Comscore Tracker

5 Cara Mudah Hilangkan Rasa Menyesal Usai Tinggalkan Hubungan Toksik

Keputusanmu buat pisah udah tepat, kok!

Meski berat, putus hubungan dari seseorang yang nyatanya hanya membawa dampak buruk padamu juga memiliki kesulitannya tersendiri. Perasaan menyesal pada awalnya memang kamu rasakan, menyesal karena sudah meninggalkan orang yang kamu cinta atau karena selama ini bertindak kurang tegas saat pasangan dirasa sudah melakukan hal yang tidak baik dalam hubungan.

Oleh karena itu, lima cara berikut bisa kamu terapkan supaya perasaan menyesal yang kamu alami setelah putus dari hubungan toksik sedikit demi sedikit bisa kamu hilangkan.

1. Hindari berkomunikasi dengan mantan untuk beberapa waktu

5 Cara Mudah Hilangkan Rasa Menyesal Usai Tinggalkan Hubungan ToksikPexels/Jens Mahnke

Godaan untuk mencoba menghubungi mantan akan terasa saat kamu baru saja mengakhiri hubungan dengannya. Hal tersebut sebenarnya sangat wajar, mengingat kamu selama ini terbiasa bertukar kabar dengannya.

Jika kamu merasakan perasaan menyesal setelah putus dengannya, ada baiknya menghindari berkomunikasi dengan mantan untuk beberapa waktu. Menenangkan diri jauh lebih disarankan agar tak terus-menerus menyalahkan keadaan dan dirimu sendiri.

2. Minta saran atau dukungan orang terdekat

5 Cara Mudah Hilangkan Rasa Menyesal Usai Tinggalkan Hubungan ToksikPixabay/StockSnap

Curhat pada orang yang tepat akan membuatmu merasa lebih lepas dalam meluapkan perasaan yang selama ini kamu pendam. Termasuk perasaan sedih serta menyesal setelah kamu berhasil meninggalkan hubungan toksik.

Jangan ragu untuk membagikan kisahmu pada orang terdekat atau sekadar meminta dukungan agar lebih ikhlas dan kuat dalam menghadapi hari-hari selanjutnya.

Baca Juga: 5 Perasaan Negatif yang Bisa Muncul Setelah Putus, Ayo Atasi! 

3. Tak memaksakan diri untuk lekas move on

5 Cara Mudah Hilangkan Rasa Menyesal Usai Tinggalkan Hubungan ToksikPexels/Thnh Phng

Meksipun terasa menyakitkan setelah berpisah dengan orang yang sangat dicintai, kamu tak perlu memaksakan diri untuk segera melupakannya. Karena semakin kamu memaksakan diri, perasaan sedih dan menyesal tak dapat kamu hindari.

4. Pergi berlibur

5 Cara Mudah Hilangkan Rasa Menyesal Usai Tinggalkan Hubungan ToksikUnsplash/Erik Odiin

Tak ada salahnya menyisihkan sebagian pendapatanmu atau menggunakan beberapa jumlah uang yang telah lama kamu tabung selama ini.

Seperti dipakai untuk pergi berlibur, karena menyibukkan diri dengan hal yang cukup menyenangkan mampu membuatmu melupakan sejenak perasaan sedih atau menyesal yang ada. 

Pikiranmu akan semakin terbuka dan perasaan senang akan timbul sehingga membuatmu bersyukur atas apa yang telah kamu lalui dan lakukan selama ini.

5. Isi waktu luang dengan menekuni hobi

5 Cara Mudah Hilangkan Rasa Menyesal Usai Tinggalkan Hubungan ToksikPixabay/sasint

Jika selama ini saat kamu berada dalam hubungan merasa terbatas dan kurang leluasa menjalani hobimu. Maka, selepas berpisah dengan mantan kamu memiliki banyak kesempatan dan waktu untuk mengembangkan dan menekuni hobi atau hal yang kamu sukai.

Tak perlu berlarut-larut berada dalam perasaan menyesal, karena lepas dari hubungan yang gak sehat adalah salah satu langkah awal kamu berkembang menjadi pribadi yang lebih bijak dan dewasa.

Baca Juga: 7 Cara Move On Menurut Peneliti, Teruji Secara Ilmiah

Moon Girl Photo Verified Writer Moon Girl

Writing my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya