Comscore Tracker

5 Hal Wajib Kamu Pahami Sebelum Mulai Berpacaran, Biar Gak Salah Arah!

Biar gak kandas gitu aja di tengah jalan

Bagi kamu yang sudah ada rencana untuk menjalin hubungan asmara yang baru, ada baiknya untuk lebih memerhitungkan segalanya dengan matang-matang. Karena sebuah hubungan yang kita jalani bertujuan meraih kebahagiaan yang tentunya diikat dengan komitmen serta hubungan serius dan jangka panjang. Terlebih lagi bila usia sudah mengatakan kamu tak ada waktu untuk bermain-main dalam sebuah hubungan.

Supaya asmaramu kelak tak salah arah karena mengabaikan atau menyepelekan beberapa hal penting. Baiknya kamu simak lima catatan wajib untukmu pahami sebelum memutuskan untuk berpacaran.

1. Tanyakan pada diri sendiri tujuan utamamu berpacaran

5 Hal Wajib Kamu Pahami Sebelum Mulai Berpacaran, Biar Gak Salah Arah!Unsplash/Clay Banks

Bila tujuan utamamu berpacaran supaya mendekatkan diri dalam upaya mengusahakan pasangan hidup tentunya hal yang sangat baik. Bila tujuanmu hanya sekadar mencoba-coba atau ingin segera melupakan seseorang di masa lalu. Maka, keinginan untuk pacaran agaknya harus dipertimbangkan ulang.

Berpacaran dengan tujuan yang baik akan membawa hubungan ke arah yang baik pula. Sebab, di sana telah dibangun komitmen atas dasar cinta sama cinta dan juga dilengkapi dengan sikap yang saling mendukung satu sama lain dalam melanggengkan hubungan di dalamnya.

2. Pastikan calon pacar mendefinisikan seorang yang setia dan bisa dipercaya

5 Hal Wajib Kamu Pahami Sebelum Mulai Berpacaran, Biar Gak Salah Arah!Unsplash/Courtney Kammers

Menyeleksi seseorang yang nantinya akan menjadi pacarmu tentunya menjadi hal paling penting. Jangan sampai karena kurangnya kehati-hatianmu dalam memilih calon pacar akan berdampak buruk bagimu kelak.

Memilih calon pacar yang baik dan tentunya setia sangat berpengaruh pada hubungan yang kamu jalani nantinya. Karena di dalam sebuah hubungan yang kuat dan awet, terdapat dua orang yang saling menjaga kepercayaan serta kesetiaan.

3. Selalu ingat bila dalam sebuah hubungan tak selamanya hal menyenangkan saja yang terukir, ada saatnya kita harus berkompromi pada masalah serta kekurangan pasangan

5 Hal Wajib Kamu Pahami Sebelum Mulai Berpacaran, Biar Gak Salah Arah!Unsplash/Priscilla Du Preez

Jangan sampai berekspektasi yang terlalu muluk-muluk pada pasangan nantinya. Karena di dalam sebuah hubungan asmara yang terbangun, tak selamanya hal-hal indah atau manis saja yang akan dirasakan.

Tetapi, ada kalanya hubunganmu diuji sehingga mengharuskanmu berkompromi pada keadaan serta kekurangan pasangan. Ada masanya juga kamu harus belajar menyelesaikan masalah yang ada bersama pasangan, sehingga ikatan yang ada tetap terjalin dengan baik dan semakin kuat.

Baca Juga: Belum Pernah Pacaran dan Pengen Pacaran? Pahami Dulu 8 Konsekuensi Ini

4. Siap menjalani komitmen atau rules yang telah kalian setujui bersama

5 Hal Wajib Kamu Pahami Sebelum Mulai Berpacaran, Biar Gak Salah Arah!Unsplash/Brooke Winters

Sebelum memulai berpacaran, dianjurkan untuk mendiskusikan hal sederhana kepada calon pacar. Seperti komitmen atau rules apa yang sejatinya harus disepakati nantinya dalam hubungan.

Hal demikian berfungsi menjaga tanggung jawab masing-masing secara seimbang. Sehingga nantinya dua orang yang akan berjuang mengusahakan hubungan yang ada. Dan tiap dari kamu diharuskan untuk menaati apa yang telah disetejui dan dijalankan dengan sebaik-baiknya sebagai bukti keseriusan dan komitmen yang tidak setengah-setengah.

5. Berkorban sewajarnya, jangan sampai title budak cinta tersemat karena kamu mengabaikan keburukan atau racun yang nantinya bisa saja menimpa hubunganmu

5 Hal Wajib Kamu Pahami Sebelum Mulai Berpacaran, Biar Gak Salah Arah!Unsplash/Brooke Winters

Berkorban dalam wujud mempertahankan hubunganmu adalah hal yang tidak buruk. Hanya saja jangan sampai pengorbanan yang kamu lakukan terlalu berlebihan sampai-sampai tak bisa membedakan mana yang benar dan salah.

Bila hubunganmu telah menunjukan tanda-tanda toksik, ada baiknya segera diselesaikan bersama pasangan. Jangan membiarkan keburukan yang terpelihara dalam hubungan bertahan lama sampai akhirnya kamu enggan bertindak tegas.

Menjadi sosok budak cinta karena takut kehilangan pasangan, padahal sosoknya tak layak lagi dipertahankan akan merugikan dirimu sendiri. Selain kehilangan banyak waktu dan energi, kamu juga akan dirugikan karena sibuk membuat orang lain senang, sementara kamu berjibaku sendirian dengan sulitnya keadaan.

Jangan sampai hubungan yang kamu jalani akan merugikan diri sendiri. Oleh sebab itu, bangunlah sebuah hubungan positif dengan memikirkan matang-matang sebuah keputusan untuk memulai berpacaran.

Baca Juga: Bagaimana Kualitas Pacaran Kamu Menurut Zodiak?

Grace Kristinar Photo Verified Writer Grace Kristinar

Selamat datang, selamat membaca dan semoga kamu terbantu ♥ Find me on IG! @gracekristinar_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya