Comscore Tracker

5 Hal Ini Harus Dilakukan jika Pasangan Berpotensi Bawa Pengaruh Buruk

Jangan cuma diam saja, ya

Bagaimana perasaanmu selama ini saat menjalin hubungan bersama pasanganmu? Apakah kamu merasa menjadi orang yang lebih positif atau justru sebaliknya? Nah, jika kamu merasakan banyak hal negatif yang diterima daripada positif maka kamu harus mencari solusinya dan gak cuma berpasrah saja.

Sebab, hal itu menandakan jika pasanganmu berpeluang membawa pengaruh buruk dan jika hal itu dibiarkan maka kamu pun bisa terkena imbasnya.

Nah, coba lakukan lima hal berikut ini jika kamu merasa pasangan memang berpotensi membawa pengaruh buruk bagimu. Simak terus, ya!

1. Utarakan rasa ketidaknyamananmu

5 Hal Ini Harus Dilakukan jika Pasangan Berpotensi Bawa Pengaruh Burukunsplash.com/Sergey Sokolov

Ketika dirasa pasangan sudah menunjukkan banyak sikap negatif yang membuatmu merasa gak nyaman, kamu boleh menyampaikan perasaanmu yang sesungguhnya. Sampaikan di waktu dan suasana yang pas dan tepat, agar gak ada halangan berarti saat kamu berusaha membuat pasangan memahami apa keinginanmu. Katakan padanya, ada hal-hal dari dirinya yang gak seharusnya terus dilakukan karena membawa dampak negatif yang bisa berimbas padamu.

2. Menegurnya baik-baik

5 Hal Ini Harus Dilakukan jika Pasangan Berpotensi Bawa Pengaruh Burukunsplash.com/Sam Farallon

Memang sesekali seseorang pasti melakukan kesalahan atau khilaf dan jika kamu berkenan maka menegurnya menjadi cara yang boleh dilakukan. Tegurlah secara personal dan baik-baik agar pasangan bisa menerimanya dengan senang hati. Jangan ragu untuk saling mengingatkan jika memang satu sama lain berbuat hal yang dapat membawa pengaruh buruk.

3. Berani berkata tidak

5 Hal Ini Harus Dilakukan jika Pasangan Berpotensi Bawa Pengaruh Burukpexels.com/cottonbro

Jangan asal mengiyakan apa yang pasangan minta atau inginkan, karena belum tentu itu membawa kebaikan untukmu. Coba pikirkan dulu baik-baik dan pertimbangkan, karena kamu berhak berkata tidak untuk apa pun yang membuatmu merasa gak nyaman.

Misalnya saja pasangan belakangan ini sering meminjam uang padamu untuk hal-hal yang gak penting. Kamu harus bisa tegas dan jujur pada pasangan, kalau sikapnya yang demikian membuatmu jadi terganggu.

Baca Juga: 7 Tanda Ini Menunjukkan bahwa Pacar Memberi Pengaruh Buruk 

4. Pahami batasan yang kamu ingin terapkan dalam hubungan

5 Hal Ini Harus Dilakukan jika Pasangan Berpotensi Bawa Pengaruh Burukpexels.com/Alex Green

Jangan lupakan batasan yang telah kamu pegang, bahkan saat sebelum menjalin hubungan dengannya. Teruslah bawa batasan itu, walau pada kenyataannya ada hal yang membuatmu harus berkorban dan melewati beberapa batasan yang kamu terapkan.

Namun, dengan terus berpegang pada batasan yang kamu miliki hal itu bisa membantumu untuk tetap waspada dan berhati-hati. Sehingga jika pasangan berpotensi membawa pengaruh buruk, kamu tentu bisa membatasi diri untuk gak makin ikut terjeremus di dalamnya.

5. Lakukan kesepakatan dan beri peringatan

5 Hal Ini Harus Dilakukan jika Pasangan Berpotensi Bawa Pengaruh Burukpexels.com/Alex Green

Gak ada salahnya kamu menetapkan kesepakatan bersama demi hubungan yang lebih terarah dan sehat. Katakan apa saja hal yang boleh dan gak boleh dilakukan atau konsekuensi apa yang diterima jika salah satu dari kalian melakukan kesalahan.

Karena dengan begitu, pasangan akan berpikir berkali-kali sebelum melakukan hal yang akan merugikan. Sebab, sejak dari awal kamu sudah memberinya peringatan dan konsekuensi apa yang harus diterima dari perbuatannya sendiri.

Well, itulah pentingnya ketegasan dan rasa saling menghargai dalam hubungan. Agar satu sama lain tahu apa saja hal yang bisa membawa dampak buruk dan merugikan.

Baca Juga: 5 Tanda Awal Pasangan Membawa Pengaruh Buruk Terhadapmu, Hati-Hati Ya!

its gracie Photo Verified Writer its gracie

Writing my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya