Hentikan 5 Kebiasaan Buruk Ini jika Tak Mau Hubungan jadi Bermasalah

Jangan buat pasangan jadi gak betah

Kebiasaan yang telanjur melekat dalam kehidupan sehari-hari memang akan sulit dilepaskan. Apalagi kita sudah nyaman dalam mempertahankan dan melakukan kebiasaan tersebut selama ini. Tak cuma kebiasaan baik, ada juga kebiasaan buruk yang bisa mengganggu orang lain.

Termasuk saat kamu tengah menjalin hubungan dengan seseorang. Karena lima kebiasaan buruk berikut bisa membuat hubungan kamu jadi bermasalah, jika tak segera dihentikan. Apa saja? Yuk, simak ulasan berikut ini!

1. Terlalu sibuk sampai lupa memberi waktu pada pasangan

Hentikan 5 Kebiasaan Buruk Ini jika Tak Mau Hubungan jadi BermasalahPexels/Burst

Menjadi sibuk dan produktif bukanlah suatu masalah jika kamu lakukan tiap hari. Namun, saat berada di dalam hubungan maka kamu harus bisa membagi waktu dengan baik. Sebab kamu sendiri yang memutuskan untuk menjalin komitmen dan berkompromi dengan pasangan.

Jangan sampai kesibukan yang kamu jalani membuat pasangan terabaikan dan merasa sendirian dalam hubungan. Kesibukan tidak harus membuatmu melupakan pasangan, meskipun sekadar mengabari lewat pesan singkat tetapi hal tersebut membuktikan kamu bersedia bertanggung jawab soal keharmonisan hubungan.

2. Kedekatan dengan lawan jenis yang berlebihan

Hentikan 5 Kebiasaan Buruk Ini jika Tak Mau Hubungan jadi BermasalahUnsplash/Brooke Cagle

Lingkungan di mana kamu berada memang mengharuskan dirimu berbaur atau berinteraksi dengan lawan jenis, dan sebenarnya hal itu tak masalah. Namun, jika kedekatanmu dengan lawan jenis sudah melewati batas maka sudah seharusnya kamu bijak dalam menyikapinya.

Jangan sampai kedekatan dengan lawan jenis yang kamu lakukan menimbulkan kecemburuan di hati pasangan atau bahkan muncul benih-benih perselingkuhan ke depannya.

Baca Juga: 5 Cara Bikin Pasangan Tetap Setia Denganmu di Setiap Kondisi Hubungan

dm-player

3. Terlalu cemburu atau posesif

Hentikan 5 Kebiasaan Buruk Ini jika Tak Mau Hubungan jadi BermasalahUnsplash/Wei-Cheng Wu

Takut kehilangan pasangan memang hal yang wajar dirasakan, tetapi akan menjadi tak wajar jika kecemburuan atau rasa posesif darimu terus menghantui pasangan. Jika demikian, bukan kenyamanan yang didapat pasangan melainkan ketakutan dan rasa ingin lepas dari hubungan.

4. Sulit mengakui kesalahan dan meminta maaf

Hentikan 5 Kebiasaan Buruk Ini jika Tak Mau Hubungan jadi BermasalahUnsplash/Marcus Wallis

Mengakui dan meminta maaf bukan pertanda kamu lemah dan takut dengan pasangan. Tetapi, bentuk introspeksi diri yang kamu rasa mengharuskanmu untuk lekas meminta maaf dan dengan rendah hati mengakui kesalahan.

Bertindak masa bodoh atau seolah merasa tak peduli bisa membuat hubungan yang ada bermasalah. Selain pasangan tak suka akan hal tersebut, kamu juga tak berkembang menjadi lebih baik di dalam hubungan. Karena tak mau belajar dari kesalahan-kesalahan yang ada.

5. Enggan menjadi pendengar yang baik

Hentikan 5 Kebiasaan Buruk Ini jika Tak Mau Hubungan jadi BermasalahPexels/Kelly Lacy

Pasangan yang sudah bersemangat dan bersedia bercerita apa pun harus kamu beri ruang dan waktu untuk menjelaskannya. Jadilah pendengar yang baik, jangan abaikan atau tak mempedulikan pasangan. Selain membuatnya bersedih, pasangan akan sulit terbuka lagi ke depannya.

Alangkah baiknya jika kebiasaan buruk yang mengganggu hubungan lekas disingkirkan. Karena akan ada banyak masalah yang timbul setelahnya.

Baca Juga: 5 Perjuangan Seseorang yang Telah Melepaskan Diri dari Hubungan Toksik

its gracie Photo Verified Writer its gracie

Writing my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya