Comscore Tracker

6 Cara Tepat Hentikan Kebiasaan Pertengkaran Gak Sehat dalam Hubungan

#IDNTimesLife Yuk, langsung cek poin-poinnya!

Pertengkaran yang gak sehat bisa membawa banyak dampak buruk dalam hubungan, apalagi kalau hal tersebut biasa kamu dan pasangan lakukan. Pertengkaran yang gak sehat dan terus dibiarkan terjadi juga akan berpengaruh pada keutuhan hubunganmu sendiri.

Jadi, sebelum makin parah maka gak ada salahnya coba menghentikan kebiasaan tersebut dengan enam cara berikut ini. Agar pertengkaran gak sehat dalam hubunganmu bisa lekas diperbaiki dan satu sama lain lebih dewasa dalam menyikapinya.

1. Saat pertengkaran makin gak terkendali, cobalah untuk mengalah

6 Cara Tepat Hentikan Kebiasaan Pertengkaran Gak Sehat dalam Hubunganunsplash.com/Alan Quirvan

Ketika kamu menghadapi pertengkaran bersama pasangan dan situasi kurang terkendali, maka cobalah untuk mengalah agar suasana kembali kondusif. Sebab, mempertahankan opini atau pendapat masing-masing hanya akan menimbulkan ketegangan di antara kamu dan dia. 

Belajar saling mengalah bukanlah masalah, selama setelah itu kamu dan dia mau duduk bersama untuk menyelesaikan lagi pertengkaran dengan lebih tenang.

2. Berkomitmen untuk menyelesaikan pertengkaran bersama

6 Cara Tepat Hentikan Kebiasaan Pertengkaran Gak Sehat dalam Hubunganpexels.com/Khoa Võ

Walau pertengkaran terasa melelahkan bagimu dan pasangan, jangan lupa untuk tetap ingat komitmen awal kalian. Untuk bersama-sama menyelesaikannya dengan cara baik-baik. Memegang komitmen bersama sangat diperlukan, supaya kamu dan dia tetap kompak menjaga keharmonisan walau hubunganmu beberapa kali diterpa pertengkaran.

3. Gak mengungkit kesalahan masa lalu satu sama lain

6 Cara Tepat Hentikan Kebiasaan Pertengkaran Gak Sehat dalam Hubunganpexels.com/Ketut Subiyanto

Ketika kamu dan pasangan sedang bertengkar maka hentikanlah kebiasaan saling mengungkit kesalahan masa lalu. Sebab bukannya fokus dengan akar pertengkaran kalian bermula, justru masalah bisa bertambah akibat terpancing emosi atas ketidaksukaan satu sama lain ketika kesalahan masa lalunya diungkit kembali.

Baca Juga: Prediksi Asmara Zodiak Pekan Kedua Desember 2020, Libra Bertengkar!

4. Ambil jeda waktu sementara daripada bersikap mendiamkan pasangan

6 Cara Tepat Hentikan Kebiasaan Pertengkaran Gak Sehat dalam Hubunganpexels.com/Stacey Gabrielle Koenitz Rozells

Daripada kamu dan pasangan saling mendiamkan, cobalah untuk meminta jeda waktu sementara untuk menenangkan diri. Sehingga pertengkaran yang ada gak terabaikan secara sengaja begitu saja. Setelah dirasa masing-masing siap mengatasi masalah dan pertengkaran, maka akan lebih mudah untuk sama lain untuk menyelesaikannya.

5. Utamakan sikap saling mendengarkan

6 Cara Tepat Hentikan Kebiasaan Pertengkaran Gak Sehat dalam Hubunganpexels.com/Lina Kivaka

Daripada saling adu mulut atau mempertahankan pendapat masing-masing dengan enggan mengalah. Cobalah untuk lebih banyak mendengarkan daripada berbicara, sebab dengan mendengarkan kamu akan memahami apa masalah serta keinginan satu sama lain. Sehingga akan lebih mudah nantinya untuk mengatasi pertengkaran yang kalian hadapi.

6. Belajar memaafkan satu sama lain

6 Cara Tepat Hentikan Kebiasaan Pertengkaran Gak Sehat dalam Hubunganpexels.com/Matheus Alves

Setelah pertengkaran reda dan selesai, jangan lupa untuk saling meminta maaf serta memaafkan satu sama lain. Apresiasi juga sikap pasangan yang mau berkompromi dengan keadaan supaya pertengkaran yang ada gak jadi berlarut-larut. Dengan begitu kalian akan menyadari, kalau satu sama lain masih saling membutuhkan dan menyayangi.

Ternyata gak sulit bukan? Selama kamu dan pasangan konsisten dan berkomitmen dalam menerapkan poin-poin di atas.

Baca Juga: 6 Kesalahan yang Gak Boleh Dilakukan saat Bertengkar dengan Pasangan

Moon Girl Photo Verified Writer Moon Girl

Writing my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya