Comscore Tracker

5 Cara Hadapi Sahabat yang Suka Overthinking, Tawarkan Bantuan Ya!

Tetap dukung sahabat secara penuh, ya!

Overthinking memang membuat diri sendiri mengalami kesusahan, karena dari sanalah timbul pikiran-pikiran negatif. Overthinking juga membuat seseorang kesulitan fokus atau malah merasa sangat sedih.

Jika orang terdekatmu layaknya sahabat merupakan sosok yang suka atau mudah overthinking. Ada baiknya kamu mengetahui lima cara berikut dalam menghadapinya, agar sahabatmu tak terus-menerus hidup dalam overthinking.

1. Tenangkan dia

5 Cara Hadapi Sahabat yang Suka Overthinking, Tawarkan Bantuan Ya!Unsplash/Ben Turnbull

Orang yang overthinking cenderung gelisah atau merasakan cemas berlebihan, sehingga cara menghadapinya dengan berusaha menenangkan sahabatmu. Katakan padanya jika semuanya pasti baik-baik saja atau kamu juga bisa memberikan sahabatmu pelukan agar dia lebih tenang.

2. Hibur dia atau ajaklah bersenang-senang

5 Cara Hadapi Sahabat yang Suka Overthinking, Tawarkan Bantuan Ya!Pexels/Helena Lopes

Berilah dia humor atau sekadar membagikan postingan di media sosial yang menurutmu cukup lucu dan menghibur. Sehingga sahabatmu tak lagi berfokus pada overthinking-nya, kamu juga bisa mengajak sahabatmu hangout di tempat yang menarik dan menyenangkan. Agar sejenak ia bisa melupakan apa yang menjadi beban pikirannya.

Baca Juga: 5 Alasan Jangan Ragu Menegur Sahabat yang Terlanjur Jadi Toxic Person

3. Berikan dukungan penuh

5 Cara Hadapi Sahabat yang Suka Overthinking, Tawarkan Bantuan Ya!Unsplash/Sammie Vasquez

Jika sahabatmu sedang mengalami overthinking, ada baiknya kamu memberinya dukungan secara penuh. Berikan kata-kata yang memotivasi atau menenangkannya, agar sahabatmu tak lagi berlarut-larut dalam pikiran negatifnya.

4. Jadilah pendengar yang baik

5 Cara Hadapi Sahabat yang Suka Overthinking, Tawarkan Bantuan Ya!Pexels/Darwis Alwan

Saat sahabatmu tengah mengalami overthinking, tawarkan dia bantuan meski sekadar mendengarkannya bercerita. Jadilah pendengar yang baik dan tidak menghakiminya, biarkan sahabatmu menuntaskan cerita atau sampai dia merasa benar-benar lega.

5. Berikan saran dan solusi terbaikmu

5 Cara Hadapi Sahabat yang Suka Overthinking, Tawarkan Bantuan Ya!Unsplash/Darya Skuratovich

Kamu juga bisa membantu sahabat yang suka overthinking dengan memberinya saran atau solusi. Atas apa yang menjadi sumber pikiran negatif sahabatmu, sehingga dengan begitu sahabatmu lekas membaik dan mampu mengurangi overthinking-nya.

Teruslah mendukung dan berada di sisi sahabatmu, karena saat dia overthinking maka yang dia butuhkan ialah hal atau seseorang yang mampu menenangkan dirinya.

Baca Juga: Berikan Perhatian, 5 Ciri Sahabat Tengah Kesepian dan Butuh Dukungan

Moon Girl Photo Verified Writer Moon Girl

Writing my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya