Comscore Tracker

5 Hal yang Bikin Kamu Mantap Menjalin Hubungan Baru Usai Pernah Kecewa

#IDNTimesLife Selamat tinggal masa lalu

Usai putus dari hubungan yang lalu, gak mudah bagi seseorang untuk membuka hatinya lagi untuk orang lain. Bahkan ada yang rela sendiri dalam waktu yang lama, karena gak ingin merasakan kepedihan serta kekecewaan yang sama saat dulu.

Ada pula yang seiring waktu dirinya belajar memaafkan dan memulihkan hatinya. Alhasil dia pun telah siap dan bahkan mempunyai kisah cinta yang baru dengan orang lain.

Nah, apa saja lima hal yang bikin kamu jadi mantap mau menjalin hubungan yang baru setelah sempat kecewa karena hubungan masa lalu? Yuk, simak terus!

1. Banyak dukungan dari orang sekitar yang membuatmu kembali percaya diri

5 Hal yang Bikin Kamu Mantap Menjalin Hubungan Baru Usai Pernah Kecewaunsplash.com/Maria Lysenko

Walau awalnya berat dan sulit, kamu berusaha untuk tetap bangkit dan menatap hari-hari selanjutnya. Hal itu terbantu karena dukungan dari orang sekitarmu, kamu yang awalnya merasa minder dan gak berharga sekarang menjadi pribadi yang lebih positif.

Kamu tahu kalau hubungan dulu yang pernah gagal bukan sepenuhnya salah dan kemauanmu. Namun, ada pelajaran dan hikmah yang bisa menyadarkanmu kalau hidup akan terus berjalan baik-baik saja tanpa kehadirannya lagi dalam hidupmu.

2. Bertemu dengan sosok yang selama ini kamu cari

5 Hal yang Bikin Kamu Mantap Menjalin Hubungan Baru Usai Pernah Kecewaunsplash.com/Marina Abrosimova

Kamu sempat berpikir kalau akan sulit mencari pengganti mantanmu atau sekadar menemukan siapa yang pantas di sisimu. Namun, seiring waktu akhirnya Tuhan menjawab doamu dan usahamu gak menjadi sia-sia. Sebab, akhirnya kamu telah menemukan dia yang selama ini kamu cari dan harapkan.

Sosok yang kamu inginkan dan idamkan untuk menjadi pasangan sejatimu kelak. Gak ada keraguan dalam hatimu, kamu tahu betul kalau hubungan ini dijalani serius maka ke depannya akan ada kabar baik.

3. Sudah menyelesaikan masalah hubungan yang lalu dengan mantan secara baik-baik

5 Hal yang Bikin Kamu Mantap Menjalin Hubungan Baru Usai Pernah Kecewaunsplash.com/Sam Farallon

Memang dulunya kamu sempat berkonflik dan putus dengan cara kekanakan. Namun, kini kamu sudah berbaikan dan menyelesaikan segala masalah yang terjadi antara kamu dengan si mantan.

Sekarang kamu merasa melangkah lebih ringan, sebab beban yang kamu rasakan semakin berkurang. Ternyata hanya diperlukan kepala yang dingin untuk menyelesaikan suatu masalah. Supaya gak jadi gangguan untukmu melangkah dan memulai kisah cinta baru lagi.

Baca Juga: 6 Tips Mengatasi Rasa Jenuh saat Pacaran, Jangan Minta Putus Dulu Ya!

4. Gak lagi menyalahkan diri sendiri dan keadaan

5 Hal yang Bikin Kamu Mantap Menjalin Hubungan Baru Usai Pernah Kecewaunsplash.com/JD Chow

Dulu kamu sering menyalahkan diri sendiri dan keadaan serta memaki dirimu atas apa yang terjadi. Kamu merasa marah dan gak terima untuk apa yang terjadi, kekecewaanmu rasanya sudah sangat besar. Kamu gak mengerti mengapa semua harus terjadi dengan cara dan jalan yang seperti ini.

Tetapi, itu sudah dulu karena sekarang kamu belajar berdamai dengan diri sendiri. Mengatakan pada diri sendiri, kalau yang telah terjadi memang pahit tapi membuatmu lebih kuat dari sebelumnya. Kamu pun lebih siap dalam menerima orang baru, karena kamu tahu kalau tiap orang yang datang padamu belum tentu akan menyakitimu.

5. Sudah sepenuhnya ikhlas dan memaafkan

5 Hal yang Bikin Kamu Mantap Menjalin Hubungan Baru Usai Pernah Kecewaunsplash.com/Annika Palmari

Gak ada yang lebih baik dan bijak, selain berusaha memaafkan dan mengikhlaskan apa yang pernah menyakiti serta menimpamu. Walau memang awalnya terasa mustahil untuk memaafkan dia yang telah sangat mengecewakanmu.

Pada akhirnya waktu dan pengalaman yang mendewasakanmu, kamu gak lagi hidup dalam kebencian atau rasa tidak suka pada seseorang. Kamu berusaha untuk gak lagi hidup dalam masa lalu, namun berusaha untuk tetap melangkah dan bahkan berani bertemu dengan orang yang baru untuk melengkapi kisah cintamu.

Sekecewa apa pun kamu di masa lalu, jangan sampai menganggap semua orang datang mendekati sama saja akan berujung menyakiti. Dengan ikhlas melepas dan berdamai dengan diri sendiri, kamu secara otomatis akan siap menerima hubungan yang baru.

Baca Juga: 5 Tips Jaga Jarak dengan Teman Lawan Jenis saat Sudah Pacaran

Moon Girl Photo Verified Writer Moon Girl

Writing my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya