Comscore Tracker

5 Dampak Buruk Jika Terlalu Memprioritaskan Pasangan di Atas Segalanya

Intinya jangan sampai berlebihan, ya

Memprioritaskan pasangan memang tidaklah jadi masalah, karena dengan begitu pasangan akan merasa dicintainya dan juga menghargai keberadaannya. Namun, hal ini akan menjadi kurang baik apabila kamu terlalu memprioritaskan pasangan sampai mengabaikan banyak hal.

Sebab, lima dampak buruk ini akan kamu rasakan apabila terlalu sering memprioritaskan pasangan di atas segalanya. Apa saja sih kira-kira?

1. Hubungan persahabatan jadi terganggu

5 Dampak Buruk Jika Terlalu Memprioritaskan Pasangan di Atas SegalanyaPixabay.com/VoyZan

Terlalu sering memprioritaskan pasangan berarti secara tidak langsung kamu mengerahkan seluruh waktu dan tenaga hanya untuknya. Hal ini bisa berimbas pada hubungan persahabatanmu, karena sahabat akan menganggapmu selalu tidak memiliki banyak waktu untuk mereka bahkan untuk hal yang kecil atau sepele.

Jika berlarut-larut kamu terlalu memprioritaskan pasangan di atas segalanya, berpotensi membuat persahabatan renggang. Pasalnya sahabatmu akan merasa selalu diabaikan bahkan dibuang karena kamu kurang begitu peduli pada mereka.

2. Sulit menolak keinginan pasangan meski itu buruk bagimu

5 Dampak Buruk Jika Terlalu Memprioritaskan Pasangan di Atas SegalanyaPexels.com/cottonbro

Sering menempatkan posisi pasangan di atas segalanya, secara tidak langsung kamu berusaha mati-matian untuk menyenangkan hatinya. Sehingga apa pun yang pasangan minta atau inginkan selalu berusaha kamu penuhi semaksimal mungkin tanpa berpikir apakah itu baik untukmu atau hubungan.

3. Pasangan selalu bergantung padamu

5 Dampak Buruk Jika Terlalu Memprioritaskan Pasangan di Atas SegalanyaPexels.com/Bruno Bueno

Pasangan bakal sering merasa kamu selalu memprioritaskan dirinya. Secara tidak langsung ia akan menganggap bahwa kamu adalah tempat terbaik untuk dirinya menggantungkan apa pun.

Hal ini bukannya yang memudahkanmu, justru lambat laun akan membuatmu kesulitan karena mau tidak mau kamu harus bersedia dimintai tolong atau selalu ada untuknya kapan pun dia inginkan. Gak mau kan hal ini terjadi padamu?

Baca Juga: 5 Aspek Kehidupanmu Bakal Hancur Jika Menjalani Toxic Relationship

4. Sedikit memiliki me time

5 Dampak Buruk Jika Terlalu Memprioritaskan Pasangan di Atas SegalanyaPexels.com/mikoto.raw

Meskipun kamu berada di dalam hubungan, namun memiliki me time untuk sekedar memanjakan atau menyenangkan diri sendiri tak ada salahnya wajib kamu lakukan. Jika kamu terbiasa memprioritaskan pasangan maka tidak akan banyak waktu yang bisa dipakai untuk dirimu sendiri.

5. Kurang fokus pada urusan studi atau pekerjaan

5 Dampak Buruk Jika Terlalu Memprioritaskan Pasangan di Atas SegalanyaUnsplash.com/LinkedIn Sales Navigator

Banyak orang yang rela mengabaikan studi atau pekerjaannya, hanya karena berada di dalam hubungan yang mengharuskannya untuk selalu memprioritaskan pasangan apa pun yang terjadi. Tahu gak sih kalau sebenarnya hubungan ini sudah timpang sebelah dan gak sehat?

Bukannya membawa dampak positif justru hal tersebut akan menimbulkan suatu masalah atau kesusahan yang akhirnya akan merugikan dirimu sendiri. Tentu kamu gak ingin merasakannya, kan?

Boleh saja kamu memprioritaskan pasangan sebagai bagian dari rasa cinta dan perhatian. Tetapi, kamu juga harus mengetahui batasan supaya hal-hal lain yang lebih penting tetap kamu jalankan tanpa sedikitpun terganggu walaupun sedang berada di dalam hubungan.

Baca Juga: Ini 5 Tipe Toxic Relationship yang Sering Terjadi, Kamu Termasuk?

Moon Girl Photo Verified Writer Moon Girl

Writing my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya