Comscore Tracker

5 Hal Ini Perlu Dibicarakan Dengan Pasangan, Biar Gak Timbul Masalah!

Selalu utamakan dan rekatkan komunikasi

Komunikasi dan keterbukaan menjadi salah satu landasan penting dalam suatu hubungan. Dengan adanya komunikasi yang seimbang, maka lebih mudah untuk mengetahui dan memahami satu sama lain tanpa harus terjadi salah paham atau asumsi yang tak berdasar. Keterbukaan dengan pasangan bertujuan untuk tidak menutupi sesuatu yang bisa membawa dampak buruk bagi hubungan ke depannya.

Sebab, di bawah ini ada lima hal yang dianjurkan untuk lekas dibicarakan bersama pasangan supaya tak timbul masalah di kemudian hari.

1. Keinginan meneruskan karier atau studi

5 Hal Ini Perlu Dibicarakan Dengan Pasangan, Biar Gak Timbul Masalah!ranchatdovetree.com

Walau masih angan-angan, tak ada salahnya membicarakan hal tersebut dengan pasangan. Baik karier atau studi yang telah kamu kamu inginkan serta perjuangkan.

Dengan membicarakan hal demikian sesegera mungkin membuat pasangan lega dan tentunya mencoba untuk memahami keinginanmu. Dengan mencoba berkomunikasi, maka pasangan akan merasa yakin padamu. Hal ini juga berpengaruh dengan dukungannya pada segenap aktivitas atau kegiatan yang kamu jalani.

2. Hal yang tidak disukai dari masing-masing

5 Hal Ini Perlu Dibicarakan Dengan Pasangan, Biar Gak Timbul Masalah!Unsplash/kilarov zaneit

Dengan saling terbuka tentang hal-hal yang tidak disukai dari masing-masing, maka memberikan kesempatan pada diri sendiri untuk memperbaiki sikap atau tindakan yang kurang baik selama ini.

Dengan membicarakan hal tersebut pada awal hubungan, maka akan membentuk suatu komitmen yang harus disepakati bersama. Jika sikap atau tindakan yang buruk ada baiknya segera diperbaiki agar kelak tak menimbulkan masalah yang bisa mengganggu kelancaran hubungan yang tercipta.

3. Tujuan hubungan yang diharapkan

5 Hal Ini Perlu Dibicarakan Dengan Pasangan, Biar Gak Timbul Masalah!Unsplash/Guilherme Cunha

Saling bercerita soal harapan hubungan yang kalian jalani selanjutnya adalah hal yang baik. Sebab, kamu dan pasangan bisa menilai sejauh mana hubungan yang sedang kalian jalani akan berlangsung dan berakhir di mana nantinya.

Tujuan hubungan yang jelas dan kuat, membantu pasangan untuk lebih yakin pada pilihannya. Dengan sama-sama menyampaikan tujuan yang diharapkan ketika menjalin hubungan, maka membangun dan mendorong semangat supaya hubungan yang ada mampu menjadi apa yang telah diharapkan sebelumnya.

Baca Juga: Ini Dia 5 Karakteristik Hubungan Asmara yang Ideal, Kamu Termasuk?

4. Masa lalu yang masih mengganjal pikiran

5 Hal Ini Perlu Dibicarakan Dengan Pasangan, Biar Gak Timbul Masalah!Unsplash/Andrew Ly

Menceritakan masa lalu tak boleh ada paksaan dari pihak mana saja, termasuk pasanganmu sendiri. Jika kamu berkenan menceritakan hal tersebut pada pasanganmu, maka terlebih dahulu pertimbangkanlah dengan matang-matang.

Jika sudah yakin, maka cobalah cari waktu dan momen yang pas untuk bercerita. Tentang masa lalu yang terasa mengganjal tentu bisa berupa apa saja, termasuk cerita suram soal hubungan yang lalu bersama sang mantan yang ingin kamu sampaikan dengan tujuan kamu tak akan menemui kesalahan yang sama dalam hubungan yang tengah kamu seriusi sekarang.

Sampaikan hal tersebut secara lugas dan jujur, bila memang kamu telah bersedia untuk bercerita maka hal demikian bisa menjadi sebuah pengingat. Agar selanjutnya hubunganmu sekarang tak bernasib sama seperti yang kemarin.

5. Keinginan dalam hubungan yang sampai detik ini belum sempat tersampaikan

5 Hal Ini Perlu Dibicarakan Dengan Pasangan, Biar Gak Timbul Masalah!Unsplash/Andy Li

Tak perlu sungkan menyampaikan sebuah keinginan yang terpendam bersama pasangan, selama hal demikian positif dan tentunya membuat hubungan bisa berjalan kian harmonis.

Sebuah keinginan yang akan disampaikan bisa bermacam-macam. Tetapi, keinginan tersebut haruslah yang bermanfaat untuk membangun hubungan agar nantinya semakin membaik. Sebab sama-sama terbuka soal keinginan yang positif, akan membangun kedekatan emosional karena merasa saling memahami satu sama lain.

Sudah sewajarnya hubungan dibangun atas kenyamanan satu sama lain. Termasuk dengan belajar mengedepankan komunikasi dan keterbukaan, supaya masalah serta kendala yang ada mampu diuraikan secepatnya.

Baca Juga: 5 Hal Sederhana Ini Dijamin Bikin Pasangan Bahagia

Grace Kristinar Photo Verified Writer Grace Kristinar

Writing is my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya