Comscore Tracker

6 Cara Bijak Sikapi Teman yang Gemar Bergosip, Jangan Terjebak Toksik!

Hobi gosip itu gak baik lho!

Kegiatan bergosip merupakan hal yang tidak baik sebab, membicarakan seseorang atau sesuatu dengan berbagai asumsi atau fakta yang belum sepenuhnya benar dan valid. Senang bergosip menjadi salah satu ciri orang yang mudah termakan kabar burung atau bohong. Mereka yang senang bergosip juga tidak memikirkan dampak dari senang membicarakan orang lain atau sesuatu yang berpotensi menyakiti hati atau merugikan yang bersangkutan.

Nah, supaya kamu tidak terjebak toksik oleh orang atau teman yang senang bergosip, berikut enam cara yang bijak untuk menyikapinya.

1. Ketika temanmu memulai sebuah gosip ada baiknya untuk menahan diri agar tidak ikut terbawa suasana

6 Cara Bijak Sikapi Teman yang Gemar Bergosip, Jangan Terjebak Toksik!Pexels/ELEVATE

Salah satu cara terbaik menghindari hal toksik adalah dengan menahan diri tidak terbawa suasana di dalamnya, termasuk saat teman-temanmu sedang bergosip. Pastikan kamu hanya sebagai pendengar saja, yang menganggap hal tersebut hanya angin lalu.

Jangan sampai menjadi pribadi negatif yang akhirnya ikut menjadi penggosip, karena belum tentu seratus persen apa yang disampaikan teman-temanmu dalam sebuah gosip adalah fakta sebenarnya. Apalagi membicarakan seseorang sebenarnya bukanlah sikap yang terpuji.

2. Jagalah privasimu sebaik-baiknya

6 Cara Bijak Sikapi Teman yang Gemar Bergosip, Jangan Terjebak Toksik!Pexels/Afta Putta Gunawan

Jangan membuka cerita atau masalah pribadi pada sembarang orang, terutama bagi mereka yang gemar bergosip. Sebab, mereka yang senang bergosip akan menjadikan ceritamu sebagai bahan pembicaraan selanjutnya, yang berpotensi diubah dari fakta sebenarnya agar kegiatan bergosip lebih menarik. Sehingga menjaga privasi dengan bijak adalah sikap yang tepat. Agar tidak disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

3. Jaga jarak alias jangan sering berkumpul dengan teman-teman yang senang bergosip

6 Cara Bijak Sikapi Teman yang Gemar Bergosip, Jangan Terjebak Toksik!Pixabay/jamesoladujoye

Saat kamu mulai merasa tidak nyaman atau terganggu dengan sikap teman-temanmu, ada baiknya untuk tidak sering melakukan interaksi bersama mereka. Menjaga diri serta jarak adalah sikap yang tepat untuk menghindari teman toksik yang gemar bergosip.

Sebab, kehadiran teman-teman yang hanya membawa dampak buruk serta merugikan orang sekitar apalagi dirimu, memang tak sepatutnya kamu masukkan dalam lingkaran pertemananmu.

Baca Juga: Setelah WFH Berakhir, 8 Hal Ini Bisa Jadi Bahan Sharing Ke Teman-Teman

4. Sesekali tanyakan kebenarannya, sekadar memastikan apa yang temanmu katakan bukan sekadar gosip belaka

6 Cara Bijak Sikapi Teman yang Gemar Bergosip, Jangan Terjebak Toksik!Pexels/cottonbro

Sesekali tanyakan kebenaran dari cerita yang disampaikan teman padamu, jangan mudah menelan informasi atau cerita yang tidak jelas. Bertanya kebenarannya seolah memberi kode, bahwa kamu ingin teman-temanmu menyaring ucapan terlebih dahulu sebelum mereka menyampaikannya, apalagi yang bersifat pribadi atau urusan seseorang.

Jangan biarkan kebiasaan bergosip bertumbuh subur pada lingkungan sekitarmu, jika kamu bisa mencegahnya maka jangan ragu melakukannya.

5. Tunjukan sikap tidak nyaman saat teman mengajakmu ikut bergosip

6 Cara Bijak Sikapi Teman yang Gemar Bergosip, Jangan Terjebak Toksik!Pexels/Helena Lopes

Bersikap tegas pada teman-teman atau lingkungan yang senang sekali bergosip adalah tindakan yang tepat. Bersikap tegas merupakan tanda kamu seorang yang tidak mudah menyerap hal negatif dari orang sekitar.

Tak masalah mengatakan keberatan pada temanmu yang bergosip, apalagi jika hal yang digosipkan sudah sangat keterlaluan dan tidak baik terus-menerus disampaikan. Karena berkumpul dengan para penggosip berpotensi membuatmu menjadi bahan pembicaraan suatu saat nanti.

6. Berinteraksilah dengan lingkungan yang positif dan jangan habiskan energi dengan sosok toksik

6 Cara Bijak Sikapi Teman yang Gemar Bergosip, Jangan Terjebak Toksik!Pexels/fauxels

Daripada menghabiskan energi dan waktu berkumpul atau berinteraksi dengan teman toksik yang senang bergosip, ada baiknya untuk memilih lingkungan pertemanan yang nyaman dan positif.

Jangan berlama-lama dan menahan diri untuk terus berada dalam pergaulan yang negatif, menjauhi dan lebih memilih beraktivitas bersama teman-teman yang membawa dampak baik akan jauh lebih menguntungkan, karena lebih bermanfaat bagi dirimu sendiri.

Lebih baik simpan energimu untuk kegiatan dan lingkungan pertemanan positif, jauhi teman toksik termasuk teman yang gemar bergosip.

Baca Juga: 5 Hal Sepele yang Dapat Membuatmu Dijauhi oleh Teman-teman

its gracie Photo Verified Writer its gracie

Writing my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya