Comscore Tracker

5 Dampak Baik Menjalin PDKT dengan Sewajarnya dan Gak Terburu-buru 

Nikmati saja prosesnya, ini waktu yang krusial banget

Sebenarnya gak ada patokan khusus harus berapa lama menjalin PDKT dengan seseorang. Namun, idealnya PDKT dijalankan dengan sewajarnya agar enjoy dengan tiap proses yang ada.

Supaya saat nanti memutuskan untuk jadian, kamu sudah siap dan gak ada yang merasa disesali. Nah, ternyata ada lima dampak baik yang bisa kamu rasakan, ketika menjalin PDKT secara sewajarnya dan gak terburu-buru. Apa saja? Yuk, simak poin-poinnya!

1. Punya banyak waktu untuk memantapkan hati

5 Dampak Baik Menjalin PDKT dengan Sewajarnya dan Gak Terburu-buru Ilustrasi pasangan (pexels.com/John Diez)

Ketika kamu melakukan pendekatan dengan seseorang, maka diperlukan hati yang benar-benar yakin alias tanpa keraguan. Dan rasa yakin itu tentu gak bisa didapatkan secara instan, melainkan butuh proses dan waktu yang gak sebentar.

Karena ketika hatimu sudah dirasa mantap dan siap, berarti kamu tahu kalau orang yang kamu dekati merupakan pilihan terbaik dan sesuai akan kriteriamu. Sehingga nantinya saat sampai ke tahap pacaran, tak akan ada rasa menyesal.

2. Terhindar dari kecewa dan sakit hati berkepanjangan

5 Dampak Baik Menjalin PDKT dengan Sewajarnya dan Gak Terburu-buru Ilustrasi pasangan duduk berdua (pexels.com/Budgeron Bach)

Hal yang normal dan wajar ketika kamu mengalami yang namanya gagal saat PDKT. Entah karena penolakan, terkena ghosting ataupun memang tidak adanya kecocokan. Tetapi sejak awal kamu menikmati proses yang ada dan gak berekspektasi lebih.

Sehingga kemungkinan terburuk yang bisa menimpa proses pendekatanmu, kamu diterima dengan lapang dada. Alhasil kamu pun gak mengalami namanya kekecewaan dan sakit hati yang berkepanjangan.

Baca Juga: 5 Cara Kurang Tepat Meluluhkan Hati Gebetan Ini Bikin PDKT Auto Gagal

3. Melatih kesabaran dan kepekaan

5 Dampak Baik Menjalin PDKT dengan Sewajarnya dan Gak Terburu-buru ilustrasi pasangan (pexels.com/John Diez)

Sudah berbulan-bulan lamanya kamu menjalin kedekatan dengan seseorang, pasti kamu akan menyadari bahwa ada beberapa petunjuk atau tanda yang gebetan beri. Petunjuk atau tanda tersebut akhirnya mengasah kepekaanmu dalam membaca situasi.

Kamu perlahan-lahan bisa menilai apakah sikap gebetan sebenarnya serius ataukah cuma ingin bersenang-senang saja. Jika memang serius, kamu pun bersedia bersabar sedih lebih lama agar gak ada keraguan antara kamu dan gebetan.

4. Lebih tahu sifat dan karakter terdalam masing-masing

5 Dampak Baik Menjalin PDKT dengan Sewajarnya dan Gak Terburu-buru Ilustrasi dua orang duduk berdua (unsplash.com/Clay Banks)

Dampak baik menjalin PDKT dengan sewajarnya dan gak terburu-buru ialah, kamu bisa punya banyak waktu agar lebih mengenal dan tahu bagaimana sifat asli atau karakter dari gebetan. Sehingga kamu bisa mempertimbangkan, apakah kalian lebih cocok sebagai teman ataukah lebih dari itu.

Karena biasanya saat PDKT seseorang pasti lebih menunjukkan sisi baik daripada sisi kekurangannya. Kalau kamu sudah tahu sisi kekurangan gebetan atau beberapa sifatnya, maka kamu akan punya bayangan bagaimana jika nanti kalian menjalin hubungan pacaran.

5. Lebih selektif

5 Dampak Baik Menjalin PDKT dengan Sewajarnya dan Gak Terburu-buru Ilustrasi pasangan (pexels.com/SHVETS production)

Gak menutup kemungkinan kalau kamu bisa dekat atau mencoba berkenalan dengan beberapa lawan jenis yang dirasa cocok untukmu. Sehingga kamu gak cuma terpaku pada satu orang saja saat PDKT.

Namun, hal itu dilakukan agar bisa melihat dan menilai siapakah yang menurutmu patut diperjuangkan. Dengan begitu kamu sudah menerapkan sikap selektif saat memilih calon pasangan. Sehingga memudahkanmu mendapatkan kekasih yang sesuai akan visi misi dan keinginanmu.

Nikmati proses dan alurnya sambil mempertimbangkan apakah dia layak diperjuangkan atau tidak. Karena lebih baik menunggu sedikit lebih lama daripada terburu-buru namun hubungan nantinya cepat kandas.

Baca Juga: 5 Tanda Gebetan Gak Sungguh-sungguh Memperjuangkanmu Saat PDKT

Moon Girl Photo Verified Writer Moon Girl

Writing my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya