Comscore Tracker

5 Hal Ini Bisa Bikin Kamu Makin Tersiksa dalam Kesedihan Setelah Putus

#IDNTimesLife Yuk, lekas bangkit lagi dan semangat!

Setelah baru saja putus hubungan, rasa kesedihan pasti masih belum sepenuhnya bisa kamu hilangkan. Apalagi tiap orang dalam memulihkan hatinya setelah putus tentu gak sama dan memiliki caranya masing-masing.

Tapi, disadari atau belum ternyata ada beberapa hal yang justru bisa bikin kamu tersiksa dalam kesedihan setelah putus. Nah, apa sajakah hal itu? Yuk, simak poin-poin berikut ini.

1. Masih stalking akun sosial media mantan setiap hari

5 Hal Ini Bisa Bikin Kamu Makin Tersiksa dalam Kesedihan Setelah Putuspexels.com/Ketut Subiyanto

Jika kamu ingin lebih tenang dan fokus pada pemulihan hatimu maka, ada baiknya untuk berhenti ingin tahu aktivitas mantan sementara waktu. Sebab, sering stalking akun sosial media mantan lebih berpotensi membuatmu makin bersedih. Karena melihat banyak hal yang gak sesuai ekspektasimu dan bisa berakhir dengan kekecewaan yang makin mendalam.

2. Mengurung diri terlalu lama

5 Hal Ini Bisa Bikin Kamu Makin Tersiksa dalam Kesedihan Setelah Putusunsplash.com/Sherise VD

Memang pada awalnya kamu gak ingin diganggu siapa pun karena ingin menenangkan diri. Namun, jangan sampai kamu mengurung diri terlalu lama sampai gak ingin bertemu orang terdekat. Bahkan kegiatan sehari-harimu jadi terhambat karena masih bersedih karena perpisahan kemarin. 

Karena terlalu mengurung diri dalam waktu yang dibilang lama, hanya akan membuatmu makin tersiksa dengan kesedihan yang ada. Sebab, mengurung diri gak akan mengubah banyak hal, kamu harus belajar ikhlas dan kembali bangkit setelah melewati momen yang menyakiti hatimu.

3. Merasa gak berharga dan menyalahkan diri sendiri

5 Hal Ini Bisa Bikin Kamu Makin Tersiksa dalam Kesedihan Setelah Putusunsplash.com/Ali Rizvi

Jangan pernah berpikir kalau kamu tidak berharga dan gak layak mendapatkan kebahagiaan. Jangan hanya karena merasa menyesal dengan kejadian kemarin, kamu menjadi melimpahkan semua kesalahan pada dirimu sendiri.

Putus hubungan tentu sangat menyakitkan, tapi jangan biarkan dirimu merasa terus terpuruk dan tersiksa oleh keadaan yang sebenarnya bisa kamu atasi sebaik-baiknya.

Baca Juga: 5 Trik Move On setelah Di-Ghosting selama PDKT

4. Masih mengemis meminta balikan pada mantan yang jelas sudah mengabaikanmu

5 Hal Ini Bisa Bikin Kamu Makin Tersiksa dalam Kesedihan Setelah Putusunsplash.com/Pablo Varela

Balikan pada mantan memang hal yang wajar terjadi, tapi kamu harus melihat situasi dan kondisi. Jangan hanya mengutamakan rasa cinta padanya kamu mengabaikan kebahagiaan dirimu sendiri. Jika dia gak menerima ajakanmu balikan maka, berhentilah untuk mengejar.

Itu pertanda jika dia gak bersedia berkomitmen lagi denganmu, jadi buat apa mempertahankan dia yang ingin pergi darimu. Buat apa juga membuat dirimu terus tersiksa dengan mengemis meminta untuk balikan, sementara dia saja sudah mengabaikanmu.

5. Berniat balas dendam pada mantan

5 Hal Ini Bisa Bikin Kamu Makin Tersiksa dalam Kesedihan Setelah Putusunsplash.com/Siviwe Kapteyn

Inilah pentingnya untuk belajar ikhlas serta memaafkan orang yang sudah menyakitimu. Karena selain demi kebaikanmu, hal itu juga membuat banyak penyakit hati gak bersarang pada dirimu. Misalnya saja kamu masih merasa benci bahkan dendam pada mantan karena diperlakukan tidak adil selama ini.

Tentu saja kamu akan makin menyiksa dirimu sendiri, sebab kamu berusaha mencari cara untuk membalaskan dendammu.  Bukannya lekas mendapat kebahagiaan, kamu justru mendapatkan lebih banyak kesedihan dan juga sakit hati.

Kamu masih bisa menciptakan kebahagiaanmu sendiri selama kamu berusaha gak terjebak dalam kesedihan yang sama. Jadi jangan terlalu lama terpuruk dalam kesedihan akibat putus cinta, ya.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Mantan Blokir Medsosmu Seusai Putus, Bukan Benci!

Moon Girl Photo Verified Writer Moon Girl

Writing my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya