Comscore Tracker

5 Hal yang Patut Disyukuri saat Lingkaran Pertemananmu Makin Mengecil

Jumlah gak masalah, yang penting kualitas pertemanannya

Satu per satu teman yang dulunya dekat dan sering banget menghabiskan waktu denganmu, sekarang jadi menjauh bahkan seolah saling gak mengenal lagi. Pada awalnya memang gak nyaman dan ketika kalian gak sengaja bertemu rasanya jadi canggung. Memang seiring waktu rasanya lingkaran pertemananmu makin mengecil, sebab teman-temanmu seolah jadi berkurang karena suatu alasan.

Tetapi, ada kok beberapa hal yang bisa kamu syukuri di balik mengecilnya lingkaran pertemananmu. Yuk, simak terus pembahasannya berikut ini!

1. Mengecilnya lingkaran pertemanan salah satu tanda kamu sudah beranjak dewasa

5 Hal yang Patut Disyukuri saat Lingkaran Pertemananmu Makin Mengecilunsplash.com/Yoel Peterson

Jangan merasa kaget atau bertanya-tanya ketika semakin dewasanya kamu, maka teman-temanmu akhirnya mulai meninggalkanmu dan mencari teman yang baru. Walau pada awalnya gak terjadi masalah apa pun, tetapi merasakan lingkaran pertemanan yang kecil itu wajar dan patut disyukuri kok.

Karena semakin kamu dewasa maka akan ada banyak perubahan baik dalam dirimu dari berbagai macam sisi, yang mungkin saja sudah gak sejalan dengan beberapa teman-temanmu.

2. Mereka yang bertahan di sisimu adalah teman-teman yang berharga

5 Hal yang Patut Disyukuri saat Lingkaran Pertemananmu Makin Mengecilunsplash.com/Muhmed El-Bank

Teman gak cuma ada atau datang di kala kamu senang atau sedang sejahtera saja, namun ketika kamu terpuruk dan sedang butuh bantuan. Bersyukurlah jika lingkaran pertemananmu makin mengecil, karena mungkin saja mereka yang perlahan menjauh bukan sosok teman yang bisa mendukungmu di berbagai situasi. Jadi fokuslah dan hargai mereka yang tetap setia berteman denganmu sampai detik ini.

Baca Juga: 6 Hal yang Gak Boleh Kamu Contoh dari Teman-temanmu 

3. Memiliki banyak teman juga akan percuma jika mereka membawa sifat toksik pada dirimu

5 Hal yang Patut Disyukuri saat Lingkaran Pertemananmu Makin Mengecilunsplash.com/Naassom Azevedo

Gak perlu lama-lama bersedih atau merasa kesepian karena beberapa temanmu jadi menjauh seiring waktu, bahkan mereka sudah memiliki teman yang baru. Karena banyak atau sedikitnya teman yang kamu miliki bukanlah segalanya, ketika mereka hanya membawa toksik dalam hidupmu. Baik karena sifat, kebiasaan dan tindakannya selama ini.

4. Jangan melihat banyaknya teman di sisimu, namun jasa dan kebaikan mereka selama ini

5 Hal yang Patut Disyukuri saat Lingkaran Pertemananmu Makin Mengecilpexels.com/ELEVATE

Gak semua teman-temanmu membawa pengaruh yang baik untukmu, teman yang mempunyai jasa serta kebaikanlah yang harus kamu syukuri keberadaannya. Meski lingkaran pertemananmu makin mengecil, namun ketika kamu masih memiliki teman-teman yang selalu berusaha menolong saat susah dan menghiburmu di kala sedih. Maka gak ada yang perlu kamu sesali, sebab merekalah yang pantas disebut teman sejati.

5. Kamu semakin lebih dekat dengan mereka, karena mengetahui siapa saja yang masih sefrekuensi denganmu

5 Hal yang Patut Disyukuri saat Lingkaran Pertemananmu Makin Mengecilunsplash.com/Courtney Cook

Biasanya seseorang memilih teman yang satu frekuensi dengan mereka, kamu mungkin saja juga menerapkan hal tersebut. Memiliki teman satu frekuensi membuatmu nyaman dan nyambung saat ngobrol bareng atau sekadar melempar candaan yang gak semua orang tahu dan tertawa saat mendengarnya. Jadi bersyukurlah kalau lingkaran pertemananmu makin mengecil, karena kamu jadi memiliki banyak waktu untuk lebih dekat dengan mereka.

Teman bisa datang dan pergi tanpa bisa kamu prediksi kapan waktunya, jadi jangan larut dalam kesedihan atau kecemasan. Karena sejatinya, berapa pun jumlah temanmu gak masalah selama kualitas pertemananmu baik.

Baca Juga: Gak Perlu Sedih dan Kepikiran, Kalau Teman Menjauhimu Karena 5 Hal Ini

Moon Girl Photo Verified Writer Moon Girl

Writing my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya