada, maka kamu dan pasangan harus secara sadar dan ikhlas mengakui kekurangan dan kesalahan masing-masing.

Bukan tanpa alasan dan tujuan, hal itu dilakukan agar kamu dan pasangan bisa sama-sama memperbaiki diri. Agar ke depannya nanti, hubunganmu lebih banyak menghadirkan kenyamanan daripada masalah dan konflik melulu.

2. Saling mengapresiasi satu sama lain karena sudah berjuang dan bertahan selama ini

5 Cara Simpel Perbaiki Hubungan yang Sempat Dipenuhi Konflik & Masalahunsplash.com/John-Mark Smith

Jangan lupa untuk membiasakan saling mengucapkan terima kasih, karena sudah berjuang dan bertahan selama ini. Karena tentu, mengahadapi banyak konflik dan masalah merupakan hal yang cukup berat.

Karena jika gak diselesaikan dengan baik, maka hubunganmu bisa terkena imbasnya. Bukan gak mungkin jika kalian akan pisah, sebab terlalu lelah karena cukup sering dikuasai amarah ketika menyelesaikan masalah yang ada.

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Kamu Jaga saat Menjalin Hubungan Percintaan

3. Berkomitmen untuk menghindari pertengkaran yang gak sehat

5 Cara Simpel Perbaiki Hubungan yang Sempat Dipenuhi Konflik & Masalahunsplash.com/Blake Carpenter

Sebanyak apa pun masalah serta konflik dalam hubunganmu, gak akan membawa dampak yang begitu buruk selama bisa disikapi dengan dewasa. Kamu dan pasangan berusaha untuk tetap menghindarkan hubungan dari hal toksik, kamu juga sebisa mungkin mengahadapi masalah yang ada dengan langkah yang tepat dan bijak. Bukan dengan amarah, ego atau bersikap saling acuh dan mendiamkan.

4. Belajar saling memaafkan dan meminta maaf

5 Cara Simpel Perbaiki Hubungan yang Sempat Dipenuhi Konflik & Masalahunsplash.com/Devon Divine

Sebenarnya kamu gak harus menunggu pasangan meminta maaf ketika dia melakukan kesalahan. Kamu bisa dengan inisiatifmu sendiri meminta maaf agar suasana gak semakin runyam dan tegang. Walau memang disarankan untuk meminta maaf terlebih dahulu jika kamu atau pasangan sudah melakukan sebuah kesalahan.

Jadi, penting banget buat kamu dan dia membiasakan untuk gak saling menunjuk siapa yang salah atau benar. Melainkan dengan tulus dan rendah hati meminta maaf dan juga memaafkan, agar masalah dan konflik yang ada bisa makin reda dan mudah diselesaikan.

5. Lebih banyak mendengarkan dan mengutamakan sikap kepala dingin

5 Cara Simpel Perbaiki Hubungan yang Sempat Dipenuhi Konflik & Masalahpexels.com/Ketut Subiyanto

Belajar saling mendengarkan membuat satu sama lain jadi memahami apa maksud dan keinginan masing-masing. Dengan banyak mendengarkan, kamu dan pasangan bisa mengendalikan kata-kata atau ucapan yang gak perlu dan hanya menyakiti hati saja.

Apalagi sikap tersebut dibarengi dengan tetap tenang dan sabar alias mengutamakan kepala dingin saat menghadapi konflik serta masalah yang ada.

Well, selama kamu fokus pada diskusi dan penyelesaiannya yang baik untuk masing-masing. Maka, sebanyak apa pun konflik serta masalah maka akan mudah diatasi secepatnya.

Baca Juga: Bisa Tambah Masalah, 5 Kebiasaan Buruk saat Konflik Ini Perlu Diubah

Moon Girl Photo Verified Writer Moon Girl

Writing my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya