Comscore Tracker

5 Kesalahan Awal Pacaran yang Bikin Hubunganmu Perlahan Berubah Toxic!

Kesalahan poin pertama sering banget terjadi

Masa pada awal pacaran tentunya jadi momen berkesan yang bikin hati jadi terasa berbunga-bunga. Karena pada momen itu kamu tentu akan merasakan bagaimana indah dan manisnya mencintai serta dicintai.

Namun, jangan sampai karena terlalu fokus mencintai pasangan kamu jadi gak memerhatikan bagaimana caramu dan pasangan saling menunjukkan kasih sayang masing-masing.

Karena lima kesalahan awal pacaran berikut mungkin saja kamu dan pasangan lakukan, sebab kesalahan-kesalahan tersebut nantinya bisa menimbulkan banyak hal toksik di hubunganmu.

1. Terlalu bergantung pada pasangan

5 Kesalahan Awal Pacaran yang Bikin Hubunganmu Perlahan Berubah Toxic!unsplash.com/Felipe Bustillo

Masa awal pacaran mungkin membuatmu selalu rindu dengan kehadiran pasangan. Rasanya ingin menghabiskan waktu tiap menit agar selalu berada di dekatnya. Sebenarnya jika kamu keterusan melakukan itu bisa membawa masalah pada hubunganmu nantinya.

Apalagi kamu terkesan menggantungkan apa pun pada pasangan, kamu seolah gak bisa melakukannya secara mandiri walau pada kenyataannya kamu bisa.

Kalau kamu terlalu bergantung pada pasangan dan nantinya hubunganmu harus putus, bukan gak mungkin kalau kamu akan merasa terpuruk bahkan seperti gak mampu hidup tanpa dirinya.

2. Membatasi pergaulannya

5 Kesalahan Awal Pacaran yang Bikin Hubunganmu Perlahan Berubah Toxic!pexels.com/Gustavo Fring

Bersikap sangat posesif gak akan membuat pasangan merasa nyaman menjalin hubungan denganmu. Termasuk dengan cara membatasi pergaulannya, tentu kamu gak berhak melakukan hal tersebut. Karena hal itu membuktikan kalau kamu tipe pasangan yang suka mengekang dan gak berusaha menumbuhkan rasa percaya serta sikap mendukung.

Baca Juga: Takut Kehilangan Pasangan Bukan Berarti Mewajarkan 5 Hal Toksik Ini Ya

3. Menuntut banyak hal

5 Kesalahan Awal Pacaran yang Bikin Hubunganmu Perlahan Berubah Toxic!unsplash.com/REX WAY

Sebenarnya menuntut sesuatu dari pasangan harus dipikirkan baik dan buruknya. Apakah hal tersebut memang layak kamu minta atau itu hanya bagian dari keegoisanmu saja. Misalnya saja kamu meminta pasangan untuk diet ketat karena merasa malu saat pergi kencan dengannya.

Daripada menuntut, kamu bisa memberi saran serta semangat agar pasangan bisa perlahan-lahan berubah menjadi yang lebih baik lagi.

4. Mengabaikan orang terdekat karena terlalu fokus pada pasangan

5 Kesalahan Awal Pacaran yang Bikin Hubunganmu Perlahan Berubah Toxic!unsplash.com/Rochelle Leader

Walau sedang dimabuk cinta, kamu gak boleh sepenuhnya fokus pada pasangan saja. Karena pasti banyak hal penting dan baik lainnya untuk kamu kerjakan atau perhatikan. Jangan sampai karena kamu hanya mengutamakan pasangan, teman dan sahabatmu jadi terabaikan.

Misalnya saja kamu sering membatalkan janji ketemuan dengan sahabatmu hanya karena gak ingin waktu weekend-mu terlewat tanpa pasangan.

5. Harus tahu isi seluruh chat dan sosial media pasangan

5 Kesalahan Awal Pacaran yang Bikin Hubunganmu Perlahan Berubah Toxic!pexels.com/Ketut Subiyanto

Smartphone merupakan salah satu benda privasi seseorang yang harus memerlukan izin dari sang pemilik ketika kamu berniat mengaksesnya. Kalau kamu sering banget kepo dengan isi chat sampai sosial media pasanganmu, maka hal itu bisa membawa dampak yang buruk nantinya. Karena kamu gak membiasakan untuk saling menumbuhkan rasa kepercayaan dan rasa saling menghormati satu sama lain.

Selagi bisa kamu hentikan beberapa kesalahan yang sering kamu lakukan di atas, maka hal itu jauh lebih baik agar gak akan ada hal toksik yang mudah mengacaukan jalannya hubunganmu.

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Dihindari Agar Hubungan Tak Jadi Toxic Relationship 

its gracie Photo Verified Writer its gracie

Writing my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya