Comscore Tracker

Dia Bukan Sahabat Sejati, Jika 8 Sikap Buruknya Ini Kerap Kamu Terima

Cek sahabatmu, apakah dia sahabat sejati sesungguhnya?

Tak semua orang beruntung dapat memiliki dan bersama dengan seseorang yang tulus mendukung serta menyayangi. Memilki sahabat jadi salah satu anugerah yang patut disyukuri keberadaannya, karena sosoknya yang sangat membantu kita dalam kehidupan sehari-hari.

Lalu, apakah kamu sudah yakin bahwa dia yang bersamamu saat ini adalah sosok sahabat sejati, ataukah justru kamu masih meragukannya karena beberapa sikap buruknya sering kamu terima? Untuk memastikannya, baiknya kamu simak ulasan berikut ini.

1. Sering mengkritik apa pun yang kamu lakukan dan miliki

Dia Bukan Sahabat Sejati, Jika 8 Sikap Buruknya Ini Kerap Kamu Terimapexels.com/August de Richelieu

Sahabat memang jadi salah satu tempat terbaik untuk saling berbagi cerita sampai pendapat. Namun, jika sahabatmu kerap mengkritik apa pun yang kamu lakukan atau miliki tanpa memberi saran yang baik. Maka dia bukanlah sahabat sejati, karena seorang yang benar-benar sahabat akan bersedia mengoreksi dan juga memberi masukan yang positif.

2. Sering berjanji namun sering juga mengingkari

Dia Bukan Sahabat Sejati, Jika 8 Sikap Buruknya Ini Kerap Kamu Terimaunsplash.com/Stefan Gall

Kamu sudah terlalu lelah dan bosan mendengar janji yang sahabat selalu sampaikan padamu, karena selama ini dia cenderung selalu mengingkarinya. Padahal hal tersebut bukanlah hal yang berat, kamu juga sudah berulangkali percaya lagi padanya meskipun selalu dikecewakan.

3. Dia selalu memanfaatkanmu

Dia Bukan Sahabat Sejati, Jika 8 Sikap Buruknya Ini Kerap Kamu Terimapexels.com/Christina Morillo

Sahabat yang baik memang harusnya saling membantu dalam meringankan beban yang ada, tetapi jika kamu telah memiliki feeling jika dia hanya memanfaatkanmu.

Maka, hal tersebut sudah jadi tanda jika dia bukanlah sahabat sejatimu. Sahabat sejati tidak akan sengaja membuat sahabatnya kerepotan apalagi sampai hati memanfaatkan kebaikan yang kamu tulus berikan.

4. Sering berkata kasar yang menyakiti hati

Dia Bukan Sahabat Sejati, Jika 8 Sikap Buruknya Ini Kerap Kamu Terimapexels.com/Pressmaster

Ucapan kasar yang kamu terima dari sahabat sudah sangat berlebihan dan kamu juga merasa risi. Ucapan yang dilontarkan sahabatmu sangat tidak sopan, bahkan sering menyakiti hatimu. Ia berkata kasar tanpa peduli waktu dan tempat, sehingga kamu jadi pihak yang harus banyak bersabar dan menoleransi sikap buruknya itu.

Baca Juga: 7 Tipe Teman yang Selalu Kamu Temukan di Sekolah, Bikin Kangen!

5. Bersikap bossy

Dia Bukan Sahabat Sejati, Jika 8 Sikap Buruknya Ini Kerap Kamu Terimaunsplash.com/Tim Mossholder

Kamu memang tak masalah dimintai bantuan oleh sahabat, tetapi sikap sahabat yang kamu rasakan sudah sampai tahap berlebihan. Sebab, sahabatmu gemar menyuruhmu melakukan apa pun tanpa melihat situasi dan kondisi. Dia juga tak memerhatikan perasaanmu, apakah kamu bersedia mengikuti kemauannya atau sebaliknya.

6. Sering mengajakmu mencoba hal yang buruk dan negatif

Dia Bukan Sahabat Sejati, Jika 8 Sikap Buruknya Ini Kerap Kamu Terimaunsplash.com/Thought Catalog

Dia bukan sahabat sejatimu jika dirinya sering mengajakmu mencoba hal yang negatif dan nantinya akan merugikanmu. Seorang sahabat yang baik harusnya bersama-sama membangun persahabatan yang positif dan bukannya menjerumuskanmu.

7. Egois dan tak ingin dirinya salah

Dia Bukan Sahabat Sejati, Jika 8 Sikap Buruknya Ini Kerap Kamu Terimapexels.com/fauxels

Memiliki sahabat yang semaunya sendiri dan suka memaksakan kehendak jadi salah satu tanda dia bukanlah sahabat sejatimu. Meskipun pertengkaran atau masalah pasti ada dalam hubungan, namun alangkah baik membuang segenap rasa ego dan mengakui kesalahan. Karena hal tersebut jadi cara membuat persahabatanmu tetap awet dan juga harmonis.

8. Seorang drama queen dan seorang manipulatif

Dia Bukan Sahabat Sejati, Jika 8 Sikap Buruknya Ini Kerap Kamu Terimaunsplash.com/Big Dodzy

Memiliki sahabat yang gemar mendramatisir segala hal yang seharusnya tak perlu dibawa terlalu serius memang menyebalkan. Apalagi tiap masalah yang ada, sahabatmu menjadi orang yang sangat heboh atau bahkan menempatkan dirinya sebagai orang yang tersakiti atau korban.

Dia juga sering memanipulasimu untuk mengikuti dan mengiyakan apa yang dia katakan, padahal belum tentu yang dilakukan adalah hal positif. Kamu mau tak mau harus berada di bawah kendalinya padahal dirimu merasa hal yang dilakukan sahabat sangat keliru.

Well, itulah beberapa sikap yang tak seharusnya dilakukan jika dia benar sahabat sejatimu. Tetaplah selektif dan bijak dalam memilih sahabat, pilihlah yang membawa kemajuan dan kenyamanan dalam hidupmu bukan yang sebaliknya.

Baca Juga: 5 Tipe Teman yang Sebaiknya Kamu Hindari, Jangan Ambil Risiko!

Moon Girl Photo Verified Writer Moon Girl

Writing my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya