Comscore Tracker

5 Alasan Jangan Asal Terima Cinta Doi saat PDKT Belum Lama Berjalan

Jangan terlena dengan ucapannya #IDNTimesLife

Akhir sebuah pendekatan yang banyak orang harapan tentunya bisa menjalin hubungan yang memiliki status jelas alias berpacaran. Akan tetapi, gak semua orang siap untuk memiliki komitmen dengan seseorang. Apalagi PDKT yang dijalani belum terlalu lama dan masih butuh waktu untuk kamu bisa sepenuhnya yakin.

Oleh sebab itu, jika doi tiba-tiba menyatakan perasaannya dan mengajak jadian baiknya kamu pikirkan lagi. Sebab, terdapat lima alasan mengapa jangan asal terima cinta doi jika pendekatan kalian masih terbilang baru.

1. Kamu perlu mengenal sifat asli dan karakter masing-masing

5 Alasan Jangan Asal Terima Cinta Doi saat PDKT Belum Lama BerjalanIlustrasi pasangan (pexels.com/RODNAE Productions)

Terkadang, orang yang sudah lama mengenal dan dekat saja masih belum tahu sifat asli pasangannya. Apalagi dirimu yang belum lama PDKT dengan seseorang.

Kamu perlu mencari tahu dan mendalami karakter si dia, agar nanti kamu gak merasa terkejut da kecewa ketika tahu sifat asli doi. Oleh sebab itu, manfaatkanlah waktu PDKT semaksimal mungkin untuk bisa mendapatkan informasi tentang doi supaya hatimu bisa lebih yakin lagi.

2. Pastikan dulu apakah dia memang serius atau hanya mencari pelampiasan

5 Alasan Jangan Asal Terima Cinta Doi saat PDKT Belum Lama BerjalanIlustrasi dua orang duduk di tepi danau (unsplash.com/Aleksandra Sapozhnikova)

Kamu patut curiga jika doi yang belum lama PDKT denganmu tiba-tiba mengajakmu jadian. Karena kamu harus tahu tujuan dan niat asli dari doi agar gak merasa dibohongi. Kamu tentu bisa merasakan tanda-tanda yang sejak awal kamu kumpulkan, termasuk beberapa red flag.

Karena gak itu berguna, sebab setidaknya kamu bisa sedikit tahu tujuannya saat mengajakmu jadian. Murni karena sayang ataukah cuma mencari tempat pelampiasan.

3. Pastikan juga apakah kamu siap berkomitmen ataukah masih ragu

5 Alasan Jangan Asal Terima Cinta Doi saat PDKT Belum Lama BerjalanIlustrasi dua orang mengobrol (pexels.com/Andres Ayrton)

Memang gak ada patokan khusus berapa lama baiknya PDKT dilakukan. Namun, setidaknya kamu pasti punya kriteria tersendiri dalam menentukan waktu ideal ketika menjalani PDKT.

Jika dirasa kurang karena kamu belum siap berkomitmen, maka jangan memaksakan diri. Kamu bisa bilang secara baik-baik pada doi, kalau kamu perlu waktu lebih lama lagi untuk meyakinkan dirimu lagi.

Baca Juga: 5 Sebab Kamu Tetap Kesepian, Meski Punya Pasangan Sesuai Kriteria

4. Cek lagi apakah dia benar-benar jomlo atau diam-diam sudah punya pacar

5 Alasan Jangan Asal Terima Cinta Doi saat PDKT Belum Lama Berjalanilustrasi dua orang sedang duduk dan mengobrol (pexels.com/Monstera)

Selalu waspada dan berhati-hatilah pada siapa pun, termasuk pada doi. Bukannya berburuk sangka ataupun menuduh yang bukan-bukan. Baiknya kamu cek kembali bagaimana masa lalu dari doi atau bisa juga bertanya pada kenalan yang kamu rasa tahu sedikit tentang kehidupan percintaannya.

Pastikan kamu tahu dan yakin kalau gebetan benar-benar jomlo. Dengan begitu, gak ada masalah yang ditimbulkan oleh doi kelak.

5. Pastikan dulu apakah dia sesuai dengan kriteria yang kamu cari atau tidak

5 Alasan Jangan Asal Terima Cinta Doi saat PDKT Belum Lama BerjalanIlustrasi pasangan (pexels.com/Trần Long)

Jangan sampai menurunkan standar kriteria pasanganmu karena terburu-buru menerima pernyataan cinta dari doi. Pastikan lagi apakah benar dia orang yang butuhkan dan sesuai akan kriteria pasangan idealmu.

Karena kalau kamu menurunkan standar pasangan idealmu, nanti ditakutkan kamu akan menyesalinya karena gak ingin menunggu sedikit lebih lama. Jadi, jangan takut untuk tegas pada orang lain demi kebaikan dirimu sendiri.

Well, kalau kamu merasa ajakan untuk jadian dari doi terlalu cepat maka kamu boleh baik mempertimbangkannya atau bahkan menolaknya. Karena kamu perlu waktu untuk meyakinkan diri dan menimang-nimang agar nanti gak salah pilih pasangan.

Baca Juga: 5 Hal Patut Diwaspadai saat Pacaran, Supaya Gak Pengaruh Buruk Padamu

Moon Girl Photo Verified Writer Moon Girl

Writing my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya