Comscore Tracker

5 Hal Ini Bikin Perasaan Takut Jatuh Cinta Makin Parah, Stop Terpuruk!

Kamu sedang mengalaminya gak?

Ada yang pernah dengar istilah philophobia gak? Nah, philophobia sendiri secara singkatnya adalah perasaan takut jatuh cinta atau menjalin keterikatan emosional yang bisa diakibatkan beberapa macam faktor. Biasanya perasaan cinta identik dengan kebahagiaan dan kasih sayang antara satu orang dengan yang lainnya. Namun, bagimu hal tersebut gak bisa dijalani dengan baik karena adanya kecemasan dan juga rasa takut.

Beberapa hal di bawah ini bisa lho bikin parah perasaan takut jatuh cintamu, ada baiknya buat kamu simak agar kamu yang mengalaminya gak terus menerus terpuruk dan terjebak dalam perasan tersebut.

1. Selalu menjauhi lawan jenis

5 Hal Ini Bikin Perasaan Takut Jatuh Cinta Makin Parah, Stop Terpuruk!pexels.com/TOPHEE MARQUEZ

Bukan sekadar jaga jarak karena demi kepentingan atau hal tertentu, kamu malah menjauhi lawan jenis karena merasa kehadiran mereka akan membahayakanmu. Kamu takut kalau mereka nanti yang akan menyakitimu seperti yang pernah dilakukan seseorang di masa lalumu. Padahal niat mereka belum tentu buruk, bisa saja kehadiran mereka hanya ingin mencari teman baru.

2. Berpikiran yang buruk tiap ada lawan jenis yang berusaha dekat

5 Hal Ini Bikin Perasaan Takut Jatuh Cinta Makin Parah, Stop Terpuruk!pexels.com/Guilherme Ferrari

Kamu selalu memukul rata semua lawan jenis yang berusaha mendekati hanya ingin kamu sakit hati. Kamu mengira mereka punya niat buruk dan ingin membuatmu patah hati lagi, selalu ada rasa gak percaya yang timbul di hatimu ketika sedang didekati lawan jenis. Dan terkadang caramu dalam merespons mereka terkesan cuek dan juga judes.

Baca Juga: 5 Fakta yang Menjelaskan Dirimu sedang Jatuh Cinta atau Terobsesif

3. Pengalaman buruk di masa lalu bikin kamu menganggap cinta hanya sebuah penderitaan

5 Hal Ini Bikin Perasaan Takut Jatuh Cinta Makin Parah, Stop Terpuruk!pexels.com/Andrea Piacquadio

Pengalaman buruk seseorang tentang percintaan memang berbeda-beda, ada yang pernah diselingkuhi, ada juga yang trauma melihat perceraian orangtuanya. Kenangan-kenangan buruk itu membuatmu berpikir kalau cinta isinya hanya sebuah penderitaan dan kesengsaraan saja. Kamu sulit dalam melihat sisi positif dalam menjalin hubungan percintaan.

4. Gak pede dan merasa insecure kalau ada yang mendekati

5 Hal Ini Bikin Perasaan Takut Jatuh Cinta Makin Parah, Stop Terpuruk!pexels.com/cottonbro

Kamu selalu memandang dirimu tak cukup rupawan atau menarik secara fisik, ditambah lagi kalau kamu pernah mengalami pengalaman buruk akibat fisikmu pernah dihina oleh orang yang kamu sukai. Sehingga sampai sekarang kamu selalu merasa minder dan insecure tiap kali ada lawan jenis yang mendekatimu. Karena kamu curiga kalau mereka yang mendekati, hanya melihat seseorang dari fisik dan penampilannya semata.

5. Menganggap remeh seseorang yang menjalin hubungan pacaran

5 Hal Ini Bikin Perasaan Takut Jatuh Cinta Makin Parah, Stop Terpuruk!pexels.com/August de Richelieu

Boleh saja kok kalau kamu gak ingin berpacaran dengan alasan tertentu, karena gak semua orang cocok dan tertarik dengan konsep berpacaran itu sendiri. Tetapi, ada baiknya buat gak meremehkan hubungan percintaan orang lain dan menganggap hubungan mereka akan sia-sia saja.

Karena sebenarnya kamu bisa membangun hubungan pacaran yang sehat, selama punya komitmen yang kuat bersama pasangan. Hubungan yang berakhir juga wajar kok terjadi, gak semua patah hati meninggalkan luka pasti ada hikmah dan pelajaran yang bisa dijadikan pengingat.

Well, perasaan takut jatuh cinta yang kamu alami jangan sampai membuatmu jadi terpuruk ya. Selalu ada hikmah yang didapat dari pengalaman burukmu soal percintaan kok, jadi sikapi secara bijak dan dewasa ya.

Baca Juga: 5 Tanda Ini Buktikan Kamu Sosok yang Sulit Jatuh Cinta, Merasakannya?

Moon Girl Photo Verified Writer Moon Girl

Writing my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya