Comscore Tracker

Kalau Pasangan Mengeluhkan 5 Hal Ini, Artinya Kamu Harus Introspeksi!

Mungkin ada sikapmu yang keliru dan harus diperbaiki

Pasangan yang mengeluh bukan tandanya dia gak bersyukur, karena siapa tahu ada hal yang selama ini dia pendam sendiri. Selama keluhan yang dia sampaikan gak berlebihan dan bertujuan demi kebaikan hubungan dan tentu kamu. Maka wajib banget buat kamu mendengar dan menyimak baik-baik, apa yang jadi penyebab pasangan  sampai mengeluh. Entah karena jalannya hubungan kalian selama ini atau bahkan ada sikapmu yang dirasa kurang dia sukai.

Nah, kalau pasangan sampai mengeluhkan lima hal ini maka kamu harus lekas introspeksi diri. Sebelum hubunganmu yang nantinya jadi renggang atau bermasalah.

1. Kesibukanmu membuatnya merasa diabaikan

Kalau Pasangan Mengeluhkan 5 Hal Ini, Artinya Kamu Harus Introspeksi!unsplash.com/Chris Benson

Kesibukanmu sebenarnya gak bisa jadi pembenaran buat mengabaikan hubungan. Seharusnya dari awal kalau kamu merasa gak sanggup membagi waktu maka jangan dulu menjalin hubungan. Karena kalau kamu gak bijak dan dewasa membagi waktu untuk pasangan dan urusanmu yang lain, maka hubunganmu yang bermasalah nantinya.

Kalau pasangan mengeluhkan demikian, tandanya kamu harus introspeksi, apakah selama ini benar kamu sudah mengabaikan pasangan karena terlalu sibuk.

2. Tiap masalah datang kamu suka menghindar dan gak mau terlibat diskusi

Kalau Pasangan Mengeluhkan 5 Hal Ini, Artinya Kamu Harus Introspeksi!pexels.com/Jack Sparrow

Jika pasangan sampai mengeluh tentang usaha yang kamu berikan sewaktu kalian menghadapi masalah. Maka sebaiknya kamu cepat introspeksi diri, apalagi yang dikeluhkan pasangan ialah soal caramu menyelesaikan masalah yang ada. Daripada bertukar pendapat dan mencari solusi, kamu lebih memilih menghindar dan gak ingin berdiskusi dengan pasangan.

Baca Juga: 6 Cara untuk Kembali Percaya Usai Disakiti Teman atau Pasangan

3. Kamu membatasi kebebasannya sampai dia merasa tertekan dan jenuh

Kalau Pasangan Mengeluhkan 5 Hal Ini, Artinya Kamu Harus Introspeksi!pexels.con/Ketut Subiyanto

Kebebasan pasangan bukan ada pada kendali atau keinginanmu, selama dia gak melakukan hal yang buruk maka gak ada alasan buatmu membatasi ruang geraknya. Kepercayaan memang harus kamu dan pasangan pupuk dari awal hubungan, tanpa adanya itu maka jangan harap hubunganmu akan bertahan lama.

4. Bercandamu terlalu sensitif dan berlebihan

Kalau Pasangan Mengeluhkan 5 Hal Ini, Artinya Kamu Harus Introspeksi!pexels.com/Mental Health America (MHA)

Humor memang memberikan kesegaran tersendiri dalam hubungan, tetapi jangan sampai kebablasan. Bercanda yang sehat gak akan menyinggung hal sensitif dan sampai membuat perasaan orang lain tersinggung. Kalau pasangan sampai mengeluhkan hal tersebut tandanya bercandamu sudah melewati batas wajar.

5. Kamu gampang emosi dan suka menyalahkan pasangan

Kalau Pasangan Mengeluhkan 5 Hal Ini, Artinya Kamu Harus Introspeksi!pexels.com/Ketut Subiyanto

Pasangan mengeluh sebab selama ini kamu gampang emosi meskipun pada hal hal yang sepele, cobalah dari sekarang buat memperbaiki sikap tersebut. Apalagi kalau kamu suka menyalahkan pasangan, kamu merasa dia gak pernah melakukan hal yang benar.

Jika pasangan mengeluhkan hal itu artinya kamu harus lekas introspeksi diri dan menyadari apa kesalahanmu yang bikin pasangan sampai gak nyaman.

Well, kalau pasangan mengeluhkan hal yang sebenarnya demi kebaikan kalian. Maka gak ada salahnya buat introspeksi, supaya kamu gak terus menerus jadi orang yang menyebalkan dan membawa pengaruh buruk dalam hubungan.

Baca Juga: Gak Hanya Meringankan Beban, Ini 5 Manfaat Curhat kepada Pasangan

Moon Girl Photo Verified Writer Moon Girl

Writing my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya