Comscore Tracker

Hati-hati, 5 Hal Ini Bikin Komunikasi dalam Hubungan Terhambat

Padahal komunikasi dalam hubungan itu penting banget, lho!

Komunikasi merupakan hal dasar dalam menjalani sebuah hubungan. Tanpa adanya dasar komunikasi yang kuat, maka hubungan yang ada bisa terhambat. Komunikasi yang terbangun juga diharapkan mampu menciptakan kedekatan emosional karena sikap yang bisa saling memahami satu sama lain.

Tetapi, ada masanya komunikasi menjadi terhambat atau intensitasnya berkurang. Lima hal di bawah ini bisa menjadi faktor mengapa komunikasi dalam hubungan mendadak tersendat.

1. Kesibukan yang ada membuat sulitnya mencocokkan jadwal bersama

Hati-hati, 5 Hal Ini Bikin Komunikasi dalam Hubungan TerhambatUnsplash/Andreas Klassen

Kesibukan sering menjadi alasan komunikasi yang terhambat. Padahal dalam seharian, kadang hanya dibutuhkan waktu yang tak begitu banyak untuk mengabari pasangan.

Apalagi kesibukan yang dialami kedua belah pihak, membuat jadwal yang ada sering mengalami bentrok atau ketidakcocokan hingga pada akhirnya komunikasi harus dikorbankan karena kesibukan yang terus mendesak dan sulitnya mengatur perbincangan serta pertemuan yang cukup.

2. Perbedaan karakter yang besar

Hati-hati, 5 Hal Ini Bikin Komunikasi dalam Hubungan Terhambatpulse.com.gh

Karakter pasangan tentu saja berbeda-beda, hal demikian tentu saja berpengaruh pada komunikasi yang terjalin dalam hubungan.

Jika kamu memiliki pasangan yang cuek, lebih senang berkomunikasi lewat dunia nyata, dan agak pasif ketika melakukan komunikasi lewat daring, tentunya membutuhkan kesabaran dan pengertian yang ekstra dari pasangan supaya komunikasi yang ada tidak menjadi kaku dan terus berjalan lancar.

Baca Juga: 5 Tipe Pasangan yang Harus Dipertahankan dalam Hubungan, Sudah Tahu?

3. Waktu yang ada lebih sering dipakai untuk berdebat dan bertengkar

Hati-hati, 5 Hal Ini Bikin Komunikasi dalam Hubungan Terhambatthesocialman.com

Karena masalah yang ada kerap menjadi kesempatan untuk menciptakan pertengkaran, maka komunikasi yang harusnya berjalan lancar bisa mendadak macet di tengah jalan.

Hal tersebut bisa dipicu karena perasaan pasangan yang masih kesal atau diliputi amarah karena seringnya menghadapi sebuah pertengkaran dalam hubungan hingga akhirnya berdampak pada komunikasi di dalam hubungan.

4. Terlalu tenggelam dalam hobi atau kesukaan masing-masing

Hati-hati, 5 Hal Ini Bikin Komunikasi dalam Hubungan TerhambatUnsplash/Andrew Neel

Menekuni hobi atau sesuatu yang disenangi, memang membuat kita menjadi lupa waktu. Sehingga hal demikian juga bisa menjadi faktor mengapa komunikasi dalam hubungan terhambat.

Terlalu tenggelam dalam kesukaan masing-masing, secara tak langsung mengabaikan pasangan dengan tak mendekatkan komunikasi yang seharusnya bisa berjalan dengan baik.

Hal demikian bila dibiarkan terlalu lama tanpa adanya diskusi bersama-sama bisa memicu terjadi hubungan yang renggang karena kurangnya komunikasi satu sama lain.

5. Pasangan memang bukan menjadi prioritas utama

Hati-hati, 5 Hal Ini Bikin Komunikasi dalam Hubungan Terhambatgoodhousekeeping.com

Tak semua orang dalam hubungan bisa bersikap serius dan bersungguh-sungguh. Hal ini bisa dilihat dari sikap kamu dan pasangan, sejauh mana kalian memprioritaskan pasangan dalam sela-sela kegiatannya.

Jika sejak awal hubungan kalian memang tak terlalu menjadikan pasangan prioritas penting, maka hal demikian sangat berdampak bagi kelangsungan hubungan. Sebab, komunikasi yang terbangun tak bisa berjalan dengan maksimal karena kurangnya usaha dari salah satu pihak.

Komunikasi menjadi hal utama yang harus tiap pasangan jalankan. Dengan komunikasi yang baik dan sehat, bisa menciptakan hubungan yang langgeng serta harmonis.

Baca Juga: 5 Tanda yang Tunjukkan Bahwa Kamu Terlalu Berlebihan Dalam Hubungan

Grace Kristinar Photo Verified Writer Grace Kristinar

Writing my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya