Comscore Tracker

5 Hal Ini Bisa Makin Memperparah Trauma Putus Cinta yang Kamu Rasakan

Hentikan beberapa kebiasaan buruk di bawah ini, ya

Efek yang ditimbulkan setelah putus cinta bagi tiap orang tentu berbeda-beda, ada yang berusaha untuk lekas move on, ingin memaksimalkan karier agar lebih mandiri atau ada yang berlarut-larut dalam kesedihan sampai timbul perasaan trauma. Perasaan trauma yang kian hari semakin mendalam, karena perasaan takut membuka hati untuk orang baru masih saja terbayang-bayang.

Nah, ada lho beberapa hal yang bisa bikin trauma akibat putus cinta yang kamu alami makin parah. Yuk, simak pembahasannya berikut ini.

1. Terus mengurung diri sampai gak ingin bertemu siapa pun

5 Hal Ini Bisa Makin Memperparah Trauma Putus Cinta yang Kamu Rasakanpexels.com/Andrea Piacquadio

Sebenarnya wajar saja kalau kamu mengurung dirimu pada awal-awal merasakan patah hati karena putus cinta. Kamu malah terus melakukannya dan sampai gak ingin bertemu dengan siapa pun.

Ketahuilah, semakin kamu larut dalam kesedihan maka hanya akan rasa sakit yang kamu rasakan. Sebab, mengurung diri membuat aktivitasmu terhambat dan gak memiliki semangat untuk berusaha bangkit lagi.

2. Menutupi perasaanmu yang sesungguhnya

5 Hal Ini Bisa Makin Memperparah Trauma Putus Cinta yang Kamu Rasakanpexels.com/Ryanniel Masucol

Terkadang terus menerus seolah tegar dan kuat gak harus kamu lakukan, kok. Sering menyembunyikan atau menutupi perasaanmu sendiri bisa berdampak gak baik nantinya. Kamu enggan mengekspresikannya dengan bercerita pada orang terdekat.

Alhasil perasaan trauma yang kamu alami makin parah sebab perasaan yang dipendam sendiri akan membuatmu makin hancur di dalam.

3. Menyalahkan diri sendiri

5 Hal Ini Bisa Makin Memperparah Trauma Putus Cinta yang Kamu Rasakanunsplash.com/Beniamin Şinca

Berhenti menyalahkan diri sendiri ketika hubunganmu harus berakhir. Jangan sampai memposisikan dirimu jadi orang yang paling bodoh atau bersalah atas semua hal yang sudah terjadi.

Menyalahkan diri sendiri bukanlah hal yang harus kamu lakukan sekarang, yang harus kamu lakukan ialah belajar menerima dan mengikhlaskan masa lalu. Agar hatimu semakin membaik dan trauma yang kamu rasakan akan menghilang seiring waktu.

Baca Juga: Tak Selamanya Buruk, 5 Manfaat Ini akan Kamu Dapat saat Patah Hati

4. Memandang negatif lawan jenis yang mendekatimu

5 Hal Ini Bisa Makin Memperparah Trauma Putus Cinta yang Kamu Rasakanpexels.com/Gift Habeshaw

Kamu yang didekati lawan jenis selalu saja berpikiran yang negatif, menganggap kalau dia hanya mempermainkanmu saja. Sebenarnya kamu gak harus kok menerima seseorang yang berusaha mendapatkan hatimu.

Selama kamu gak menaruh harapan yang berlebih pada mereka, maka andaikata kalian gak sampai menjalin hubungan pun gak masalah. Gak akan ada rasa kecewa atau sakit hati yang mendalam karena merasa sudah diberi harapan palsu.

5. Gak mencoba konsultasi ke psikolog

5 Hal Ini Bisa Makin Memperparah Trauma Putus Cinta yang Kamu Rasakanpexels.com/cottonbro

Ke psikolog adalah langkah terbaik yang bisa kamu ambil, kalau memang trauma tersebut sudah parah dan sampai mengganggu aktivitasmu. Pergi kepada yang ahlinya atau profesional membantumu merasa lebih baikan setelahnya. Karena dengan begitu kamu tahu apa saja yang harus kamu perbuat untuk membuat trauma yang kamu rasakan bisa berkurang dan akhirnya lenyap sepenuhnya.

Sedih dan menangislah kalau kamu ingin, tapi jangan biarkan kamu terjebak pada hal yang membuat rasa traumamu makin dalam. Berusaha ikhlas dan berdamai bisa jadi awal yang bagus untuk menghadapi momen putus cinta.

Baca Juga: Gak Cuma Sebatas Luka, Patah Hati Justru Mengajarkanmu 5 Hal Ini lho

Moon Girl Photo Verified Writer Moon Girl

Writing my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya