Comscore Tracker

5 Alasan Komunikasi yang Baik Harus Ada dalam Hubungan

Jangan remehkan pentingnya komunikasi!

Walaupun komunikasi menjadi kunci utama keberhasilan sebuah hubungan, terutama hubungan percintaan. Namun, masih banyak orang yang meremehkan dan gak memaksimalkannya untuk bisa membangun komunikasi yang baik dan dua arah bersama pasangannya.

Akibatnya, banyak masalah yang timbul karena buruknya komunikasi hingga tak sedikit yang harus merasakan hubungannya kandas. Oleh sebab itu, kamu harus tahu ada lima sebab tak terbantahkan mengapa komunikasi yang baik harus ada dan dimiliki dalam hubungan percintaan. 

1. Bisa menghindarkan dari salah paham

5 Alasan Komunikasi yang Baik Harus Ada dalam HubunganIlustrasi pasangan (pexels.com/RODNAE Productions)

Jika sering terjadi salah paham antara kamu dan pasangan, maka hal tersebut bisa membahayakan keutuhan hubungan kalian. Karena satu sama lain bisa kehilangan informasi yang penting yang bisa merekatkan hubungan.

Karena nyatanya orang yang sering berkomunikasi saja masih bisa mengahadapi kesalahpahaman. Bagaimana jadinya jika kamu dan pasangan gak membangun komunikasi yang baik dan secara dua arah. Dengan menciptakan komunikasi yang lancar dan nyaman. Maka satu sama lain akan lebih mudah memahami keinginan dan maksud masing-masing. 

2. Meminimalisir pertengkaran serta konflik

5 Alasan Komunikasi yang Baik Harus Ada dalam HubunganIlustrasi pasangan bertengkar(pexels.com/RODNAE Productions)

Tak sedikit orang yang kadang menghindari yang namanya pertengkaran, tanpa berniat menyelesaikannya dengan pasangan. Ada pula yang sengaja melakukan silent treatment, hingga membuat pasangannya kebingungan.

Dengan menciptakan komunikasi yang baik di dalam hubungan, maka kamu sudah belajar untuk menyelesaikan masalah dengan cara berdiskusi dan memberi solusi. Sehingga sebesar apa pun pertengkaran yang kalian hadapi maka hal itu tetap bisa dihadapi dan konfliknya mampu diminimalisir.

Baca Juga: 5 Jenis Komunikasi Beracun yang Bisa Merusak Hubunganmu dan Pasangan

3. Bisa lebih saling terbuka satu sama lain

5 Alasan Komunikasi yang Baik Harus Ada dalam HubunganIlustrasi pasangan (pexels.com/SHVETS production)

Saat komunikasi bersama pasangan dibangun dengan baik dan terasa menyenangkan, maka akan lebih mudah untuk satu sama lain terbuka akan diri masing-masing. Terbuka untuk bercerita atau sekadar menyampaikan masukan yang baik untuk hubungan.

Sehingga gak ada yang ditutup-tutupi dan mengganjal di hati. Karena kamu dan pasangan secara aktif mengekspresikan perasaan dan juga kasih sayang.

4. Lebih mudah dalam menyampaikan perhatian dan kasih sayang

5 Alasan Komunikasi yang Baik Harus Ada dalam HubunganIlustrasi pasangan (unsplash.com/Courtney Kammers)

Masih banyak orang yang malu atau gengsi untuk sekadar bilang "I love you" pada pasangannya sendiri. Sebab gak terbiasa menyampaikan kalimat pujian atau cinta dalam bentuk komunikasi.

Tetapi ketika kamu dan pasangan belajar untuk secara aktif berkomunikasi dan menyampaikan perasaan masing-masing, maka gak sulit untuk sekadar bilang sayang pada pasangan. Karena sejak awal kalian sudah membangun rasa percaya dan nyaman lewat sehatnya komunikasi.

5. Membuat hubungan lebih mesra dan harmonis

5 Alasan Komunikasi yang Baik Harus Ada dalam HubunganIlustrasi pasangan (unsplash.com/Christopher Ott)

Ketika kamu dan pasangan gak lagi canggung dalam mengobrol baik secara langsung ataupun daring. Maka akan lebih mudah untuk kalian merasa dekat dan nyaman. Akhirnya akan ada banyak obrolan yang terbangun dari momen di mana kalian berdua dan menceritakan isi hati masing-masing.

Alhasil hubunganmu akan terasa harmonis, karena lebih banyak waktu yang dihabiskan untuk membicarakan hal baik. Daripada bertengkar dan membuat drama yang cuma membuang energi.

 

Coba cek hubunganmu, apakah kamu dan pasahan sudah menciptakan komunikasi yang baik serta sehat? Kalau belum, coba terapkan dan rasakan sendiri dampak positifnya, ya!

Baca Juga: 5 Tips Menjalin Komunikasi yang Baik dengan Orangtua Pasangan

Moon Girl Photo Verified Writer Moon Girl

Writing my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya