Comscore Tracker

5 Dampak Buruk kalau Kamu Masih Benci Mantan, Pantas Susah Move On!

Karena hanya berujung menyakiti dirimu sendiri 

Berpisah dari pasangan atau putus hubungan memang menjadi hal yang sulit diterima. Apalagi sebelum memutuskan pisah, banyak konflik atau kejadian tak mengenakkan yang memicu amarah atau kekecewaan dalam dirimu semakin menjadi-jadi.

Sehingga kebencian tak dapat dihindari, mantan kekasih yang dulu kamu cintai dan pernah bersama akhirnya kini berubah menjadi perasaan tak suka yang mendalam. Padahal lima dampak buruk ini akan dirasakan saat kamu masih saja memendam perasaan benci pada mantan.

1. Emosi jadi gak stabil

5 Dampak Buruk kalau Kamu Masih Benci Mantan, Pantas Susah Move On!pexels.com/Stacey Gabrielle Koenitz Rozells

Membenci hanya semakin membuat diri sendiri mudah merasakan amarah atau suasana hati yang kurang baik. Sehingga emosi seringkali naik dan turun dan hal tersebut dapat menggangu aktivitasmu sehari-hari. Misalnya saja kamu akhir-akhir ini lebih kesal dan marah ketika gak sengaja melihat mantan di suatu tempat. Padahal hal tersebut gak harusnya membuatmu bereaksi secara berlebihan

2. Waktumu terbuang percuma

5 Dampak Buruk kalau Kamu Masih Benci Mantan, Pantas Susah Move On!pexels.com/Mental Health America (MHA)

Daripada menghabiskan waktu dan tenaga untuk membenci mantan, ada baiknya fokus pada hal yang lebih penting. Terlalu lama memendam kebencian pada mantan maka akan semakin banyak waktu dan tenaga yang kamu buang percuma. Entah habis untuk memikirkannya atau sengaja stalking media sosialnya.

3. Sulit menjalin hubungan baru dengan orang lain

5 Dampak Buruk kalau Kamu Masih Benci Mantan, Pantas Susah Move On!pexels.com/cottonbro

Jika kebencian pada mantan masih saja kamu tinggalkan dalam hati, maka akan sulit nanti ke depannya dalam menjalin hubungan baru dengan orang lain.

Karena daripada fokus membuat untuk hubungan langgeng serta harmonis, kamu jutsru menghabiskan waktu untuk terus menumbuhkan rasa kebencianmu. Padahal mantanmu bisa saja sudah berbahagia dan melupakan apa yang terjadi di masa lalu.

Baca Juga: 5 Sikapmu Ini Malah Bikin Mantan Benci, Lho!

4. Hanya menambah luka

5 Dampak Buruk kalau Kamu Masih Benci Mantan, Pantas Susah Move On!pexels.com/Karolina Grabowska

Memendam kebencian pada mantan memang tak membawa dampak baik apa-apa, sebab hal itu hanya menambah rasa sakit di hatimu. Membenci mantan berarti secara tak langsung kamu mengingat hal-hal buruk di masa lalu bersamanya. Yang justru kian membuatmu tersakiti dan sulit pulih dari luka masa lalu.

5. Kebahagiaan terasa jauh

5 Dampak Buruk kalau Kamu Masih Benci Mantan, Pantas Susah Move On!unsplash.com/travis clem

Jika kebencian pada mantan masih kamu rasakan, hal yang akan terjadi ialah ketenangan akan makin sulit kamu dapatkan. Sebab, yang ada di pikiran dan hatimu hanyalah rasa tak suka yang mendalam sehingga membuatmu semakin dipenuhi rasa kesedihan serta kekecewaan dan bukannya kebahagiaan.

Ada baiknya menanamkan rasa memaafkan dan mengikhlaskan meski berat, karena hidup dalam ketenangan dan kedamaian lebih baik daripada menumbuhkan rasa kebencian. Sehingga proses move on yang kamu jalani akan bisa dilalui dengan mudah.

Baca Juga: 5 Penyebab Putus yang Bikin Kamu jadi Sangat Benci Mantan, Bener Gak?

its gracie Photo Verified Writer its gracie

Writing my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya