Comscore Tracker

Gak Mau Jauh-jauh, 5 Alasan Logis Kenapa Pasanganmu Bisa 'Over Clingy'

Coba deh lebih tegas pada pasangan

Pasti rasanya senang dong, kalau kamu bisa sering berdekatan sama pasangan. Tapi kamu pasti juga merasa sewaktu-waktu bosan dan ingin punya me time meskipun tengah menjalin hubungan.

Namun hal itu jadi sulit dilakukan karena kamu punya pasangan yang over clingy, alias gak bisa jauh-jauh dari kamu. Dia berusaha selalu berada di dekatmu dan parahnya bisa sangat bergantung denganmu sehingga ruang gerakmu jadi terbatas.

Lalu apa sih yang sebenarnya membuat pasanganmu bisa over clingy? Ini nih lima alasan logisnya!

1. Kamu kurang tegas menyikapi kebiasaan pasangan

Gak Mau Jauh-jauh, 5 Alasan Logis Kenapa Pasanganmu Bisa 'Over Clingy'unsplash.com/JD Mason

Gak perlu merasa takut atau ragu saat ingin menegur sikap atau kebiasaan pasangan yang menurutmu sangat mengganggu. Kalau hal itu bisa membuatmu merasa nyaman dan gak merasa tertekan lagi, maka sesekali tegaslah pada pasangan.

Sampaikan hal yang mengganjal di hatimu, sebab membiarkan sikapnya yang over clingy seolah gak membuatmu kesulitan. Justru bikin pasangan gak akan sadar apalagi introspeksi diri, kalau memang ada sikapnya yang bikin kamu jadi risi.

2. Pasangan terlalu bucin padamu

Gak Mau Jauh-jauh, 5 Alasan Logis Kenapa Pasanganmu Bisa 'Over Clingy'pexels.com/Helena Lopes

Cinta memang bisa membuat orang gak begitu jernih melihat segala sesuatunya, terlalu cinta sampai menjadi bucin memang gak begitu baik dan dianjurkan. Apalagi kalau hal itu berpengaruh pada sikap pasanganmu.

Akibatnya dirinya gak bisa jauh alias selalu lengket denganmu ke mana pun dan di mana pun. Sampai-sampai kamu merasa risi dan ingin menghindari pasangan sejenak.

3. Gak menetapkan batasan dalam hubungan

Gak Mau Jauh-jauh, 5 Alasan Logis Kenapa Pasanganmu Bisa 'Over Clingy'unsplash.com/Victoria Volkova

Penting banget buat membicarakan batasan-batasan dalam hubungan sejak awal kalian memutuskan untuk bersama. Karena dengan begitu, masing-masing dapat mengetahui apa yang membuatmu merasa nyaman atau gak nyaman.

Sehingga hal itu bisa mencegah sikap atau kebiasaan pasangan yang siapa tahu di masa mendatang bisa menyulitkanmu, termasuk saat pasangan jadi over clingy padamu.

Baca Juga: 5 Alasan Tak Perlu Tabu Bicarakan Soal Kepuasan Bercinta pada Pasangan

4. Gak membiasakannya belajar mandiri

Gak Mau Jauh-jauh, 5 Alasan Logis Kenapa Pasanganmu Bisa 'Over Clingy'pexels.com/Artem Beliaikin

Salah satu alasan logis kenapa pasanganmu jadi over clingy ialah kamu gak membiarkannya sesekali belajar mandiri. Apa pun yang pasangan minta kamu penuhi, apa pun yang pasangan butuhkan langsung kamu cari dan usahakan. Padahal belum tentu hal itu berat bagi pasangan, jadi biarkan dia dulu menyelesaikannya sebisa mungkin.

Jika terbiasa kamu penuhi dan juga selalu ada untuknya tiap waktu, gak heran kalau pasangan jadi sangat bergantung padamu serta selalu mengandalkanmu sampai-sampai gak ingin lama-lama berjauhan darimu.

5. Pasanganmu memang sangat posesif

Gak Mau Jauh-jauh, 5 Alasan Logis Kenapa Pasanganmu Bisa 'Over Clingy'unsplash.com/Shawn Tung

Penting banget buat kamu tahu bagaimana sikap pasangan yang sebenarnya sebelum menjalin hubungan. Sebab kalau kamu sudah melihat tanda-tanda pasangan sejak awal akan jadi sosok yang posesif atau mengekangmu, pasti kamu bisa mengantisipasinya.

Posesif dalam diri pasangan bisa membuatnya jadi sangat clingy padamu. Dia juga gak segan mengatur, memantau dan mengendalikan dirimu seperti apa yang dia inginkan.

Selama masih bisa dibicarakan, cobalah berdiskusi untuk menemukan solusi terbaik bersama dalam menyikapi sikap pasangan yang over clingy. Karena hal itu gak baik untuk hubungan dan bisa membuat jalinan percintaanmu jadi kurang sehat dan juga jauh dari kata menyenangkan.

Baca Juga: 5 Alasan Percaya pada Pasangan Sama Pentingnya dengan Bersikap Setia 

Moon Girl Photo Verified Writer Moon Girl

Writing my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Rully Bunga

Berita Terkini Lainnya