Comscore Tracker

5 Cara Keliru Memperbaiki Hubungan dengan Sahabat yang Sempat Renggang

Jangan malah makin renggang, ya

Tak cuma soal pasangan atau pacar, masalah renggangnya hubungan juga bisa menimpa persahabatanmu. Sahabat yang awalnya sudah biasa hadir dan dekat dengan kehidupan sehari-hari kita, mendadak menjadi kurang kehangatannya karena suatu hal.

Kamu akhirnya berpikir dan berusaha bagaimana agar hubungan persahabatanmu bisa kembali dekat dan tak canggung.

Namun, ada hal yang harus kamu ketahui jika lima cara keliru berikut bukannya merekatkan hubungan yang sempat renggang malah justru bisa memperparahnya. Apa saja? Yuk, simak ulasan selengkapnya!

1. Menyalahkan sahabat atas renggangnya hubungan kalian

5 Cara Keliru Memperbaiki Hubungan dengan Sahabat yang Sempat RenggangPixabay/DtheDelinquent

Saat ingin memperbaiki hubungan dengan sahabat yang sempat renggang, alangkah baiknya untuk tidak mengungkit masalah yang membuat hubungan persahabatanmu jadi kurang baik sebelumnya.

Apalagi sampai menyalahkan sahabat atas yang terjadi di antara kalian. Karena hal tersebut membuat sahabat jadi keberatan dan bisa memancing emosi serta masalah baru.

2. Kurang tulus atau menyakinkan sahabat saat meminta maaf

5 Cara Keliru Memperbaiki Hubungan dengan Sahabat yang Sempat RenggangPexels/Min An

Permintaan maaf yang disampaikan dengan tulus ada baiknya diutarakan dengan segala kerendahan hati. Sampaikan dengan baik dan tulus jika kamu ingin meminta maaf dan memperbaiki hubungan persahabatan kalian. 

Meski memang kesalahan bukan ada padamu tetapi dengan belajar mengecilkan ego, maka hubungan persahabatanmu bisa perlahan kembali menghangat.

Baca Juga: 5 Tips Hindari Suasana Canggung dengan Sahabat Usai Alami Pertengkaran

3. Menyindir atau kodein sahabat lewat media sosial

5 Cara Keliru Memperbaiki Hubungan dengan Sahabat yang Sempat RenggangPixabay/Free-Photos

Menyindir atau sekadar ingin kodein sahabat lewat media sosial sepertinya jangan kamu lakukan dahulu. Terlebih hubunganmu bersama sahabat sedang kurang baik, meski niatmu ingin membuat sahabat sadar dan kembali menjalin persahabatan seperti biasa. Tetapi, sahabat bisa saja merasa risi dan tidak nyaman dengan tindakanmu.

4. Meremehkan perasaan yang diungkapkan sahabat

5 Cara Keliru Memperbaiki Hubungan dengan Sahabat yang Sempat RenggangUnsplash/Ben Turnbull

Jangan menampakkan sikap kurang menghargaimu pada sahabat, apalagi saat sahabat menyampaikan perasaan terdalamnya mengenai masalah yang sempat membuat persahabatan kalian renggang.

Jangan mengungkapkan respons yang membuat perasaan sahabat jadi tersinggung. Kamu cukup dengarkan sahabatmu dengan baik sehingga komunikasi yang ada bisa berjalan lagi dengan semestinya. Dan sahabat bisa terbuka hatinya untuk menjalin persahabatan seperti biasanya.

5. Memaksakan kehendak pada sababat

5 Cara Keliru Memperbaiki Hubungan dengan Sahabat yang Sempat RenggangPexels/Pressmaster

Jika sahabat masih belum bisa diajak berbaikan maka kamu tak perlu memaksanya. Katakan padanya kamu akan memberinya waktu dan ruang untuk sendirian dulu. Sebab, jika kamu memaksanya maka akan membuat sahabat makin merasa tak nyaman dan hubunganmu justru bisa makin renggang.

Nah, itulah tadi lima cara keliru memperbaiki hubungan dengan sahabat yang sempat renggang. Memang dibutuhkan kesabaran dan ego yang kecil agar sedikit demi sedikit hubungan persahabatan kalian kembali hangat seperti semula.

Baca Juga: 5 Ciri Menandakan Kamu Berada di Lingkungan Persahabatan yang Positif

Moon Girl Photo Verified Writer Moon Girl

Writing my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya