Comscore Tracker

5 Kesalahan saat Hadapi Pertengkaran dalam Hubungan, Bisa Makin Pelik

Belajar saling mengalah itu penting di dalam hubungan lho

Pertengkaran dalam hubungan itu hal yang biasa, terkadang ada saja sesuatu yang bikin kamu dan pasangan ributkan dan bisa disebabkan karena mengalami masalah komunikasi yang akhirnya bisa menyebabkan kesalahpahaman.

Nah, biar pertengkaranmu gak makin pelik dan melebar coba deh simak beberapa kesalahan berikut yang baiknya gak kamu lakukan ketika sedang bertengkar. Simak terus, ya!

1. Menghindari masalah daripada mencoba membereskannya

5 Kesalahan saat Hadapi Pertengkaran dalam Hubungan, Bisa Makin Pelikpexels.com/cottonbro

Fatal banget kalau kamu sampai menghindari masalah ketika terjadi pertengkaran dalam hubungan. Gak berusaha mencari akar permasalahan yang bikin kamu dan pasangan jadi ribut gak baik lho terus dilakukan. Pertengkaran akan semakin membesar karena gak ada langkah atau solusi penyelesainnya. Jika dibiarkan maka hubunganmu nanti akan terancam pisah karena kurangnya komitmen untuk menyelesaikan apa yang jadi hambatan dalam hubungan.

2. Mengedepankan emosi dan merasa paling benar

5 Kesalahan saat Hadapi Pertengkaran dalam Hubungan, Bisa Makin Pelikpexels.com/cottonbro

Bertengkar itu wajar, memiliki argumen juga gak salah. Tapi jangan sampai ketika kamu sedang menghadapi pertengkaran dengan pasangan ada emosi yang ikut kamu bawa ke dalamnya. Ditambah lagi kalau kamu merasa dirimu paling benar, tanpa berusaha melihat sudut pandang lain. Pertengkaran bukan mencari siapa yang salah atau benar, tetapi lebih ke bagaimana kalian menyelesaikannya dengan cara tepat dan dewasa.

3. Sengaja mengucapkan kata kasar dan melukai fisik

5 Kesalahan saat Hadapi Pertengkaran dalam Hubungan, Bisa Makin Pelikpexels.com/Ketut Subiyanto

Pertengkaran yang terjadi memang bikin kamu dan pasangan bisa tersulut emosi, tapi sekesal-kesalnya kamu jangan sampai bertindak di luar batas. Jangan sampai ada kekerasan dalam hubunganmu, baik berupa kata kasar atau bahkan melukai fisik dengan cara apa pun. Karena hal tersebut bisa termasuk indikasi hubungan yang gak sehat alias toxic relationship.

Baca Juga: 5 Cara Hapus Emosi dan Kesal Pada Pasangan Setelah Hadapi Pertengkaran

4. Menyalahkan dan membandingkan pasangan

5 Kesalahan saat Hadapi Pertengkaran dalam Hubungan, Bisa Makin Pelikpexels.com/Ketut Subiyanto

Selain menghindari sikap merasa paling benar saat bertengkar, ada baiknya kamu juga gak menyalahkan pasangan ketika menghadapi pertengkaran. Jangan biarkan pertengkaran yang kalian alami jadi melebar dan sulit diredakan, apalagi kalau kamu sengaja membandingkan pasangan.

Membandingkan bagaimana sikapnya yang menurutmu gak lebih baik dari orang lain, gak bikin pertengkaran bisa usai justru hal itu makin memicu kemarahan pasangan yang makin bikin suasana gak terkendali.

5. Gak segera meminta maaf

5 Kesalahan saat Hadapi Pertengkaran dalam Hubungan, Bisa Makin Pelikpexels.com/Ketut Subiyanto

Pentingnya untuk belajar saling mengalah memang diperlukan dalam hubungan, karena saat menghadapi masalah atau pertengkaran. Maka pertengkaran itu gak akan semakin besar atau melebar, karena salah satu pihak bersedia menurunkan egonya dan mau mengalah. Jadi pertengkaran yang ada gak begitu pelik dan sulit diselesaikan. Karena ada salah satu pihak berusaha menenangkan dengan cara meminta maaf terlebih dahulu.

Itulah tadi lima kesalahan saat menghadapi pertengkaran dalam hubungan, selama kamu mengerti batasan dan gak sengaja mengabaikan masalah maka pertengkaran bisa cepat diselesaikan. Intinya satu sama lain belajar dewasa dalam menyikapi pertengkaran tanpa membuatnya makin parah dan membesar.

Baca Juga: 5 Pemicu Pertengkaran Sepele dalam Hubunganmu

Moon Girl Photo Verified Writer Moon Girl

Writing my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya