Comscore Tracker

Konsisten Menerapkan 5 Hal Ini, Bikin Hubunganmu Jauh dari Kata Toxic!

Kompak dan berkomitmen adalah kuncinya!

Hubungan yang beracun tentu gak akan membawa dampak baik apa pun, kecuali masalah dan kesedihan. Jadi, sebisa mungkin cobalah untuk mencegah hadirnya bibit-bibit toksik dalam hubunganmu bersama pasangan.

Terapkan banyak hal baik di dalamnya, agar hubunganmu tetap berjalan harmonis dan senantiasa memberi banyak energi yang positif.

Nah, berikut ini lima hal yang harus konsisten dilakukan agar gak ada toksik yang masuk dalam hubunganmu. Yuk, simak terus!

1. Menghindari pertengkaran yang gak sehat

Konsisten Menerapkan 5 Hal Ini, Bikin Hubunganmu Jauh dari Kata Toxic!unsplash.com/engin akyurt

Bertengkar ataupun beradu argumen dengan pasangan tentu hal yang normal terjadi dalam hubungan, gak ada yang salah dengan hal itu. Dengan catatan, kamu dan pasangan bisa bertengkar secara sehat.

Maksudnya, kamu dan pasangan tahu jika bertengkar gak melulu soal siapa yang salah atau benar. Pertengkaran yang sehat juga bisa dilihat dari sikapmu dan dia, apakah masing-masing mampu mengendalikan emosi atau justru semaunya sendiri.

Sebab, sering menghadapi pertengkaran yang gak sehat bisa memunculkan bibit-bibit toksik dalam hubungan.

2. Gak membiarkan masalah dalam hubungan tanpa menyelesaikannya

Konsisten Menerapkan 5 Hal Ini, Bikin Hubunganmu Jauh dari Kata Toxic!pexels.com/Caleb Oquendo

Masalah idealnya memang harus lekas diselesaikan, karena jika tidak bisa berpotensi menjadi runyam. Berkomitmen untuk saling menyelesaikan masalah yang menimpa hubungan adalah, bentuk tanggung jawab bersama untuk terus mempertahankan hubungan yang sehat. Kamu dan pasangan gak ingin membiarkan masalah berlarut-larut tanpa membicarakannya serta menyelesaikannya.

Baca Juga: 5 Situasi dalam Hubungan yang Mengharuskanmu untuk Segera Putus

3. Membagi waktu secara adil dan seimbang antara kesibukan serta hubungan

Konsisten Menerapkan 5 Hal Ini, Bikin Hubunganmu Jauh dari Kata Toxic!unsplash.com/Breana Panaguiton

Agar hubungan dan kegiatan lain berjalan baik dan lancar maka, kamu dan pasangan harus adil dan seimbang dalam membagi waktu. Jangan terkesan berat sebelah, misalnya saja terlalu sibuk dengan dunia sendiri sampai mengabaikan hubungan.

Pasangan akhirnya merasa sendiri dalam mempertahankan hubungan, sebab sikapmu dianggap gak peduli dan perhatian. Jika sudah demikian, akan banyak perdebatan yang gak perlu hanya karena kamu kesulitan meluangkan waktu untuk merawat hubunganmu. 

4. Jangan takut berkata tidak untuk hal yang membuatmu gak nyaman

Konsisten Menerapkan 5 Hal Ini, Bikin Hubunganmu Jauh dari Kata Toxic!unsplash.com/Annika Palmari

Entah dengan alasan takut atau gak ingin bikin pasangan kecewa, terkadang kamu memenuhi keinginannya namun dirimu sendiri merasa keberatan.

Berkata tidak bukan tandanya kamu gak ingin membuat dia bahagia, justru itu merupakan bentuk kesadaran jika kamu menginginkan batasan dalam hubungan. Kamu gak ingin terlalu memprioritaskan pasangan, karena kamu juga berhak memikirkan bagaimana kebahagiaan dirimu sendiri.

Hal itu bisa membuat hubunganmu terhindar toksik, sebab pasangan gak akan bersikap semena-mena denganmu karena kamu selama ini bertindak tegas.

5. Saling mengapresiasi satu sama lain

Konsisten Menerapkan 5 Hal Ini, Bikin Hubunganmu Jauh dari Kata Toxic!pexels.com/Elina Sazonova

Berinisiatif untuk memuji pasangan atau kerja kerasnya adalah hal yang sepele namun sangat berkesan baginya. Memang benar apresiasi atau ucapan rasa bangga serta sayang gak harus selalu memberinya sesuatu yang indah dan mahal, tetapi bisa disampaikan dengan cara berbicara dari hati ke hati.

Karena daripada hanya cuek dan bersikap masa bodoh, aktif dalam memberi ucapan terima kasih dan sebagainya akan membuat pasangan nyaman di dekatmu.

Karena mendapat penghargaan dari orang tersayang tentu akan memberi pasangan banyak energi positif yang juga bisa membuat hubungan terasa hangat dan harmonis.

Selama ada komitmen dan juga kompromi antara kamu dan pasangan, tentu saja gak sulit menjadikan hubunganmu jauh dari hal-hal toksik.

Baca Juga: 5 Kesalahan Umum yang Membuat Hubungan Asmara Jadi Hambar, Apa Saja?

Moon Girl Photo Verified Writer Moon Girl

Writing my healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya