Comscore Tracker

5 Cara Hentikan Silent Treatment yang Biasa Kamu Lakukan Pada Pasangan

#IDNTimesLife Hayo, ini kebiasaan burukmu gak?

Kalau kamu sering melakukan silent treatment pada pasangan, maka ada baiknya segera hentikan kebiasaan buruk tersebut. Sebab, mendiamkan pasangan tanpa alasan dengan rentang waktu yang gak pasti bisa berimbas buruk pada hubungan. 

Karena dengan diam saja gak akan menyelesaikan apa pun, kecuali bertambahnya masalah yang timbul akibat salah paham yang terjadi. 

Nah, untuk menghentikan kebiasaan silent treatment pada pasangan maka lima cara berikut bisa kamu tiru dan terapkan.

1. Jangan menyepelekan komunikasi

5 Cara Hentikan Silent Treatment yang Biasa Kamu Lakukan Pada Pasanganunsplash.com/Helene Immel

Diam bukanlah pilihan yang terbaik, selama kamu dan pasangan masih bisa mengkomunikasikannya, maka jangan tutup mata akan hal itu. Sering mendiamkan pasangan tanpa kejelasan dan berlarut-larut hanya akan membuatnya merasa gak dihargai. Karena pasangan akan mengira kalau kamu gak begitu peduli dengannya.

2. Ingatlah kalau silent treatment bukanlah cara untuk menghukum pasangan

5 Cara Hentikan Silent Treatment yang Biasa Kamu Lakukan Pada Pasanganpexels.com/Elina Sazonova

Jika pasangan melakukan suatu kesalahan, jangan menghukumnya dengan cara melakukan silent treatment. Kalau kamu melakukan itu, maka pasangan gak akan pernah tahu dan belajar untuk memperbaiki kesalahannya. 

Daripada mendiamkan pasangan, lebih baik jika kamu menegur dan menasihatinya baik-baik. Sehingga pasangan berusaha untuk berubah dan gak mengulangi kesalahannya lagi.

3. Belajar terbuka dan menyampaikan apa yang kamu rasakan dari hati ke hati

5 Cara Hentikan Silent Treatment yang Biasa Kamu Lakukan Pada Pasanganpexels.com/tom balabaud

Walau kamu gak begitu pandai mengungkapkan ekspresi perasaan lewat ucapan atau kata-kata. Kamu gak perlu merangkai kalimat yang bagus dan indah, cukup dengan bersikap terbuka serta sampaikan apa kegelisahan atau perasaanmu pada pasangan.

Kalau disampaikan dengan baik dan jujur, pasti pasangan akan memahaminya. Sehingga gak ada lagi kesalahpahaman karena kamu terlalu tertutup dan pasangan sibuk menerka-nerka apa yang sebenarnya kamu rasakan.

Baca Juga: 5 Tips Elegan Mengatasi Rasa Cemburu dalam Hubungan Romantis 

4. Jika ingin sementara sendiri, mintalah jeda waktu secara baik-baik pada pasangan

5 Cara Hentikan Silent Treatment yang Biasa Kamu Lakukan Pada Pasanganpexels.com/cottonbro

Kalau memang kamu ingin sendirian dulu, maka mintalah jeda waktu pada pasangan secara baik-baik. Pasti pasangan akan mengerti dan mengizinkannya, daripada secara mendadak kamu diam saja seolah hilang entah ke mana. 

Alhasil pasangan jadi curiga dan berpikir yang macam-macam, namun berbeda halnya ketika kamu sudah secara terbuka meminta waktu sendirian untuk menenangkan diri dalam rentang waktu yang sudah kalian sepakati.

5. Jangan mudah menyimpulkan apa pun sebelum kamu dan pasangan saling berdiskusi

5 Cara Hentikan Silent Treatment yang Biasa Kamu Lakukan Pada Pasanganpexels.com/Angel Balderas Nieves

Mungkin sikap diammu adalah bentuk protes atau ketidaksukaan terhadap hal yang dilakukan pasangan, kamu justru terlalu cepat menyimpulkan sesuatu tanpa diskusi terlebih dahulu. 

Kalau demikian kebiasaan yang sering kamu lakukan, maka bukan gak mungkin nanti hubunganmu terancam keutuhannya. Akibat sikapmu yang membuat pasangan selalu bingung dan bertanya-tanya.

Yuk, selama kamu ada keinginan untuk mengubah kebiasaan tersebut maka lakukanlah segera. Supaya kamu dan pasangan sama-sama nyaman menjalin hubungan yang sehat dan harmonis.

Baca Juga: 5 Tips Memiliki Hubungan Komunikasi yang Baik dengan Pasangan, Catat!

Moon Girl Photo Verified Writer Moon Girl

Writing my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya