Comscore Tracker

6 Kebiasaan Sehat Ini Optimalkan Kualitas Hubungan, Cocok Diterapkan! 

Jangan tunda dan lekas terapkan bersama pasangan, ya!

Di dalam hubungan yang langgeng dan juga positif, terdapat pasangan yang berkompromi pada keadaan serta selalu menguatkan komitmen bersama. Hubungan yang berjalan baik-baik saja tak terlepas dari kedua pihak yang mempunyai peran serta tanggung jawab dalam mempertahankan jalannya hubungan. Salah satunya dengan menerapkan hal dan kebiasaan yang sehat, alias jauh dari sesuatu yang toksik.

Nah, kamu bisa simak enam kebiasaan sehat berikut yang bikin hubunganmu makin berkualitas.

1. Terapkan komunikasi serta diskusi secara berkala dan berkelanjutan

6 Kebiasaan Sehat Ini Optimalkan Kualitas Hubungan, Cocok Diterapkan! Pexels/Paweł L.

Pentingnya sebuah komunikasi memang menjadi salah satu kebiasaan yang wajib diterapkan dalam hubungan agar terus berkembang. Komunikasi yang baik, dapat membangun kedekatan dari sebuah obrolan, perhatian ataupun diskusi mengenai hubungan.

Sempatkan waktu dan tempat untuk saling bertukar pikiran atau sekadar melakukan obrolan santai bersama pasangan. Kebiasaan demikian sangat dianjurkan untuk terus ditumbuhkan, mengingat dasar yang kuat dari hubungan yang langgeng dan berkualitas adalah komunikasi yang seimbang dan sehat.

2. Bersikap tegas bila salah satu pihak berbuat sesuatu yang dapat mengganggu keutuhan hubungan

6 Kebiasaan Sehat Ini Optimalkan Kualitas Hubungan, Cocok Diterapkan! Pexels/@thiszun (follow me on IG, FB)

Sesekali tidak masalah memberikan kelonggaran atau toleransi pada kesalahan atau sikap dari pasangan. Tetapi, jika sudah kelewatan dan mengancam kelancaran hubungan kalian maka beranikan diri untuk bersuara dan bertindak tegas pada pasangan.

Sampaikan keberatanmu atau poin penting yang dirasa tidak baik untuk jalannya hubunganmu. Jangan biarkan pasangan bertindak semakin jauh dan merugikan hubungan apalagi dirimu sendiri.

3. Sesekali sampaikan rasa terima kasih serta pujian bagi pasangan

6 Kebiasaan Sehat Ini Optimalkan Kualitas Hubungan, Cocok Diterapkan! Pexels/freestocks.org

Tak hanya sikap mengalah dan kata maaf yang mampu membuat hubungan dan juga pasangan merasa senang. Namun ungkapan terima kasih dan pujian atas apa yang dikerjakan atau diselesaikan pasangan juga menjadi salah satu kebiasaan yang menimbulkan perasaan dicintai.

Ungkapan tersebut seolah menandakan kamu bangga dan bahagia berada dalam hubunganmu saat ini, terutama dalam mencintai pasangan. Terbiasa menciptakan hubungan yang sehat dan positif memberikan dampak yang baik pula pada jalannya hubungan.

Baca Juga: 5 Tanda Sebenarnya Pasangan Gak Terlalu Mencintaimu

4. Pahami dan berkompromi dengan dunia masing-masing

6 Kebiasaan Sehat Ini Optimalkan Kualitas Hubungan, Cocok Diterapkan! Pexels/Gui Vergouwen

Kita harus memahami betul bahwasanya dunia pasangan tidak seratus persen tentang kita saja. Pasangan dan dirimu sendiri juga mempunyai kesibukan atau dunianya masing-masing yang biasa diisi melalui kegiatan. Mengerti dan berkompromi dengan dunia masing-masing dapat membuat hubungan jauh dari masalah, baik kesalahpahaman ataupun perselisihan.

Ketika keduanya mau belajar memahami hal tersebut maka tak ada yang perlu dicemaskan ketika masing-masing berkutat pada kegiatannya. Sebab, kamu dan pasangan sudah membiasakan untuk saling percaya dan mendukung satu sama lain.

5. Dapat diandalkan dengan menjadi pendengar yang baik

6 Kebiasaan Sehat Ini Optimalkan Kualitas Hubungan, Cocok Diterapkan! Pexels/Andrea Piacquadio

Tak hanya menyampaikan keluhan, cerita atau sekadar obrolan biasa. Menjadi pendengar yang baik memang sangat dianjurkan bagi seseorang ketika dalam hubungan. Ketika terbiasa saling mendengarkan maka keduanya telah belajar menghargai dan menghormati apa yang telah disampaikan oleh pasangan.

Menjadi pendengar yang baik juga menandakan diri sendiri bersedia untuk mengecilkan ego dan menahan diri dalam berucap atau bereaksi kepada pasangan secara berlebihan.

6. Kuatkan momen pertemuan dengan beberapa kesepakatan yang dibuat bersama

6 Kebiasaan Sehat Ini Optimalkan Kualitas Hubungan, Cocok Diterapkan! Pexels/Leah Kelley

Isilah momen pertemuanmu dengan pasangan menggunakan kegiatan atau hal yang positif. Ciptakan hal yang menyenangkan namun tetap berkualitas, dan jangan lupa sampaikan keinginan tersebut kepada pasangan agar keduanya saling menyetujui.

Ketika sebuah pertemuan terbiasa dipenuhi hal yang baik atau berkualitas, seperti melakukan hobi bersama, belajar atau mempraktikkan kegiatan yang produktif. Maka kebiasaan tersebut akan terbawa dengan sendirinya, tanpa diminta keduanya akan berinisiatif membuat atau mengajak pasangan dalam kegiatan yang baik dan positif.

Yuk, membiasakan hal sehat dalam hubungan. Semakin sering dan terbiasa maka, banyak hal positif yang bisa menular pada pasangan dan juga diri sendiri.

Baca Juga: 5 Faktor yang Menyebabkan Kandasnya Hubungan yang Sudah Terjalin Lama

Grace Kristinar Photo Verified Writer Grace Kristinar

Writing is my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya