Comscore Tracker

5 Cara Tepat Mendukung Sahabat Saat Bersedih, Bikin Ikatan Makin Erat

Jadilah sahabat terbaik!

Sahabat menjadi bagian penting dalam kehidupan, kehadiran sahabat juga yang membentuk kepribadian dan pola pikir kita menjadi lebih baik. Mereka juga jadi sosok penyemangat yang punya kontribusi besar dalam tiap perjalanan hidup. Tetapi, ada kalanya juga sahabat berada di titik terendahnya dan kita sosok terdekat yang harus memiliki inisiatif yang besar untuk membantunya bangkit.

Berikut ini ada lima hal yang harus dipahami dengan baik untuk mendukung sahabat secara tepat agar ikatan persahabatan yang ada makin kuat.

1. Dengarkan dengan baik apa yang sahabat sampaikan atau ceritakan sampai tuntas

5 Cara Tepat Mendukung Sahabat Saat Bersedih, Bikin Ikatan Makin EratPexels/Andrea Piacquadio

Kadang sahabat tak harus mendapatkan saran atau solusi paling terbaik tetapi, sebuah sosok yang mampu mendengarkannya dengan baik segenap perasaan yang tercurahkan melalui kata demi kata. Ketika sahabat sedang sedih atau meminta sebuah dukungan maka, mintalah dia bercerita dengan tujuan meringankan segala beban yang terpendam di hati. Mendengarkan dan menyimak dengan baik apa yang sahabat sampaikan, menjadi bukti bahwa kamu adalah sosok yang perhatian dan peduli pada kondisi sahabat.

2. Berikan kontak fisik sederhana dan tunggulah sampai sahabat meminta sendiri nasihat atau masukan darimu

5 Cara Tepat Mendukung Sahabat Saat Bersedih, Bikin Ikatan Makin EratPexels/Andrea Piacquadio

Ketika tuntas mendengarkan apa yang sahabat sampaikan, kamu bisa sedikit memberikan usapan pada punggungnya atau pelukan hangat dalam artian kamu mendukungnya dengan penuh. Jika sahabat sudah terlihat lebih membaik maka, tunggulah sampai dia meminta saran atau nasihat darimu sendiri.

Kamu bisa sampaikan masukan atau saran apa yang terbaik dari sudut pandang atau perasaanmu untuk sahabat terima. Sampaikan dengan sejujurnya dan terbuka, sampaikan dari hati ke hati. Biarkan sahabat sendiri yang merasakan empati dan ketulusan hatimu dari caramu memberikannya sebuah dukungan moril lewat nasihat serta masukan yang dirasa baik untuknya.

3. Jangan sampaikan kalimat atau kata yang menghakiminya

5 Cara Tepat Mendukung Sahabat Saat Bersedih, Bikin Ikatan Makin EratPexels/Andrea Piacquadio

Kadang sahabat tak luput melakukan kesalahan atau kekeliruan yang bisa disengaja atau tidak. Hal demikian membuat diri kita menjadi sedikit emosi sehingga tak jarang bisa mengeluarkan kata yang sebenarnya hanya memperburuk keadaan. Tetapi, ada baiknya untuk menahan sikap tersebut.

Sahabat yang sedang butuh dukungan atau motivasi biasanya tengah dalam kondisi yang tidak baik-baik saja, jadi dianjurkan untuk menyampaikan kalimat yang tidak mengandung unsur menghina atau menghakiminya. Sebab, saat kita sampaikan secara baik-baik dan penuh pengertian maka, sahabat akan lekas memahami maksudmu dan tentunya kesalahannya sendiri.

Baca Juga: 5 Alasan Klasik yang Bikin Banyak Orang Gak Mau Pacaran Sama Sahabat

4. Ajaklah sahabat untuk bersenang-senang sejenak sekadar menghibur hatinya

5 Cara Tepat Mendukung Sahabat Saat Bersedih, Bikin Ikatan Makin EratPexels/Marx Ilagan

Mengajak sahabat untuk sekadar bepergian sejenak atau membawakannya sesuatu yang dia sukai bisa meningkatkan mood. Yang mana bisa membuat perasaan jauh lebih baik lagi. Ketika sahabat sedang sedih atau kehilangan semangat, kadang tak harus selalu dengan mendengarkannya bercerita. Tetapi, bisa dengan mengajaknya bersenang-senang sejenak dengan tujuan menghibur hatinya, yang mana menandakan dirinya tak sendirian menghadapi semua ini. Masih ada kamu, sebagai sahabat yang siap menghibur dan mendukungnya selalu.

5. Berikan apresiasi dan pujian pada sahabat atas kerja keras serta usahanya

5 Cara Tepat Mendukung Sahabat Saat Bersedih, Bikin Ikatan Makin EratPexels/Leah Kelley

Ketika tak ada seorangpun yang menghargai jerih payah atau usaha yang sahabatmu lakukan. Maka, jadilah sosok pertama yang memberikan apresiasi penuh atas segala yang sahabatmu telah lakukan. Berikan pujian dan juga dukungan dengan tulus, dengan begitu sahabat tak lagi dalam kesedihan atau perasaan tidak dihargai. Sehingga sahabat dapat terus tersenyum dan bahagia untuk apa pun yang dia jalani.

Sudahkah kamu menjadi sahabat terbaik dengan selalu mendukung sahabatmu dalam konteks yang positif?

Baca Juga: Ketika Sahabat Mulai Jadi Orang Asing, Tanamkan 6 Hal Ini di Benakmu

Grace Kristinar Photo Verified Writer Grace Kristinar

Writing is my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya