Comscore Tracker

5 Alasan Logis Sering Minta Break Saat Pacaran Gak Dianjurkan

#IDNTimesLife Gak menjadi penyelesaian masalah yang dewasa

Dalam hubungan asmara, terkadang break menjadi pilihan untuk sejenak merenungi sikap masing-masing alias introspeksi diri. Break juga bisa diartikan jeda atau keinginan untuk beristirahat sementara waktu dari sebuah ikatan hubungan.

Namun, gak setiap masalah dalam hubungan solusi dan jawabannya adalah break. Karena selagi bisa dibicarakan lalu bersama dicari jalan tengahnya, sebuah masalah pasti bisa diatasi dengan baik.

Jika hubunganmu sendiri sering menerapkan break karena permintaan pasangan ataupun dirimu, hal itu sebenarnya gak dianjurkan. Sebab, beberapa alasan logis berikut harus kamu simak dan ketahui.

1. Berpotensi menghadirkan orang ketiga dalam hubungan

5 Alasan Logis Sering Minta Break Saat Pacaran Gak DianjurkanIlustrasi dua orang tertawa (pexels.com/Keira Burton)

Karena break bolak-balik dilakukan, maka potensi orang ketiga hadir juga semakin besar. Sebab, dalam keadaan saling memberi ruang untuk sendiri tersebut pasti sesekali kamu merasa kesepian atau butuh suasana baru.

Jika kamu ataupun pasangan gak mengerti arti break itu sendiri, maka menerima dengan baik kehadiran orang lain bisa dianggap hal yang wajar-wajar saja. Sebab, saat itulah kamu ataupun dia merasa ada yang menggantikan ruang kosong di hati untuk sementara waktu.

2. Arti dan makna hubungan asmara itu sendiri menjadi berkurang

5 Alasan Logis Sering Minta Break Saat Pacaran Gak DianjurkanIlustrasi pasangan bergandengan (pexels.com/Samson Katt)

Sejatinya hubungan asmara itu soal kesetiaan, komitmen serta kompromi yang besar. Jika dalam hubunganmu saja sering meminta untuk break, maka ketiga hal di atas rasanya sudah kehilangan artinya. Hubunganmu justru menjadi seperti sebuah mainan, karena seusai break belum tentu kalian akan akur lagi.

Atau bahkan break yang dilakukan terlampau sangat lama dan gak ada kejelasan kapan akan berakhir, tentu saja ikatan hubungan asmaramu rasanya jadi renggang. Hingga kehilangan makna serta arti hubungan yang sesungguhnya.

3. Lebih banyak kecurigaan daripada rasa saling percaya

5 Alasan Logis Sering Minta Break Saat Pacaran Gak DianjurkanIlustrasi pasangan bertengkar (pexels.com/Alex Green)

Karena terbiasa melakukan break saat pacaran, kamu dan pasangan sangat kurang dalam berkomunikasi. Sehingga lebih banyak kecurigaan yang muncul karena kamu ataupun dia sering berasumsi sendiri tanpa berniat menanyakan langsung agar gak menjadi salah paham.

Kamu juga merasa keyakinan atau kepercayaan dalam hubungan menjadi semakin berkurang dan sedikit. Sebab, kamu ragu kalau selama break apakah satu sama lain masih bisa tetap menjaga hati atau justru tidak.

Baca Juga: 5 Bukti Kamu Sudah Harus Break dari Hubungan, Biar Gak Jadi Toxic

4. Terbiasa membiarkan masalah tanpa penyelesaian

5 Alasan Logis Sering Minta Break Saat Pacaran Gak DianjurkanIlustrasi pasangan berdebat (pexels.com/MART PRODUCTION)

Padahal hubunganmu sedang sedikit diuji masalah ataupun pertengkaran, namun kamu ataupun pasangan langsung meminta break saat itu juga. Padahal semua masih bisa diatasi dengan saling mendengarkan serta duduk bersama membicarakan masalah yang terjadi.

Sehingga akan memudahkanmu dalam menemukan solusi serta kesepakatan. Namun, karena terbiasa membiarkan atau menunda menyelesaikan masalah. Kamu dan pasangan akan tetap dan sering melakukan hal itu terus menerus, sampai masalah yang ada menjadi menumpuk dan bisa menghadirkan bom waktu.

5. Hubungan menjadi lebih mudah retak dan goyah

5 Alasan Logis Sering Minta Break Saat Pacaran Gak DianjurkanIlustrasi pertengkaran pasangan (pexels.com/Yan Krukov)

Karena kurangnya rasa percaya dan saling mendukung yang kuat sebelumnya, hubunganmu pun akan lebih mudah retak serta goyah. Sebab, apa pun masalah yang menimpa hubungan maka kamu serta pasangan gak punya kesiapan yang cukup apalagi solusi yang baik.

Karena selama ini yang dapat dilakukan hanyalah menghindari masalahnya saja. Tak ada inisiatif untuk menyelesaikannya bersama pasangan, padahal hal itu bisa dijadikan motivasi agar hubungan menjadi lebih kuat dan gak mudah hancur karena diuji beberapa masalah ataupun pertengkaran.

Break bukanlah jawaban apalagi kebiasaan yang harus kamu tanamkan tiap hubungan menghadapi masalah. Break jika tidak dilakukan dengan bijaksana hanya membuat banyak kerugian, termasuk juga bisa mengakibatkan hubungan kandas.

Baca Juga: 7 Pelajaran Berharga yang Diperoleh dari Momen Break dalam Hubungan

its gracie Photo Verified Writer its gracie

Writing my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya