Comscore Tracker

5 Dampak Buruk Jika Hubungan Sering Hadapi Pertengkaran yang Gak Sehat

#IDNTimesLife Yuk, hentikan kebiasaan buruk tersebut

Pertengkaran dalam hubungan adalah sesuatu yang wajar saja, sama seperti halnya ketika kamu dan pasangan merasakan cemburu atau curiga. Selama gak berlebihan dan masih batas wajar saja, pastinya hal itu gak akan berdampak serius untuk hubunganmu.

Lain ceritanya kalau pertengkaran yang kalian hadapi cenderung gak sehat, misalnya saja pasangan selalu melakukan cara kekerasan atau kamu sering melakukan silent treatment. Padahal sudah jelas hal itu gak membantu pertengkaran jadi reda dan lekas selesai.

Jadi, sebelum makin terlambat yuk ketahui lima dampak buruk kalau hubungan sering menghadapi pertengkaran gak sehat berikut ini.

1. Hubungan terasa kurang harmonis dan hangat

5 Dampak Buruk Jika Hubungan Sering Hadapi Pertengkaran yang Gak Sehatunsplash.com/Jason Yoder

Kalau hubungan selalu dipenuhi hal negatif, tentunya kamu gak akan merasa nyaman menjalaninya bukan? Apalagi jika hal itu disebabkan pertengkaran gak sehat yang kerap menguji hubunganmu. Jika pertengkaran tersebut diatasi dengan cara yang kurang bijak dan dewasa, maka akan semakin banyak ketegangan serta salah paham antara kamu dan dia. 

Yang mengakibatkan hubungan terasa kurang harmonis dan hangat karena satu sama lain gak berusaha menyingkirkan kebiasaan buruk tersebut.

2. Komunikasi berjalan kurang baik

5 Dampak Buruk Jika Hubungan Sering Hadapi Pertengkaran yang Gak Sehatpexels.con/Diva Plavalaguna

Karena seringnya bertengkar secara gak sehat, maka saling mendiamkan bisa saja sering kamu dan pasangan lakukan. Akibatnya komunikasi kalian berjalan kurang baik, kalau komunikasi saja tidak lancar maka akan sulit hubungan untuk bertahan lama. Sebab, komunikasi jadi salah satu faktor hubungan yang sehat dan langgeng.

3. Mudah putus nyambung

5 Dampak Buruk Jika Hubungan Sering Hadapi Pertengkaran yang Gak Sehatpexels.com/Gustavo Fring

Ketika biasa menghadapi pertengkaran dengan cara gak sehat, maka hal itu bisa membuat emosi satu sama lain jadi kurang terkendali. Yang bisa berakibat pada meledaknya emosi masing-masing, ketika emosi sudah memuncak maka besar kemungkinannya untuk bertindak secara impulsif. 

Misalnya saja mendadak ingin putus hubungan sepihak, padahal pertengkaran yang dihadapi terbilang mudah untuk diatasi segera.

Baca Juga: 5 Cara Baikan dengan Pasangan Setelah Terjadi Pertengkaran Hebat

4. Bisa membuat kerugian jika dilakukan dengan cara kekerasan

5 Dampak Buruk Jika Hubungan Sering Hadapi Pertengkaran yang Gak Sehatunsplash.com/Miikka Luotio

Gak terbayangkan, kalau kamu atau pasangan terbiasa menggunakan cara kekerasan ketika lepas kendali menghadapi pertengkaran. Misalnya saja pasangan sering memukul atau mengeluarkan kata-kata yang terkesan menghina. Selain sakit di hati kamu rasakan, sakit fisik juga bisa kamu terima.

5. Sulit mencapai kata langgeng

5 Dampak Buruk Jika Hubungan Sering Hadapi Pertengkaran yang Gak Sehatpexels.com/Andrea Piacquadio

Karena terbiasa saling menyalahkan atau sering mengungkit kesalahan masing-masing di masa lalu. Akhirnya pertengkaran yang besar pun makin banyak dihadapi dan sulit dihindari, berharap hubungan bisa awet justru kenyataannya malah sebaliknya. 

Hubunganmu bisa terancam putus, karena pertengkaran membuat satu sama lain menjadi muak karena seringnya dihadapi dengan cara gak sehat.

Selagi masih bisa diperbaiki, yuk ubah cara kalian menyelesaikan pertengkaran. Sebab, daripada menggunakan cara gak sehat masih ada cara lain yang lebih baik. Misalnya saja dengan berdiskusi dengan kepala dingin tanpa harus saling adu mulut yang hanya menimbulkan ketegangan.

Baca Juga: 5 Cara Hapus Emosi dan Kesal Pada Pasangan Setelah Hadapi Pertengkaran

its gracie Photo Verified Writer its gracie

Writing my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya