Comscore Tracker

5 Cara Simpel Menghilangkan Rasa Bersalah Setelah Memutuskan Hubungan

Keputusanmu pasti yang terbaik!

Putus cinta jadi fase yang paling menyakitkan jika hal itu kamu lewati dalam hidup, apalagi kamu harus berpisah dari seseorang yang benar-benar kamu kasihi. Sudah pasti hal itu jadi momen yang berat sekaligus menyedihkan yang pernah kamu hadapi.

Ada banyak hal, alasan, atau faktor yang membuat seseorang menjadi mantap untuk memutuskan hubungan dengan pasangannya. Walau dengan harapan bisa menjadi pribadi lebih baik setelahnya, tapi gak dimungkiri ada perasaan bersalah yang timbul di hatimu.

Tapi kamu gak perlu khawatir, sebab ada lima cara simpel untuk menghilangkan rasa bersalah setelah kamu memutuskan hubungan. Yuk, langsung cek poin-poinnya!

1. Ingat lagi motivasi dan keinginan awalmu ketika memutuskan berpisah

5 Cara Simpel Menghilangkan Rasa Bersalah Setelah Memutuskan Hubunganunsplash.com/Ivana Cajina

Gak masalah kalau tiba-tiba kamu merasa bersalah setelah memutuskan hubungan, cobalah ingat lagi apa motivasi dan keinginan awalmu ketika mantap ingin berpisah dengannya.

Misalnya saja kamu sudah gak tahan dengan sikap kasar dan semena-menanya, kamu bertekad untuk lepas dari hubungan toksik serta mulai belajar mencintai diri sendiri. Maka pakailah itu sebagai pengingat untukmu, agar kamu gak berlarut-larut dalam rasa bersalah kepada sang mantan.

2. Ingatlah bahwa gak cuma dia pihak yang akan merasa patah hati dan bersedih

5 Cara Simpel Menghilangkan Rasa Bersalah Setelah Memutuskan Hubunganpexels.com/Andrea Piacquadio

Mungkin rasa bersalahmu timbul akibat merasa kasihan dan terus kepikiran soal keadaannya sekarang. Tapi kamu harus tahu, jika sakit hati yang sedang dia alami juga kamu rasakan sekarang.

Fase yang gak menyenangkan itu pasti kalian lewati dan lalui, kamu gak perlu merasa bersalah karena merasa telah menyakitinya. Selama caramu dalam berpisah sudah sebaik-baiknya maka gak perlu ada yang harus kamu khawatirkan, kok.

Baca Juga: 5 Cara Sederhana Mengatasi Suasana Hati yang Buruk Setelah Putus Cinta

3. Atur me time buat menenangkan diri

5 Cara Simpel Menghilangkan Rasa Bersalah Setelah Memutuskan Hubunganunsplash.com/Elijah O'Donnell

Ada waktunya buat kamu menenangkan diri dengan cara yang kamu sukai serta membuatmu nyaman. Entah dengan seharian menonton film atau sekadar merebahkan diri di atas ranjangmu, apa pun itu selama positif dan baik maka lakukanlah.

Dengan begitu kamu akan lebih tenang alias gak bersikap emosional, kamu juga dapat berpikir dengan lebih jernih dan stabil. Hingga kamu menyadari kalau keputusanmu untuk berpisah bukanlah hal yang keliru dan kamu gak perlu terlalu lama merasa bersalah.

4. Curhat kepada orang kepercayaanmu

5 Cara Simpel Menghilangkan Rasa Bersalah Setelah Memutuskan Hubunganpexels.com/cottonbro

Bercerita bisa sedikit meringankan beban yang kamu rasakan di dada, karena dengan bercerita kamu bisa meluapkan apa yang kamu pendam dalam hati. Apalagi jika kamu bercerita pada orang yang kamu percayai, pasti akan lebih mudah dalam menyampaikan apa yang kamu rasakan.

Dengan begitu, teman curhatmu akan memberikan semangat, motivasi, dan saran yang bagus untukmu. Sehingga rasa bersalah itu gak akan lagi datang mengusikmu.

5. Selama keputusan berpisah itu yang terbaik maka kamu harus bersyukur karenanya

5 Cara Simpel Menghilangkan Rasa Bersalah Setelah Memutuskan Hubunganpexels.com/Min An

Gak perlu merasa bersalah jika keputusan untuk pisah adalah yang terbaik untukmu dan dirinya. Daripada kamu bertahan dalam hubungan yang gak pasti atau beracun, lebih baik kamu mengakhirinya dan mulai menata hidup kembali.

Jangan lupa untuk bersyukur, karena walaupun kamu berjalan tanpanya ternyata hidupmu masih baik-baik saja. Jadi, gak ada alasan buatmu terus merasa bersalah setelah memutuskan hubungan, ya.

 

Well, memang awalnya sangat menyiksa dan sulit karena emosimu masih belum stabil. Tapi jika kamu mau belajar menerima dan berdamai, pasti perasaan bersalah itu akan hilang dengan seiring berjalannya waktu.

Baca Juga: 5 Alasan Logis Kenapa Setelah Putus Cinta Kamu Merasa Sangat Kesepian

Moon Girl Photo Verified Writer Moon Girl

Writing my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya