Comscore Tracker

5 Hal Ini Bikin Proses Awal Move On Terasa Mudah, Sudahi Galaumu!

Selama ada kemauan untuk move on, pasti gak sulit, kok

Usai putus cinta, pasti salah satu hal yang terlintas di pikiranmu pertama kali adalah bagaimana cara agar lekas move on. Karena bagaimanapun juga kita harus tetap melangkah ke depan dan bangkit setelah mengalami kesedihan dan keterpurukan.

Namun, banyak juga orang yang masih bingung atau ragu untuk memulai menjalankan proses move on. Nah, berikut ini terdapat lima hal yang membuat proses awal move on bisa terasa mudah untuk kamu lakukan.

Apa saja tipsnya? Langsung simak ulasannya berikut ini, ya!

1. Mulai membuka diri berkenalan dengan orang baru

5 Hal Ini Bikin Proses Awal Move On Terasa Mudah, Sudahi Galaumu!ilustrasi dua orang mengobrol (pexels.com/Eren Li)

Untuk mengawali proses move on, kamu bisa mencobanya dengan cara membuka diri dengan tujuan berkenalan dengan orang baru. Dengan demikian, fokus dan perhatianmu bisa teralihkan pada sesuatu yang sifatnya positif.

Kamu gak perlu terburu-buru membuka hati kembali karena pasti hal itu gak mudah dilakukan. Dengan cara kamu mau bertemu atau berkenalan dengan orang baru apalagi lawan jenis, hal itu sudah menjadi langkah yang bagus untukmu menjalani proses move on.

2. Sementara ini tutup atau batasi komunikasimu dengan mantan

5 Hal Ini Bikin Proses Awal Move On Terasa Mudah, Sudahi Galaumu!ilustrasi pria menatap hp (pexels.com/cottonbro)

Gak ada yang salah dengan membatasi ataupun menutup komunikasi dengan mantan untuk sementara waktu. Jika hal itu membuatmu merasa lebih baik dan gak terus galau, maka jangan ragu untuk melakukannya.

Karena dengan begitu, kamu sama saja dengan belajar membiasakan diri untuk menjalani hari tanpa dirinya. Kamu pun jadi lebih siap serta berani menghadapi hari-hari walaupun seorang diri dengan status barumu.

Baca Juga: 7 Cara Move On dari Mantan yang Ampuh dan Teruji Secara Ilmiah

3. Isi waktu luangmu dengan kegiatan positif yang belum pernah kamu coba

5 Hal Ini Bikin Proses Awal Move On Terasa Mudah, Sudahi Galaumu!ilustrasi pria berkumpul dan bermain (pexels.com/Yan Krukov)

Karena kamu gak memiliki tambahan prioritas seperti pasangan, maka hal itu bisa menjadi sesuatu yang bagus karena kamu bisa memiliki banyak waktu luang. Oleh sebab itu, manfaatkanlah waktu luangmu dengan kegiatan yang menyenangkan dan belum pernah kamu coba sebelumnya.

Misalnya seperti mengikuti kelas memasak ataupun bergabung dengan komunitas yang membuatmu memiliki pengalaman seru dengan banyak orang baru. Dengan begini kamu pun gak ada waktu untuk galau dan siap mengawali proses move on dengan hal yang berkesan.

4. Mulai belajar memaafkan

5 Hal Ini Bikin Proses Awal Move On Terasa Mudah, Sudahi Galaumu!ilustrasi pria duduk memandang alam (pexels.com/Pixabay)

Selain memaafkan orang-orang yang pernah menyakitimu, termasuk sang mantan, jangan lupa juga untuk meminta maaf pada dirimu sendiri. Belajar memaafkan bisa membuatmu berlapang dada serta ikhlas.

Ketika ada rasa tenang dan ikhlas dalam dirimu, kamu pun akan lebih mudah untuk melakukan segalanya termasuk mengawali proses move on. Belajar memaafkan juga menjadi tanda kalau kamu mau bertumbuh jadi pribadi yang lebih dewasa. Sehingga, ketika nanti kamu sudah benar-benar move on, kamu sudah menjadi versi terbaik dirimu sendiri.

5. Berhenti kepo tentang apa pun yang berkaitan soal mantan 

5 Hal Ini Bikin Proses Awal Move On Terasa Mudah, Sudahi Galaumu!ilustrasi wanita melamun sembari memegang hp (pexels.com/Alex Green)

Walaupun kamu merasa penasaran dengan kehidupan mantan, belajarlah menahan diri untuk gak kepo dengan mantan lagi. Hal ini malah bisa membuat proses move on jadi terhambat serta gak maksimal.

Apalagi hal itu juga bisa mendatangkan rasa benci ataupun galau yang makin parah jika gak kamu hentikan sesegera mungkin. Terus memantau kehidupan mantan dari jauh malah membuatmu merasa tidak tenang.

Jika kamu mengawali proses move on dengan niat yang baik dengan berbagai sudut pandang yang positif, maka seterusnya kamu akan lebih mudah menjalaninya. Alhasil gak butuh waktu yang lama untuk kamu pulih dan bangkit sepenuhnya. Semoga berhasil, ya!

Baca Juga: 5 Kiat Mengatasi Trauma Percintaan, Move On dan Ikhlaskan!

its gracie Photo Verified Writer its gracie

Writing my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya