Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Berhenti Stalking Sosmed Mantan Bisa Membantu Move On

#IDNTimesLife Rasakan sendiri dampak positifnya

Scrolling atau stalking media sosial salah satu jadi kegiatan yang pasti cukup sering dilakukan. Dari yang cuma sekadar melepas penat atau yang cuma sedang merasa bosan saja. Nah, istilah stalking media sosial pasti jadi hal yang gak asing kamu lakukan bukan? Termasuk stalking akun media sosial si mantan.

Kamu pun pasti tahu sendiri, kalau terlalu sering stalking akun media sosial mantan bikin kamu makin kepikiran sama dia terus. Bahkan gak jarang harus merasa sakit hati saat melihat postingan atau unggahannya.

Padahal kamu bisa terbantu makin move on lho, kalau mau berusaha mengurangi bahkan berhenti stalking media sosial mantan. Mengapa  bisa demikian? Yuk, simak lima alasannya!

1. Terhindar dari penyakit hati yang bikin kamu lebih tenang

5 Alasan Mengapa Berhenti Stalking Sosmed Mantan Bisa Membantu Move Onpexels.com/Alex Green

Gak semua orang langsung bisa ikhlas dan memaafkan kesalahan yang pernah mantannya perbuat. Apalagi kamu saat usai putus merasa benci bahkan dendam dengan sosok mantan. Alhasil ketika kepo dengan kegiatan sehari-hari mantan di media sosial, kamu merasakan perasaan negatif makin memenuhimu.

Dari perasaan amarah sampai dendam terkumpul semua dalam dadamu. Tetapi, saat kamu berhenti stalking akun media sosialnya maka akan ada ketenangan yang kamu rasakan. Kamu juga akan lebih fokus dalam pemulihan hatimu dan berusaha belajar mengikhlaskan yang terjadi.

2. Gak lagi terjebak dalam kenangan buruk karena mempertanyakan mengapa harus putus

5 Alasan Mengapa Berhenti Stalking Sosmed Mantan Bisa Membantu Move Onunsplash.com/Muhammad Faiz Zulkeflee

Ketika kamu masih sering menerapkan kebiasaan stalking akun media sosial mantan, maka akan sering juga kamu mengingat kenangan buruk saat bersamanya. Alhasil kamu pun merasa gak bisa mengikhlaskannya, sebab ada perasaan yang belum dilepaskan sepenuhnya dalam hatimu.

Kamu masih mempertanyakan mengapa hubungan kalian harus berakhir begitu saja. Namun, setelah kamu belajar berhenti dari kebiasaan gak baik itu maka gak akan ada waktu lagi untuk mengingat kenangan atau kejadian buruk yang pernah kamu alami saat masih bersamanya.

3. Gak gampang overthinking

5 Alasan Mengapa Berhenti Stalking Sosmed Mantan Bisa Membantu Move Onpexels.com/Sơn Bờm

Unggahan di media sosial belum tentu mencerminkan apa yang terjadi dalam kehidupan nyatanya. Bisa saja hanya hal-hal baik yang dia bagikan ke akun media sosialnya, tapi aslinya dia sedang sangat bersedih atau punya banyak masalah yang disimpan sendiri.

Jadi ketika kamu mudah menyimpulkan perasaan atau kehidupan seseorang hanya dari unggahan yang dia bagikan ke akun media sosialnya, pasti akan membuatmu merasa pusing sendiri.

Sehingga berakhir dengan overthinking, yang membuatmu gak nyaman dan terus menerus ingin tahu soal kehidupan mantan selepas putus darimu.

Baca Juga: Benarkah Memimpikan Mantan Tanda Gagal Move On?

4. Lebih siap menerima orang baru yang hadir dalam hidupmu

5 Alasan Mengapa Berhenti Stalking Sosmed Mantan Bisa Membantu Move Onunsplash.com/Scott Broome

Berani berhenti untuk stalking akun media sosial mantan, kamu justru akan lebih siap menerima kehadiran orang baru. Sebab, kamu gak lagi terpaku pada satu sosok yang belum tentu peduli dengan kehidupanmu sekarang.

Kamu bisa melihat dan merasakan sendiri, siapa saja orang yang memang peduli dan mengahargaimu. Sehingga besar peluangnya untukmu mendapatkan seseorang yang lebih baik dari sebelumnya, sebab pengalamanmu yang lalu juga akan mengajarimu banyak hal.

5. Kamu gak lagi membandingkan kebahagiaanmu dengan si mantan

5 Alasan Mengapa Berhenti Stalking Sosmed Mantan Bisa Membantu Move Onpexels.com/Akshar Dave

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, apa yang terlihat di media sosial belum tentu sama seperti di kehidupan nyatanya. Ketika kamu melihat mantan baik-baik saja seusai putus darimu, itu bukanlah suatu patokan untuk membandingkan siapakah yang lebih bahagia setelah gak bersama-sama lagi.

Justru dengan melakukan hal itu, kamu gak bisa melihat kebahagiaan lain yang hadir dalam hidupmu. Sebab, kamu lebih fokus pada kehidupan orang lain yang belum tentu pada kenyataan lebih baik dan bahagia dari dirimu.

Putus cinta memang menyakitkan, namun akan lebih menyiksa dirimu sendiri saat kamu gak ingin berusaha belajar melepas serta mengikhlaskan.

Baca Juga: 5 Tanda Mantan Sudah Benar-benar Move On, Gak Usah Stalking Lagi!

Moon Girl Photo Verified Writer Moon Girl

Writing my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya