Comscore Tracker

Biar Gak Terus Tersakiti, 6 Aturan Memilih Pasangan Ini Bisa Dilakukan

Coba pertimbangkan dahulu, jangan terburu-buru ambil sikap

Nyatanya tak sedikit orang yang mengalami kegagalan ketika masuk dalam hubungan asmara. Mereka pada akhirnya kembali menelan kekecewaan dan rasa sakit akibat hubungan yang harus mengalami perpisahan karena berbagai faktor.

Salah satu hal yang membuat hubungan yang ada menjadi kandas karena karakter dan sikap pasangan yang sebenarnya lebih banyak membuat hatimu merasa sedih dan sakit ketimbang bahagia.

Namun, semua itu bisa kamu cegah, dengan memakai enam aturan berikut ini sebelum benar-benar yakin pada pasangan pilihan hatimu.

1. Ketika masa pendekatan, pastikan kamu menangkap sinyal bila memang dia punya keseriusan yang sama denganmu

Biar Gak Terus Tersakiti, 6 Aturan Memilih Pasangan Ini Bisa DilakukanPixabay/sasint

Sebelum yakin untuk melangkah ke tahap selanjutnya, pastikan kamu sudah mengantongi sinyal atau tanda bila gebetan juga menaruh keseriusan yang sama denganmu.

Sebab, hal demikian sangat penting mengingat dibutuhkan komitmen yang besar antara dua orang dalam menjalin hubungan. Jika hanya dijalankan setengah-setengah, dan hanya sekadar mencoba. Maka, hubunganmu nantinya berpotensi menemui kegagalan, dan kamu harus kembali menerima sakit hati dan kekecewaan.

2. Emosi yang sering kamu rasakan atau terima darinya adalah sedikit gambaran bagaimana nantinya dia dalam menjalin hubungan denganmu

Biar Gak Terus Tersakiti, 6 Aturan Memilih Pasangan Ini Bisa Dilakukanen.emedemujer.com

Walau terkesan remeh, nyatanya emosi seseorang bisa kamu jadikan patokan dalam memilih pasangan. Seperti bagaimana selama ini dia mengungkapkan serta menyampaikan emosinya. Apakah kebanyakan bersifat positif atau malah negatif.

Bila kamu memutuskan menjalani hubungan dengan seorang yang gampang marah serta sering memakai umpatan atau kata yang kasar. Maka, kamu perlu mempertimbangkan kembali supaya nanti tak menemui kepahitan serta kegagalan karena sikap pasangan yang membuat lelah hati.

3. Cari tahu soal asmaranya terdahulu supaya kamu lebih yakin bahwa dia tipikal pasangan yang kamu harapkan

Biar Gak Terus Tersakiti, 6 Aturan Memilih Pasangan Ini Bisa DilakukanPixabay/Averyanovphoto

Mengecek dan memeriksa bagaimana latar belakang calon pasanganmu juga menjadi sesuatu yang penting. Sebab, dari sana kamu bisa menarik kesimpulan bagaimana nantinya kamu menerima atau meyakini dirinya sebagai yang terbaik.

Walau memang sebatas masa lalu, namun secara tidak langsung masa lalu tersebut juga membentuk bagaimana kepribadian dan pola pikirnya terhadap suatu hubungan.

Belum lagi bila masih ada yang tak terselesaikan dari masa lalu gebetan, tentu saja hal demikian berpengaruh pada hubungan kedekatanmu dengannya. Karena kamu berhak waspada dan hati-hati, sebelum meyakini betul bahwa dia cukup baik untuk kamu jadikan pasangan.

Baca Juga: 5 Tips Menggaet Gebetan Kalau Kamu Belum Pernah Pacaran Sama Sekali

4. Perhatikan seberapa sering dia membuat kesalahan, sebab bisa membantumu dalam mengetahui sejauh mana tanggung jawabnya

Biar Gak Terus Tersakiti, 6 Aturan Memilih Pasangan Ini Bisa Dilakukanrd.com

Tentu saja semua orang pernah berbuat kesalahan, baik kecil maupun sampai hal yang serius. Dalam masa pendekatan, kamu bisa menilai sejauh mana sikapnya ketika berbuat kesalahan.

Lihatlah bagaimana dia mempertanggungjawabkan kesalahannya. Apakah dia sosok yang mau mengakui kesalahan dan punya niat membenahi, atau malah dia adalah sosok yang gengsi untuk mengakui kesalahan. Sehingga hal demikian bisa kamu simpulkan sendiri, bagaimana dia nantinya menjadi pasanganmu.

5. Jangan tunda atau malu untuk meminta saran dari orang yang kamu percayai

Biar Gak Terus Tersakiti, 6 Aturan Memilih Pasangan Ini Bisa DilakukanPixabay/StockSnap

Tak jarang kamu menemui rasa bimbang atau dilema dalam melakukan pendekatan dengan seseorang.

Hal tersebut wajar saja terjadi, terlebih kamu ingin hubunganmu tak mengalami kegagalan kembali. Meminta saran serta masukan dari orang yang kamu percayai bisa sedikit meringankan beban pikiran yang selama ini mengganggu. Saran atau bantuan dari orang terdekat juga berguna dalam memantapkan keputusanmu nantinya.

6. Tanyakan kembali pada dirimu sendiri, apakah kamu sudah sangat yakin atau masih terbersit rasa ragu?

Biar Gak Terus Tersakiti, 6 Aturan Memilih Pasangan Ini Bisa Dilakukankidlit.com

Tak hanya mengandalkan logika atau fakta di lapangan, nyatanya kamu sesekali juga bisa menggunakan kata hati atau intuisi sebelum membulatkan suatu keputusan.

Menanyakan pada dirimu sendiri, menjadi wujud refleksi apakah yang sebenarnya kamu rasakan atau inginkan. Bila kamu merasa masih ada keraguan walau sedikit, tak masalah untuk menunda sejenak keinginan untuk menjalin hubungan. Sebab, sedikit terlambat tak masalah daripada nantinya terburu-buru namun kenyataannya jauh dari ekspektasimu.

Memulai hubungan asmara yang serius tak cukup mengandalkan rasa keinginan yang sudah meluap-luap. Tetapi, harus didasari pertimbangan dan keputusan yang matang dalam memilih calon pasangan.

Baca Juga: 5 Alasan Logis Kamu Perlu Punya Banyak Gebetan Saat PDKT

Grace Kristinar Photo Verified Writer Grace Kristinar

Selamat datang, selamat membaca dan semoga kamu terbantu ♥ Find me on IG! @gracekristinar_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya