Comscore Tracker

Terapkan 5 Hal Ini agar Kamu Gak Gampang Bilang Putus Saat Ada Masalah

Jangan sampai pasangan ninggalin kamu ya

Masalah yang ada dalam hubungan memang terkadang membuatmu jadi lelah dan menguras waktu serta tenaga. Sebab masalah bisa mendewakanmu dan juga pasangan jika diselesaikan dengan cara yang benar dan sebaik-baiknya.

Daripada diselesaikan dengan cara gak tepat, contohnya ketika masalah datang baik yang sepele maupun besar. Kamu tanpa pikir panjang selalu meminta putus hanya karena emosi sesaat. Padahal sering berkata putus bisa membuat pasangan jadi meragukan keseriusanmu lho.

Supaya gak terjadi lagi, yuk simak dan terapkan lima hal berikut agar kamu gak gampang bilang putus saat ada masalah.

1. Jangan biarkan emosi menguasai dirimu terlalu lama!

Terapkan 5 Hal Ini agar Kamu Gak Gampang Bilang Putus Saat Ada Masalahpexels.com/Ketut Subiyanto

Emosi yang gak bisa kamu kendalikan dengan baik bisa memicu masalah baru lho. Jadi ketika kamu dan pasangan menghadapi suatu masalah dan hal itu membuatmu jadi kesal atau marah.

Maka ada baiknya untuk gak terlalu lama-lama menuruti rasa amarah dan juga kesalmu, hal itu harus kamu terapkan agar gak timbul sikap atau ucapan yang bisa kamu sesali nantinya. Misalnya saja kamu selalu mudah bilang putus hanya karena tengah dikuasi emosi negatif.

2. Semua masalah bisa diselesaikan asalkan dengan kepala yang dingin

Terapkan 5 Hal Ini agar Kamu Gak Gampang Bilang Putus Saat Ada Masalahpexels.com/cottonbro

Jangan dulu mengira kalau masalah yang menimpa hubunganmu hanya menyusahkan saja. Selama kamu dan pasangan selalu bersedia diajak berkompromi, bukannya memilih opsi untuk mengakhiri hubungan maka masalah yang ada akan lekas diatasi secepatnya. Jadi kamu dan pasangan bisa kembali harmonis setelah melewati masalah.

3. Hindari pertengkaran yang gak sehat

Terapkan 5 Hal Ini agar Kamu Gak Gampang Bilang Putus Saat Ada Masalahpexels.com/Gustavo Fring

Ketika ada masalah pastinya adu argunmen atau pertengkaran akan kamu rasakan. Hal itu wajar dan normal saja, selama pertengkaran yang kamu dan pasangan hadapi masih dalam batasan yang sehat.

Misalnya saja ketika kamu bertengkar justru melakukan kekerasan baik fisik, mental ataupun verbal. Atau bisa juga saling mengabaikan dan mendiamkan. Bukannya fokus pada penyelesaian, malah hubunganmu bisa terancam pisah.

Baca Juga: 5 Tips Penting untuk Mengetahui Akar Masalah yang Sedang Terjadi

4. Berhenti menyalahkan pasangan

Terapkan 5 Hal Ini agar Kamu Gak Gampang Bilang Putus Saat Ada Masalahpexels.com/cottonbro

Daripada menyalahkan keadaan atau pasangan, ketika ada masalah ada baiknya kalian saling duduk bersama dan bicara dari hati ke hati. Jangan sampai kamu melakukan tindakan yang gegabah tanpa pikir panjang terlebih dahulu.

Selama masih bisa dibicarakan dengan baik-baik maka manfaatkan hal itu dengan bijak. Menyalahkan pasangan bisa membuatmu hanya melihat yang buruk dan negatif saja tentang dirinya.

5. Mintalah waktu untuk sendiri jika itu kamu perlukan

Terapkan 5 Hal Ini agar Kamu Gak Gampang Bilang Putus Saat Ada Masalahunsplash.com/Seth Doyle

Kalau kamu merasa lelah dan butuh waktu sendiri untuk merenung dan berpikir, gak ada salahnya kok kalau kamu meminta waktu untuk sendirian. Daripada nanti karena terlalu lelah menghadapi masalah, keluar ucapan atau tindakan yang seharusnya bisa kamu tahan.

Jadi pakailah waktu sendirimu dengan baik, coba ingat bagaimana kalian dulu berjuang bersama sampai di titik sekarang ini. Jangan kamu hancurkan dengan selalu bilang untuk putus hubungan saja.

Selama masalah itu bisa kamu dan pasangan selesaikan, jangan mudah untuk bilang putus ya. Jangan sampai kamu menyesali apa yang sudah kamu ucapkan pada pasangan.

Moon Girl Photo Verified Writer Moon Girl

Writing my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Rully Bunga

Berita Terkini Lainnya